Ketahui Bahaya Sering Menahan Buang Air Besar

Ketahui Bahaya Menahan Buang Air Besar
Ketahui Bahaya Menahan Buang Air Besar

Ada cukup banyak orang yang memilih untuk menahan BAB (buang air besar) dari pada langsung mengeluarkannya di toilet. Alasannya karena sedang sibuk, atau mungkin sedang berada di keramaian atau tempat umum. Padahal, jika kebiasaan sering menahan buang air besar ini dilakukan berulang-ulang, bisa berpengaruh pada kesehatan orang tersebut.

Sebagaimana kita tahu, buang air besar merupakan salah satu siklus alami tubuh untuk mengeluarkan sisa-sisa kotoran dalam tubuh yang akan dibuang bersama dengan feses atau tinja.

Bacaan Lainnya

Namun yang jadi masalah, ada banyak orang yang menahan BAB ini dengan beberapa alasan yang sudah redaksi sebutkan diatas. Apabila kebiasaan menahan BAB ini cukup sering dilakukan ini bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang cukup berbahaya.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada artikel kali ini akan redaksi ulas mengenai apa saja bahaya menahan buang air besar yang sebaiknya Anda ketahui.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Sebaiknya Anda Ketahui

Bahaya Menahan Buang Air Besar

Seperti yang redaksi kutip dari laman alodokter, diketahui ada sejumlah resiko kesehatan yang bisa saja muncul ketika seseorang sering menahan untuk BAB.

1. Memicu Munculnya Ambeien

Bahayan menahan buang air besar yang pertama adalah dapat memicu munculny sakit embeien. Hal ini karena kebiasaan menahan BAB akan membuat tinja atau feses menumpuk dan mengeras.

Ketika BAB, maka perlu mengejan agar tinja bisa keluar. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus maka resiko terkena sakit wasir atau ambeien akan semakin tinggi.

2. Menyebabkan Sembelit

Bahaya selanjutnya dari kebiasaan menahan BAB adalah akan menyebabkan sembelit atau kesulitan untuk buang air besar.

Perlu diketahui, dalam kotoran atau feses sebagian besar umunya akan mengandung air yang membuat BAB jadi lacar.

Namun karena kebiasaan menahan BAB hal itu akan membuat kotoran menumpuk sehingga menjadikan kotoran keras dan kering dan akan sulit untuk dikeluarkan.

Baca Juga :  Lakukan 6 Hal Ini Untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

3. Sakit Saat BAB

Ketika seseorang memiliki kebiasaan untuk menahan buang air besar, hal itu akan membuat kegiatan BAB nnatiny menjadi sesuatu yang cukup menyiksa.

Pasalnya, ketika menahan buang air besar feses atau tinja akan mengeras dan akan sulit untuk dikeluarkan. Ketika dipaksa dengan mengejan ini dapat melukai atau merobek jaringan kulit dan juga mukosa yang melapisi saluran maupun lubang anus.

Hal inilah yang kemudian akan menimbulkan rasa sakit, bahkan akan timbul darah akibat luka yang terjadi. Dalam dunia medis, kondisi seperti ini dikenal dengan istilah Fisura Ani.

4. Kanker Usus

Bahaya lain yang cukup parah, ketika kebiasaan menahan buang air besar dilakukan secar terus-menerus bisa memicu penyakit yang berbahaya, yakni kanker usus.

Hal ini bisa saja terjadi karena, karena tinja atau feses yang lama tertahan di dalam usus akan berkontak lama dengan sel-sel yang ada di permukaan usus besar.

Terlebih lagi, apabila dalam feses yang mengendap dalam usus besar tersebut banyak mengandung zat toksik atau karsinogenik, maka risiko kanker usus besar akan menjadi semakin besar.

Baca Juga :  Leukosit Rendah, Konsumsi Buah Ini Untuk Menormalkannya Kembali

5. Inkontinensia Feses

Terakhir, bahaya menahan buang air besar yang perlu Anda ketahui adalah dapat memicu sebuah sebuah masalah kesehatan yang bernama Inkontinensia feses.

Inkontinensia feses adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak mampu mengendalikan BAB, sehingg abisa terjadi BAB tanpa disadari atau diinginkan.

Hal tersebut dikarenakan, kebiasaan seseorang untuk menahan buang air besar dapat membuat otot-otot di rektum meregang.

Demikian informasi dari redaksi mengenai apa saja bahaya yang akan timbul jika Anda memiliki kebiasaan untuk menahan buang air besar.

Mengingat bahayanya seperti yang sudah redaksi jelaskan diatas, maka sebaiknya jangan menunda-nunda jika sudah merasa ingin BAB.

Jika Anda tidak terbiasa BAB ditempat umum ketika bepergian, sebaiknya BAB dulu dirumah atau bisa juga dengan menghindari makan makanan yang bisa menyebabkan BAB, semisal makan pedas.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait