Pantangan Makanan Penderita Asam Urat dan Kolesterol

oleh
Pantangan Makanan Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Bagi penderita asam urat dan kolesterol sudah seharusnya memperhatikan menu makanan sehari-hari. Apabila hanya makan sembarangan, maka hal itu bisa memperburuk kesehatan tubuh. Penting dipahami bahwasannya beberapa jenis makanan tertentu mampu meningkatkan secara drastis dan tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Lantas, apa saja pantangan makanan asam urat dan kolesterol? Simak pada artikel dibawah.

Asam urat adalah penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi, khususnya di jempol kaki.

Penyakit ini muncul ketika terjadi pembentukan kristal di tubuh, akibat terlalu banyak asam urat yang diproduksi oleh tubuh. Secara umum, ia berhubungan erat dengan kolesterol.

Lantas, apa saja pantangan makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol? informasi selengkapnya bisa Anda simak pada penjelasan dibawah ini.

Daftar Pantangan Makanan Asam Urat dan Kolesterol

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolesterol. Karena, jika nekat mengkonsumsinya ini akan memicu dan membuat sakit yang dialami kian bertambah parah.

Baca Juga :  Mengalami Muntah Kuning, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikut daftar makanan yang sebaiknya di hindari oleh penderita kolesterol dan asam urat:

  1. Daging Merah

Daging merah adalah makanan pertama yang sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari oleh penderita kolesterol dan asam urat. Sebab, di dalam daging merah terkandung kolesterol dan purin yang relatif tinggi.

Apabila Anda ingin tetap mengkonsumsinya, maka perlu membuang lemak yang menempel di daging. Sedangkan pilihan lebih aman adalah memilih makan daging putih. Seperti daging kalkun dan daging ayam.

Tetap saja Anda disarankan supaya membuang kulitnya dan tidak menggoreng. Terdengar agak ribet karena memang demi menjaga kondisi Anda supaya tetap stabil.

  1. Jeroan 

Jeroan diketahui mengandung purin yang sangat tinggi sehingga perlu dihindari oleh penderita asam urat dan kolesterol. Beberapa makanan yang termasuk jenis jeroan antara lain kikil, babat, ampela, hati, usus, ginjal, dan otak.

Purin adalah sebuah senyawa kimia yang terkandung di dalam beberapa jenis makanan tertentu. Ketika nanti purin dipecah oleh tubuh, maka ia akan berubah menjadi asam urat.

Baca Juga :  Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan Ginjal Anda

Meskipun hati diperkaya oleh kandungan zat besi, namun ini tetap menjadi pantangan bagi mereka yang menderita asam urat dan kolesteril. Karena disisi lainnya, hati bisa menyebabkan kenaikan kolesterol pada darah.

  1. Seafood

Kabar kurang menyenangkan untuk Anda yang menyukai seafood, namun menderita asam urat dan kolesterol. Demi mengontrol kondisi tubuh agar tetap stabil, sebaiknya tahan dahulu keinginan untuk makan seafood.

Makanan laut seperti kerang, tuna, tongkol, sarden dan ikan teri diketahui mengandung purin dalam jumlah besar. Begitu pula untuk lobster, kandungan kolesterolnya tinggi sehingga harus dihindari oleh penderita kolesterol dan asam urat.

Setiap 85 gram lobster mengandung 125 mg kolesterol. Apabila Anda menggoreng lobster tersebut, maka kandungan kolesterolnya semakin besar.

  1. Karbohidrat Olahan

Pantangan makanan asam urat dan kolesterol berikutnya adalah karbohidrat olahan. Yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain kue, roti putih, kukis dan sebagainya.

Baca Juga :  Waspada, Mata Berkunang-Kunang Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Ini

Roti tersebut mengandung ragi dan hanya memiliki nutrisi rendah, sehingga mampu meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Pilihan yang lebih sehatnya adalah roti gandum. Roti gandum diketahui baik untuk pencernaan dan nutrisi didalamnya lebih besar.

  1. Ragi

Setiap makanan yang mengandung ragi, baik itu sebagai tambahan atau dalam bentuk suplemen sekalipun harus dihindari penderita asam urat.

Sebab, didalam ragi terkandung purin. Meskipun tidak setinggi jeroan atau daging-dagingan yang lain, purin pada ragi tetap bisa memperburuk kondisi asam urat.

  1. Gula

Selain membahayakan kesehatan tubuh secara menyeluruh, mengonsumsi gula secara berlebihan juga tidak baik untuk penderita asam urat.

Hal ini disebabkan oleh konsumsi gula berlebih bisa memicu gejala rematik dan asam urat, sekaligus memperburuk pengendapan dan pengkristalan di persendian.

Demikianlah pembahasan tentang enam pantangan makanan asam urat dan kolesterol yang sebaiknya Anda hindari dalam menu sehari-hari.

Sehingga kadar asam urat ataupun kolesterol di dalam tubuh lebih terkontrol, pastinya harus diimbangi dengan pola hidup sehat.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *