Bisul di Ketiak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

oleh
Bisul di Ketiak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit bisul merupakan salah satu jenis penyakit yang muncul dipermukaan kulit dan terasa sangat sakit dan cukup menyiksa. Area yang paling sering terkena penyakit bisul adalah bokong, kepala dan terkadang juga muncul bisul di ketiak.

Karena pada dasarnya, penyakit bisul akan muncul pada bagian kulit yang berambut. Salah satu yang cukup sering dikeluhkan adalah munculnya bisul di ketiak.

Penyakit bisul sendiri adalah merupakan munculnya benjolan merah pada permukaan kulit yang berisi nanah dan terasa sakit apabila disentuh.

Pada umumnya kondisi tidaklah berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau minggu. Walau demikian, tetap saja bisul ini bisa mengganggu kenyamanan saat beraktivitas apabila tidak segera diatas.

Khusus untuk bisul yang muncul di bawah ketiak ini, umumnya terjadi karena penderita tidak menjaga kebersihan area tersebut, atau seringkali muncul setelah mencukur bulu-bulu yang ada di ketiak.

Meski penyakit bisul ini merupakan penyakit yang umum dan sering dialami oleh siapapun, munculnya bisul yang terjadi di permukaan ketiak terkadang juga bisa menandakan bahwa penderita mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius.

Baca Juga :  Mata Bintitan, Begini Cara Mengobatinya Dengan Benar

Penyebab Bisul di Ketiak

Secara umum, munculnya bisul pada permukaan kulit ketiak ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang akan memicu terjadinya peradangan pada akar bulu (folikel) di permukaan kulit ketiak.

Terjadinya peradangan atau infeksi karena beberapa hal, antara lain:

  • Keringat yang Berlebih

Infeksi atau peradangan pada kulit yang memicuĀ bisul yang muncul di bawah ketiak ini bisa disebabkan oleh adanya keringat berlebih akibat cuaca panas atau aktivitas fisik, seperti berolahraga yang dilakukan penderita.

Ditambah lagi, jika penderita tidak rajin membersihkan diri sehabis beraktifitas yang mengeluarkan keringat, maka penderita akan lebih rentan terkena penyakit bisul.

  • Mencukur Bulu

Mencukur bulu yag ada diketiak juga bisa menyebabkan munculnya bisul ini. Meski bertujuan agar permukaan ketiak terlihat bersih, namun jika mencukur bulu ketiak menggunakan pisau cukup yang kotor justru akan memicu timbulnya bisul, karena akan menyebabkan iritasi pada kulit ketiak.

  • Jarang dibersihkan

Permukaan ketiak yang kotor dan jarang dibersihkan juga memicu timbulnya bisul di ketiak. Sama halnya dengan perawatan pada wajah, jika tidak sering dibersihkan maka dapat menyebabkan sel kulit mati menumpuk dipermuakaan kulit.

Baca Juga :  Penyebab Utama Kematian Balita di Indonesia Adalah Penyakit Pneumonia

Hal tersebut yang dapat memicu terbentuknya jerawat atau bisul di permukaan ketiak.

  • Kondisi medis tertentu

Selain beberapa penyebab diatas, munculnya bisul diketiak juga disebabkan oleh adanya kemungkinan kondisi medis tertentu dari penderita.

Pasalnya, apabila seseorang sering mengalami bisul di permukaan ketiaknya hal itu menandakan jika sistem imun atau daya tahan tubuhnya yang lemah, sehingga tubuh sulit melawan infeksi yang muncul di kulit ketiak.

Kemunculan bisul yang terjadi pada ketiak juga lebih rentan terjadi pada orang-orang yang memiliki penyakit tertentu, misalnya diabetes, gagal ginjal, bahkan hingga penyakit kanker.

Meski demikian, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter guna memastikan apakah munculnya bisul di permukaan ketiak tersebut hanyalah bisul biasa atau karena kondisi medis tertentu yang lebih berbahaya.

Cara Mengatasi

Sebenarnya apabila muculnya penyakit bisul di permukaan kulit ketiak ini hanyalah akibat kurangnya kita dalam menjaga kebersihan area tersebut, tidak harus mendapat penanganan yang serius atau harus ke dokter.

Kita bisa melakukan perawatan ini sendiri dirumah dengan cara:

  • Jangan sesekali memecahkan bisul. Karena hal tersebut justru dapat membuat bakteri masuk ke dalam kulit bertambah banyak.
  • Selalu bersihkan area yang muncul bisul, dan lakukan kompres area bisulĀ  tersebut dengan air hangat selama 20 menit. lakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari, hal ini berguna untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan.
  • Apabila sudah waktunya bisul pecah, segera bersihkan nanah yang keluar dengan menggunakan kapas atau kain kasa steril dan air hangat. Pastikan semua nanah yang ada keluar hingga bersih dengan memencetnya.
  • Setelah nanah bersih, kemudian oleskan salep antibiotik pada area bisul sebanyak 2 kali sehari hingga bekas luka bisul tersebut benar-benar kering dan sembuh total.
Baca Juga :  Waspada, Mata Berkunang-Kunang Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Ini

Namun jika bisul yang muncul cukup parah, serta di barengi dengan pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, atau muncul benjolan di ketiak maka sebaiknya segera ke dokter guna pemeriksaan lebih lengkap.

Selain itu, apabila bisul yang muncul di ketiak tersebut semakin besar atau justru bertambah banyak, disertai kemuculan demam, tidak kunjung sembuh setelah berhari-hari, atau sembuh lalau muncul kembali, maka langkah yang tepat adalah dengan segera berkonsultasi ke dokter guna penanganan yang lebih tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *