Kenali Penyebab Kenapa Berat Badan Bayi Tidak Naik

oleh
Kenali Penyebab Kenapa Berat Badan Bayi Tidak Kunjung Naik

Memiliki bayi yang sehat tentu impian semua orang tua. Salah satu tanda jika bayi dalam kondisi kesehatan yang baik adalah pertumbuhan berat badannya yang cenderung naik dan seimbang. Akan tetapi, bagaimana jika berat badan bayi tidak kunjung naik sesuai dengan usianya?

Sebagai orang tua, Anda harus paham dengan masalah yang satu ini. Karena indikasi adanya masalah kesehatan pada bayi umumnya di tunjukan dengan berat badan si kecil yang tidak naik sesuai dengan usia bayi.

Untuk mengetahui apa yang jadi penyebabnya, informasi yang redaksi aramedika kutip dari penjelasan alodokter ini mungkin bisa bisa memberikan Anda sebagai orang tua pencerahan mengapa si kecil berat badannya tak kunjung naik.

Penyebab Kenapa Berat Badan Bayi Tidak Kunjung Naik

Berikut ini adalah sejumlah hal, yang diketahui sebagai penyebab mengapa berat badan si kecil tidak kunjung naik seiring dengan pertambahan usianya:

  • Bayi Jarang atau Tidak Menyusu

Hal pertama yang diketahui sebagai salah satu penyebab kenapa berat badan si kecil tidak kunjung naik adalah karena si kecil jarang atau bahkan menyusu.

Baca Juga :  Anak Demam Muncul Bintik Merah, Apakah Berbahaya ?

Seperti diketahui, bayi yang baru lahir perlu menyusu setidaknya setiap 2–4 jam sepanjang hari selama 6–8 minggu pertama sejak kelahirannya.

Dengan frekuensi menyusu si kecil yang kurang dari seharusnya atau bahkan tidak menyusu dapat menyebabkan berat badan bayi tidak cepat naik.

  • Posisi Menyusu Si Kecil yang Tidak Nyaman

Meski terdengar sepele, namun dari sejumlah penelitian diketahui bahwa posisi si kecil ketika sedang menyusu ternyata berpengaruh pada pertambahan berat badan bayi.

Ini umumnya dialami oleh bayi pertama dalam keluarga, dikarenakan ketidak tahuan atau kurang informasi bagi ibu muda bagaimana cara menyusui yang benar.

  • Waktu Menyusui yang Singkat

Idealnya, seorang bayi akan menyusu kepada ibunya setidaknya selama kurang lebih 8–10 menit pada tiap sisi payudara.

Namun, ketika durasi atau waktu menyusu yang terlalu singkat dan kurang dari waktu tersebut bisa membuat berat badan bayi tidak naik.

Baca Juga :  12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula

Durasi waktu yang singkat ini bisa terjadi karena bayi merasa lelah dan tertidur sebelum mendapatkan ASI yang cukup, atau ibu yang tidak sabar selama menyusui si kecil.

  • Mengalami Ganguan Percernaan

Penyebab berikutnya adalah kemungkinan si kecil mengalami gangguan pencernaan, sehingga asupan gizi yang masuk ketubuhnya tidak maksimal.

Gangguan pencernaan seperti diare, asam lambung, atau intoleransi makanan yang dikonsumsi ibu sangat berpengaruh pada kenaikan berat badan bayi.

  • Susu Formula yang diberikan Tidak Sesuai

Jika bayi Anda tidak menyusu dan mendapat asupan gizi dari susu formula, maka bisa jadi pemberian jenis susu yang tidak tepat menjadi penyebabnya ketika berat badan si buah hati tidak kunjung naik.

Seperti diketahui, menurut penjelasan dokter spesialin anak bahwa pemilihan susu formula dan cara penyajian yang kurang tepat bisa  menyebabkan berat badan bayi tidak naik.

Baca Juga :  Bayi Muntah Kuning Kental : Penyebab & Cara Mengatasinya

Oleh karena itu, selalu konsultasikan kepada dokter anak untuk pemberian susu formula yang tepat dan tidak boleh dilakukan sembarangan.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh para orang tua jika mendapati si buah hati mereka memilki berat badan yang tidak kunjung naik tersebut?

Jangan panik, bunda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai apa yang jadi penyebabnya serta bagaimana solusi yang tepat.

Setiap bayi dilahirkan dengan karateristik yang unik dan berbeda dengan yang lainnya, termasuk proses tumbuh kembang yang berbeda-beda.

Ada ank bayi yang mengalami berat badan naik dengan cukup cepat, tetapi ada pula yang pertambahan berat badannya lambat.

Kendati demikain hal tersebut, tidak usah terlalau dirisaukan, meski berat berat badan si kecil tidak kunjung naik namun ia tetap sehat dan aktif ini bukanlah perkara yang harus di khawatirkan secara berlebihan.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *