Beberapa Jenis Bahan Herbal Untuk Obat Sakit Vertigo

oleh
Beberapa Jenis Bahan Herbal Untuk Obat Sakit Vertigo

Penderita penyakit vertigo, selain melakukan pengobatan secara medis bisa juga menggunakan metode pengobatan menggunakan bahan-bahan alami herbal. Tak banyak yang tahu, ternyata di sekitar kita banyak tersedia bahan herbal untuk obat sakit vertigo yang mudah didapat.

Seperti kita ketahui, sakit vertigo merupakan salah satu jenis sakit kepala yang cukup menyiksa apabila sedang kambuh.

Gejala penyakit vertigo yang paling umum adalah rasa pusing yang teramat sangat disertai sensasi seperti dunia sekelingnya menjadi berputar, yang kadang membuat keseimbangan menjadi terganggu bahkan bisa membuat penderitanya terjatuh.

Dari analisa medis, diketahui ada beberapa hal yang jadi penyebab vertigo ini bisa dialami oleh seseorang. Misalnya akibat dari gangguan kecemasan ataupun efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit meniere, infeksi telingan bagian dalam, dan migrain.

Baca Juga :  Bahan Alami Untuk Mengatasi Penyakit Impetigo Pada Anak

Bahan Herbal Untuk Obat Sakit Vertigo

Untuk mengatasi sakit vertigo menggunakan bahan herbal alami, mengutip dari laman website alodokter, ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat sakit vertigo.

Berikut adalah, beberapa jenis bahan herbal yang dimaksud:

1. Ginkgo Biloba/Daun Ginkgo

Bahan herbal pertama yang diketahui bisa mengobati sakit vertigo adalah Ginkgo biloba atau daun Ginkgo. Bahan yang satu ini memang dikenal sejak dulu sebagai salah obat herbal yang bisa membantu mengatasi gejala pusing dan mual yang dialami oleh penderita vertigo.

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada bahan herbal ini, dapat melancarkan peredaran darah pada bagian organ vestibular sebagai pengatur keseimbangan tubuh, yaitu otak kecil dan telinga dalam.

Selain dipercaya mampu mengatasi sakit vertigo, bahan herbal yang satu ini di ketahui memiliki khasiat yang bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi seseorang.

Baca Juga :  Tanaman Herbal Ini Memiliki Khasiat Yang Luar Biasa

2. Jahe

Siapa yang tak kenal dengan bahan herbal yang satu ini, Jahe. Dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya yang diyakini adalah mampu mengobati sakit vertigo.

Bukan hanya sakit kepala vertigo saja, jahe juga dipercaya memiliki khasiat untuk meredakan gejala pusing, mual, dan muntah.

3. Teh Chamomile

Jenis tanaman teh yang satu ini, merupakan bahan alami yang sudah digunakan secara tradisional secara turun temurun guna mengatasi pusing, mual, dan juga sakit kepala vertigo.

Selain itu, dengan rutin minum jenis teh yang satu ini, maka akan membuat mereka akan merasa lebih tenang dan tidur lebih pulas dan nyenyak.

4. Minyak Esensial

Minyak esensial adalah minyak yang terbuat dari beberapa campuran bahan alami seperti jahe, peppermint, lemon balm, atau lavender.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Dengan menggunakan minyak ini untuk dioleskan di dahi atau belakang leher sembari diurut dapat membantu meredakan gejala pusing, mual, sakit kepala pada penderita vertigo.

Bisa juga menggunakan cara lain dengan cara menjadikannya sebagai minyak aroma terapi dengan menghirup minyak esensial  ini yang sudah diteteskan ke dalam wadah berisi air panas atau yang dikenal dengan sebutan diffuser.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis bahan herbal untuk obat sakit vertigo yang bisa dicoba salah satunya.

Namun demikian, perlu diingat untuk mengobati sakit vertigo tidak hanya mengandalkan obat-batan semata. Penderita disarankan untuk memperbanyak asupan vitamin D dan kalsium yang cukup.

Penderita juga disarankan untuk secara rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut, seperti ikan, seafood, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe, susu, keju, dan yoghurt.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *