Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat Diabetes

oleh
Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat Penyakit Diabetes

Meski memiliki banyak khasiat bagi kesehetan terutama untuk penyakit diabetes melitus, namun masih banyak dari masyarakat yang belum paham bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk obat diabetes secara benar.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika daun sirsak memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, dalam sebuah penelitan kesehatan disebutkan, daun sirsak bisa digunakan sebagai obat diabetes alami yang cukup manjur.

Didalam daun sirsak banyak terkandung gizi, vitamin dan sumber mineral yang baik untuk kesehatan tubuh yang mengonsumsinya.

Selain itu, daun sirsak juga banyak mengandun zat seperti karbohidrat, fruktosa, Vitamin B1, Vitamin C dan Vitamin B2. Acetogenins, annonacin, Annocatacin, muricapentocin, annomuricin, anomurine, annomuricin, anonol, linoleic acid, gigantetronin, caclourine, gentisic acid, dan annohexocin yang kesemuanya merupakan zat untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas begaimana cara mengolah daun sirsak, mulai dari jumlah takaran air, berapa lembar daun sirsak yang butuhkan, hingga kapan waktu minum air rebusan daun sirsak ini agar hasilnya bisa maksimal.

Baca Juga :  5 Tanaman Herbal Yang Ampuh Untuk Mengatasi Keputihan

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat Diabetes

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengolah daun sirsak ini menjadi obat herbal alami penyakit diabetes. Namun di artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengolah daun sirsak dengan cara di rebus.

Namun, hal utama yang harus anda ketahui adalah mengenai jenis daun sirsak yang bagus untuk di gunakan dalam metode pengobatan ini.

Tak semua daun sirsak bisa anda gunakan, anda harus memilih daun sirsak yang tidak terlalu muda dan juga belum terlalu tua agar manfaat yang didapat saat mengolah daun ini bisa lebih optimal.

Mengapa? karena untuk daun yang masih telalu muda, kandungan senyawa acetogenin dalam daun sirsak masih belum terbentuk.

Sementara jika anda menggunakan daun sirsak yang sudah tua, kandungan acetogenin sudah rusak sehingga hasilnya kurang optimal.

Baca Juga :  Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Air Tebu Untuk Kesehatan

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan gambar berikut:

Pada gambar yang kami lampirkan diatas, daun nomor 2 – 4 adalah daun yang paling baik untuk diolah menjadi obat herbal, karena belum terlalu tua dan juga tidak terlalu muda.

Setelah anda memahami, jenis daun mana yang terbaik maka selajutnya adalah pada tahap cara mebolah daun sirsak untuk pengobatan penyakit diabetes.

Berikut caranya:

  1. Ambil sekitar 10-15 lembar daun sirsak yang bagus sesuai dengan anjuran pada gambar diatas
  2. Cuci bersih, usahakan pada air yang mengalir sehingga kotoran yang menempel bisa terbuang dengan sempurna
  3. Selanjutnya, siapkan air sebanyak 600cc atau kurang lebih 3 gelas lalu panaskan diatas kompor dengan nyala api yang kecil.
  4. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat saat merebusnya agar kemurnian zat yang ada pada daun sirsak tetap terjaga.
  5. Selanjutnya masukan daun sirsak yang sudah dicuci bersih tersebut, lalu rebus dan tunggu hingga air rebusan sisa satu gelas.
  6. Saring air rebusan daun sirsak tersebut. dan tunggu hingga air rebusan menjadi hangat sebelum diminum oleh penderita diabetes.
Baca Juga :  Si Kecil Sedang Batuk, Coba Redakan Dengan Bahan Herbal Ini

Penderita disarankan untuk mengomsumsi air rebudan daun sirsak ini secara rutin 3-4 kali sehari, saat pagi, siang, sore dan malam.

Demikian informasi cara mengolah daun sirsak untuk pengobatan penyakit diabetes secara alami yang bisa anda coba untuk praktekan.

Namun, sebelum melakukan metode pengobatan secara tradisional ini sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter yang menangani guna menghindari kemungkinan efek samping yang bisa timbul dari minum air rebusan daun sirsak ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *