Tes Alergi Dimana ?, Yuk Cari Tahu Informasinya Disini

oleh
Tes Alergi Dimana ?, Yuk Cari Tahu Informasinya Disini

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami alergi terhadap sesuatu, misalnya terhadap makanan, obat, atau hal lainnya, biasanya untuk memastikannya harus dilakukan dengan pengetasan alergi. Kali ini, redaksi akan memberikan informasi mengenai tes alergi dimana dilakukan dan bagaimana prosedur serta biayanya.

Perlu Anda ketahui, bahwa alergi ini terjadi ketika sistem kekebalan dalam tubuh seseorang bereaksi secara berlebihan terhadap zat atau benda yang masuk dalam tubuh yang sebenarnya tidaklah berbahaya.

Cotohnya, seseorang alergi terhadap makanan kepiting dimana setelah makan kepiting akan muncul alergi dikulit dengan efek gatal dan permukaan kulit yang akan menjadi muncul bintik-bintik merah.

Padahal, sebenarnya makan kepiting bukahlan sesuatu yang berbahaya. Namun karena sistem kekebalan dalam tubuh bereaksi secara berlebihan maka akan timbul alergi tersebut.

Nah, yang jadi pertanyaan bagaimana kita bisa tahu kita ini menderita alergi apa? untuk mengetahuinya haruslah dilakukan pengetesan oleh dokter atau tenaga medis berpengalaman.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan redaksi ulas mengenai tes alergi ini, mulai rumah sakit yang melayani pemeriksaan tes alergi, prosedur dan biaya yang harus dikeluarkan untuk tes alergi ini.

Baca Juga :  Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

Apa Itu Tes Alergi

Untuk informasi pertama sebelum lanjut ke poin pembahasan berikutnya adalah Anda perlu mengatahui apa itu tes alergi.

Mengutip dari berbagai sumber dan laman kesehatan, dijelaskan bahwa tes alergi adalah serangkaian tes melalui prosedur pemeriksaan kesehatan dengan tujuan untuk mendeteksi dan mengetahui sejak dini apakah dalam tubuh seseorang  memiliki reaksi alergi terhadap sesuatu atau bahan tertentu (alergen).

Informasi tambahan alergen adalah sebutan atau istilah yang digunakn untuk menyebut bahan pemicu munculnya reaksi alergi.

Ada jenis alergen yang menjadi penyebab seseorang mengalami reaksi alergi, yaitu:

  1. Alergen hirup: yaitu penyebab alergi ketika seseorang menghirup dan kontak dengan lapisan hidung, tenggorokan, atau paru-paru dengan penyebab alergi. (contoh, menghirup bunga tertentu)
  2. Alergen kontak: yaitu penyebab alergi ketika seseorang kontak dengan pemicu alergi kulit. (contoh alergi dingin)
  3. Alergen saluran cerna: yaitu penyebab alergi oleh sesuatu yang dimakan dan ada disaluran cerna ( contoh alergi obat).
Baca Juga :  Pentingnya Zat Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Biaya Tes Alergi

Selanjutnya akan redaksi berikan informasi mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tes alergi ini. Mengutip dari laman alodokter, untuk biaya tes alergi cukup bervairatif tergantung dengan jenis tes yang dilakukan.

Dijelaskan jika untuk biaya tes alergi di rumah sakit swasta yang ada di Indonesia dimulai dari Rp 60.000 hingga lebih dari Rp 1.400.000.

Namun demikian itu bukanlah harga pasti, karena bisa jadi lebih murah atau bahkan lebih mahal dari estimasi biaya diatas.

Oleh karena itu, jika ingin melakukan tes alergi sebaiknya mempersiapkan dana lebih sebagai cadangan kalau ternyata biayanya lebih dari yang sudah disebutkan.

Tes Alergi Dimana

Untuk melakukan tes alergi hanya bisa dilakukan dirumah sakit. Namun tidak semua rumah sakit menyediakan layanan tes alergi ini.

Untuk lebih mudah mengetahui rumah sakit mana yang menyediakan tes alergi ini, berikut akan redaksi jelaskan bagaimana caranya.

Disini kita memanfaatkan fitur atau layanan dari situs alodokter, yang berguna untuk mencari tahu rumah asikti mana yang menyediakan tes alergi serta biayanya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Silahkan akses situs https://www.alodokter.com/cari-rumah-sakit
  • Selanjutnya scroll atau gulie kebawah dan temukan menu Kulit dan Kelamin dan klik pada opsi tes alergi
  • Nanti akan muncul form untuk mencari lokasi rumah sakit yang menyediakan tes alergi
  • Pada kolom Lokasi pilih kota tempat tinggal Anda
  • Misalnya, Anda ketikan Malang sebegai tempat tinggal Anda
  • Nanti pada informasi disampingnya akan muncul keterangan nama rumah sakit, alamat lengkap, serta informasi biaya untuk tes alergi tersebut
  • Jika Anda tinggal didaerah lain tinggal ketikan saja nama dearah Anda sesuai poin diatas.
Baca Juga :  Penyebab Penyakit Faringitis atau Radang Tenggorokan

Namun perlu diingat, bahwa tidak smeua rumah sakit yang ada di tanah air menyediakan layanan tes alergi ini. Jadi ketika tidak ada nama daerah atau kota tempat Anda tinggal maka di kota tersebut belum ada rumah sakit yang menyediakan layanan tes alergi.

Demikian informasi mengenai apa itu tes alergi, biaya yang harus dikeluarkan serta tes alergi dimana saja rumah sakit yang menyediakan layanan tes alergi.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.