Obat Tradisional Batuk Pilek Untuk Bayi 0-6 Bulan

oleh
Obat Tradisional Batuk Pilek Untuk Bayi 0-6 Bulan

Pada artikel ini, redaksi akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara menangani ketika sikecil sedang sakit batuk pilek dan juga obat tradisional batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan yang bisa dicoba.

Seperti kita tahu, ketika si kecil sakit sebagai orang tua tentu akan merasa khawatir sehingga akan berusaha untuk mencari cara agar si kecilĀ  bisa segera sembuh, termasuk ketika mengalami sakit batuk pilek yang dialami oleh bayi usia antara 0-6 bulan.

Mengingat usia bayi yang masih sangat kecil, maka dalam penanganan dan pemberian obat tentu haruslah sangat berhati-hati agar tidak menimbulkan efek samping yang akan semakin memperparah sakitnya.

Oleh karena itu, berikut sudah redaksi siapkan artikel bagaimana cara mengatasi sakit batuk pilek pada bayi usia 0-6 bulan guna meredakan sakit yang dideritanya.

Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi 0-6 Bulan

Sebelum memberikan obat baik tradisional ataupun kimia kepada si kecil yang sedang sakit batuk pilek, ada baiknya lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasi batuk pilek yang sedang dialami oleh bayi usia 0-6 bulan.

Seperti yang redaksi rangkum dari berbagai sumber terpercaya, berikut ini tips untuk mengatasi batuk pilek pada bayi usia 0-6 bulan yang bisa dilakukan.

Baca Juga :  Kenali Penyebab Kenapa Berat Badan Bayi Tidak Naik

1. Penuhi Kebutuhan ASI

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan si kecil akan ASI, agar jangan sampai mengalami dehidrasi.

Perlu diketahui, dalam air susu Ibu atau ASI terkandung banyak zat yang berguna sebagai salah satu sumber makanan bernutrisi tinggi untuk bayi dan juga obat alami untuk membantu bayi melawan berbagai penyakit.

Meski terkadang ketika sakit batuk pilek sikecil akan rewel dan susah untuk menyusu, sebaiknya tetap berikan ASI sesering mungkin walau hanya sedikit, tapi sering.

2. Jemur Bayi Pada Matahari Pagi

Berikutnya, tips yang redaksi kutip dari laman Hallosehat ketika sikecil sedang batuk pilek ada baiknya untuk menjemur si kecil pada matahari pagi untuk menghangatkan badannya.

Waktu terbaik untuk menjemur bayi adalah dari jam 7 hingga 9 pagi, dan pastikan si kecil terkena sinar matahari langsung.

3. Lakukan Penguapan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan bunda ketika si kecil sedang batuk pilek adalah dengan melakukna penguapan.

Dengan cara ini, sangat terbukti ampuh untuk melegakan hidung tersumbat dan mengeluarkan dahak dari tenggorokan yang dialami oleh si kecil.

Caranya, cukup dengan menyediakan air hangat yang diletakkan pada wadah, kemudian posisikan bayi telungkup dan hadapkan pada uap hangat agar uapnya bisa dihirup si kecil.

Baca Juga :  Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Usia 1 tahun

Tambahkan essential oil dari bahan alami atau bisa juga minyak telon sedikit ke air hangat tersebut agar lebih terasa efeknya.

4. Pastikan Kamar Si Kecil Nyaman

Untuk mempercepat proses penyembuhan si kecil yang sedang batuk pilek, pastikan untuk membuat membuat kamar si kecil terasa nyaman.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara yang keluar masuk. Selain itu, jika kamar menggunakan AC untuk sementara waktu bisa dimatikan dahulu sampai si kecil benar-benar sembuh.

5. Pastikan Si Kecil Istirahat yang Cukup

Tips berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan memastikan si kecil yang sedang batuk pilek tersebut untuk beristirahat yang cukup.

Berikan pakaian yang nyaman dan hangat dan pastikan tempat tidurnya juga nyaman agar sikecil bisa istirahat dengan baik guna memulihkan kesehatannya kembali dengan cepat.

Obat Tradisional Batuk Pilek Untuk Bayi 0-6 Bulan

Selain menerapkan beberapa tips diatas, bunda juga bisa mencoba memberikan obat tradisonal guna mempercepat penyembuhan sikecil ketika sakit batuk pilek.

Mengutip informasi yang dimuat dalam laman TheAsiaParent, bunda bisa menggunakan bawang putih sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk piliek pada bayi.

Baca Juga :  Pentingnya Suntikan Vitamin K Untuk Bayi yang Baru Lahir

Berikut cara membuatnya:

  • Sediakan bawang putih kupas dan minyak kelapa
  • Selanjutnya, bakar bawang putih diatas api perbuka hingga kehitaman
  • Kemudian haluskan dan campur dengan minyak kelapa
  • Selanjutnya oleskan sedikit pada dada sikecil ketika selesai mandi
  • Lakukan secara rutin, termasuk ketika sikecil batuk oleskan minyak pada leher, dada dan punggung

CATATAN:

  • Perlu diingat oleh Bunda, ketika memberikan minyak kelapa yang dicampur dengan bawang putih bakarĀ  ini lakukan dalam jumlah yang sedikit lebih dahulu.
  • Tunggu antara 30 sampai 60 menit dan lihat apakah ada efek samping, misalnya kulit sikecil jadi merah
  • Karena tidak semua bayi memiliki kulit yang sama, terkadang ada bayi yang memiliki kulit sensitif.
  • Apabila tidak ada reaksi atau efek samping bisa lanjut menggunakan campunran minyak kelapa dan bawang putih ini.

Demikian informasi dari redaksi mengenai bagaimana cara mengatasi ketika si kecil mengalami batuk pilek serta obat tradisional batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan yang bisa dicoba.

Kendati demikian, apabila sikecil mengalami batuk pilek dan disertai dengan demam, bayi rewel, sesak napas dan lain sebagainya segera kunjungi ke dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjt dan penanganan yang lebih tepat.