5 Jenis Makanan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

oleh
5 Jenis Makanan Ternyata Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Sakit kepala biasa identik dengan penyakit tertentu yang diderita. Namun ternyata, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh hal lain, misalnya stres karena beban fikiran dan juga karena mengkonsumsi jenis makanan tertentu.

Berikut ini akan redaksi bahas mengenai beberapa jenis makanan yang diketahui bisa memicu munculnya rasa sakit kepala jika dikonsumsi.

Oleh karena itu, jika Anda adalah tipe orang yang sangat mudah mengalami sakit kepala ada baiknya untuk menghindari jenis makanan-makanan berikut ini.

Lalu, apa saja jenis makanan yang dimaksud? berikut ini ulasan detailnya lewat artikel yang sudah redaksi siapkan untuk Anda dibawah ini.

5 Jenis Makanan Pemicu Sakit Kepala

Seperti yang redaksi kutip dari laman alodokter, ada lima jenis makanan yang apabila di konsumsi ternyata dapat memicu munculnya rasa sakit kepala.

Baca Juga :  Pantangan Penderita Hepatitis B yang Sebaiknya diketahui

Berikut ini jenis makanan yang redaksi maksud.

  • Keju

Banyak orang yang menyukai jenis makanan ini. Dibalik rasanya yang cukup enak, ternyata keju akan memicu munculnya sakit kepala jika dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan, keju memilki kandungan zat yang bernama tiramin, dimana ini merupakan salah satu zat alami dalam makanan yang diketahui dapat memicu sakit kepala.

Jenis keju yang memiliki kandungan tiramin yang cukup banyak adalah jenis keju diawetkan dalam waktu yang cukup lama, seperti keju feta, keju biru, dan keju parmesan.

  • Makanan Bersuhu Dingin

Makanan dingin memang cukup nikmat disantap, terutama pada siang hari pada saat cuaca panas. Tapi, tahukah Anda jika makanan bersuhu dingin seperti kimchi, es krim, atau frozen yoghurt dapat memicu sakit kepala.

Terlebih lagi jika makanan dingin ini dikonsumsi ketika beraktivitas berat, misalnya habis olah raga atau kerja berat maka akan lebih beresiko mengalami sakit kepala.

  • Coklat

Siapa yang tidak suka dengan coklat. Rasanya yang enak membuat jenis makanan ini banyak digemari oleh semua kalangan usia.

Baca Juga :  Waspadai Gejala Awal Penyakit Autoimun, Sering Nyeri Pinggang

Namun demikian, ternyata makan coklat bisa menimbulkan efek samping yang cukup menggangu yakni dapat memicu munculnya sakit kepala.

Dalam makanan coklat terkandung kafein dan beta-phenylethylamine yang diketahui dapat membuat mereka yang mengkonsumsinya mengalami sakit kepala.

  • Makanan Asin

Selanjutnya, jenis makanan yang menyebabkan sakit kepala adalah jenis makanan dengan cita rasa yang asin. Bukan hanya dapat memicu sakit kepala, makanan asin juga dapat dapat meningkatkan tekanan darah.

Semua jenis makanan yang banyak mengandung garam dan MSG ada baiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar guna menghindari efek sakit kepala setelah mengkonsumsinya.

  • Daging Olahan

Terkahir jenis makanan yang diketahui dapat memicu munculnya sakit kepala adalah makanan yang terbuat dari daging olahan, contohnya adalah sosis.

Perlu Anda ketahui bahwa daging olahan menggunakan bahan pengawet berupa senyawa nitrat yang memiliki efek melebarkan saluran pembuluh darah. Efek ini diketahui dapat memicu timbulnya sakit kepala.

Baca Juga :  Gusi Bengkak Minum Obat Apa, Ini Saran Dokter

Selain beberapa jenis makanan yang sudah redakse jelaskan diatas, ada juga jenis minuman yang apabila dikonsumsi akan berefek atau memicu sakit kepala.

Beberapa jenis minuman yang dapat memicu timbulnya sakit kepala, di antaranya minuman yang mengandung kafein, minuman beralkohol, atau minuman yang dibuat dengan kandungan gula yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, apabila Anda memiliki riwayat sakit kepala ada baiknya untuk menghindari jenis makanan dan minuman yang sudah redaksi jelaskan diatas.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkann munculnya rasa sakit kepala.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda semua dan dapat menambah wawasan Anda seputar dunia kesehatan.