Jenis Buah yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

oleh
Jenis Buah yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Untuk penderita tekanan darah tinggi, biasanya tidak bisa sembarang dalam mengkonsumsi jenis makanan agar tidak memicu tekanah darah tingginya jadi makin naik. Namun demikian, ternyata ada beberapa jenis buah yang bisa menurunkan darah tinggi yang ternyata dianjurkan oleh dokter untuk di konsumsi.

Seperti kita tahu, seseorang di katakan memiliki tekanan darah tinggi atau dalam bahasa medis sebut dengan hipertensi jika tekanan darahnya di atas 140/90, dan dianggap parah apabila sudah berada di atas 180/120.

Penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan, terutama untuk tidak mengkonsumsi makanan asin atau kadar garam yang tinggi agar tidak memicu munculnya penyakit yang lebih berbahaya seperti seperti penyakit jantung dan stroke.

Buah yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Meski dibatasi dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanaan, namun penderita hipertensi justru sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium, kalsium, dan magnesium yang terdapat dalam beberapa buah-buahan tertentu.

Baca Juga :  Jenis Makanan Berikut Ini Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

Oleh karena itu, pada artikel kali ini redaksi akan membagikan informasi kepada Anda mengenai beberapa jenis buah yang bisa menurunkan darah tinggi yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

1. Buah Semangka

Jenis buah pertama yang diketahui bisa menurunkan darah tinggi adalah buah semangka. Bukan hanya rasanya yang manis dan segar, namun buah ini juga kaya akan manfaat bagi kesehatan untuk yang mengkonsumsinya.

Pasalnya, dalam buah semangka banyak terkandung vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium serta mengandung L-citrulline, yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah karena L-citrulline berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

2. Buah Pisang

Siapa yang tak kenal dengan jenis buah yang satu ini. Harganya yang murah, mudah didapat serta rasanya yang enak menjadikan buah pisang ini favorit banyak orang.

Namun siapa sangka, dibalik harganya yang murah buah ini ternyata sangat dianjurkan oleh dokter untuk dikonsumsi penderita hipertensi karena memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga :  Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dimasak

Berkat kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang, ini akan membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah penderita hipertensi.

3. Buah Anggur

Buah yang bisa menurunkan darah tinggi berikutnya yang disarankan oleh dokter untuk dikonsumsi adalah buah anggur.

Buah ini disejumlah daerah, memang memiliki harga yang lumayan mahal dibanding dengan buah lainnya. Namun demikian, adanya kandungan polifenol didalam buah anggur ternyata sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah.

Sehingga, meski harus merogoh kocek lebih mahal untuk membeli buah anggur, itu sebanding dengan khasiatnya yang cukup baik untuk kesehatan, terutama pada penderita hipertensi.

4. Buah Kiwi

Perlu Anda ketahui, dalam sebuah penelitian kesehatan dijelaskan bahwa dengan secara rutin mengonsumsi tiga buah kiwi sehari diketahui dapat menurunkan tekanan darah yang lebih cepat.

Baca Juga :  Jus Buah Belimbing Wuluh Untuk Obat Penyakit Diabetes

Karena dalam buah kiwi banyak terkandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

5. Buah Delima

Terakhir, buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah buah delima.

Adanya kandungan zat kalium dan polifenol yang ada dalam buah delima yang menjadikan buah ini memiliki khasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Dengan secara rutin mengonsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (batas atas) dan diastolik (batas bawah).

Demikian informasi mengenai beberapa jenis buah yang bisa menurunkan darah tinggi yang disarankan untuk dikonsumsi para penderita hipertensi.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia kesehatan.