Kenapa Tangan Sering Berkeringat, Ini Penyebabnya

Kenapa Tangan Sering Berkeringat, Ini Penyebabnya
Kenapa Tangan Sering Berkeringat, Ini Penyebabnya

Mengalami masalah tangan yang selalu basah karena berkeringat memang cukup mengganggu. Meski demikian, banyak dari mereka yang mengalami kondisi seperti ini tidak mengetahui apa yang jadi penyebabnya. Karena itu, pada artikel kali ini akan redaksi ulas mengenai apa yang jadi penyebab kenapa tangan sering berkeringat.

Ketika seseorang mengalami masalah seperti ini, terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri. Karena ketika akan berjabat tangan dengan orang lain pasti akan merasa risih.

Bacaan Lainnya

Selain itu, tangan yang basah karena keringat ini juga terkadang membuat genggaman menjadi kurang kuat sehingga apa yang dipegang terkadang akan mudah terlepas.

Untuk mengetahui apa yang jadi penyebabnya, silahkan simak ulasan lengkapnya pada lanjutan artikel dibawah ini.

Baca Juga :  Waspadai Mata Kuning, Ada Masalah Serius Pada Kesehatan

Penyebab Kenapa Tangan Sering Berkeringat

Seperti yang sudah redaksi kutip dari berbagai sumber, ketika mengalami masalah tangan yang selalu berkeringat ini bisa jadi pertanda jika ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatannya.

Dalam dunia medis, tangan yang sering berkeringat ini dikenal dengan sebutan primary focal hyperhidrosis, yaitu kondisi di mana tubuh seseorang mengeluarkan keringat yang cukup banyak namuna hanya di lokasi tertentus saja, misalnya ketiak, telapak kaki, atau telapak tangan.

Secara umum, kondisi keringat yang berlebih (primary focal hyperhidrosis) yang dialami oleh seseorang ini dibagi dalam tiga jenis, yaitu Hiperhidrosis idiopatik primer dan Hiperhidrosis sekunder.

Sehingga untuk penyebabnya sendiri akan didasarkan kepada jenis Hiperhidrosis yang dialaminya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa tangan sering berkeringat.

  • Hiperhidrosis idiopatik primer
Baca Juga :  Penyebab Muncul Rasa Sakit Tulang Belakang Tengah

Pada kondisi keringat berlebih jenis yang satu ini, penyebab utamanya dikarenakan adanya faktor genetika dimana, ketika mengalami kondisi ini bisa dipastikan mereka yang mengalaminya memiliki orang tua atau saudara kandung yang memiliki kondisi serupa.

Selain telapak tangan, kondisi ini sering terjadi juga pada telapak kaki.

  • Hiperhidrosis sekunder

Untuk jenis yang kedua, ketika mengalami kondisi tengan sering berkeringat itu juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan seseorang yang sedang tidak baik-baik saja.

Merekan yang diketahui memiliki riwayat penyakit seperti asam urat, diabetes melitus, obesitas, menopause, hipertiroid, dan tumor, akan muncul keringat berlebih pada penderitanya.

Kendati demikian diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter guna memastikan apakah tangan yang berkeringat tersebut dikarenakan oleh penyakit yang dialaminya.

  • Penyebab Emosional

Terakhir, penyebab kenapa tangan sering berkeringat ini berkaitan dengan situasi dan kondisi emosional seseorang yang mengalami kondisi tersebut.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri Sebelum ke Dokter

Ketika seseorang terlalu bersemangat, gugup, dan takut atau cemas, biasanya akan mengalami kondisi seperti ini, dimana keringat akan lebih banyak keluar pada telapak tangan dan kaki.

Sementara itu, terkait kondisi telapak tangan yang berkeringat dikaitkan dengan penyakit jantung (gangguan/lemah jantung) tetapi dugaan ini tidaklah benar dan tidak terbuksi secara medis.

Karena, untuk kondisi keringat yang berlebih yang dialami oleh seseorang  pada telapak tangan adalah hal yang wajar dan umumnya disebabkan oleh hiperhidrosis sesuai dengan penjelasan yang sudah redaksi berikan diatas.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab kenapa tangan sering berkeringat. Semoga informasi yang redaksi berikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuany.

Pos terkait