Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

Meski namanya cukup menyeramkan, namun tanaman lidah buaya diketahui memiliki segudang manfaat, terutama untuk kecantikan. Manfaat lidah buaya yang akan kita bahas kali ini adalah untuk kesehatan kulit dan rambut.

Seperti kita tahu, ada banyak ragam olahan dari tanaman lidah buaya ini, mulai dari produk minuman dan makanan dari lidah buaya, hingga di jadikan bahan dasar untuk kosmetik.

Bacaan Lainnya

Dalam tanaman lidah buaya, banyak mengandung nutrisi yang baik untuk perawatan kulit dan rambut. Karena itu tak heran jika tanaman yang satu ini banyak di gunakan pada produk kecantikan dan juga shampo.

Baca Juga :  5 Tanaman Herbal Yang Ampuh Untuk Mengatasi Keputihan

Dari hasil penelitian kesehatan, disebutkan bahwa dalam tanaman lidah buaya kaya akan antioksidan, glukosa, mineral seperti kalsium, magnesium, dan natrium, serta vitamin A, B, C, E, dan folat.

Selain itu, tanaman lidah buaya ini juga  mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial dan merupakan tanaman yang memiliki sifat antiradang dan antipenuaan alami.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

Anda bisa merasakan manfaat lidah buaya ini secara langsung, hanya dengan mengoleskan lendir dari batang lidah buaya itu sendiri.

Banyak orang yang memanfaatkan tanaman ini dengan cara mengoleskan daging buah lidah buaya untuk mengobati beberapa kondisi kulit, seperti luka bakar ringan, kulit terbakar karena sinar matahari dan lain lain.

Selain itu, kondisi kulit yang mengalami frostbite (kerusakan pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat udara dingin yang ekstrim), psoriasis, dan luka pada bibir akibat virus herpes juga di ketahui dapat di atasi dengan bahan alami ini.

Baca Juga :  Khasiat Kunyit Putih Untuk Kesehatan yang Jarang diketahui

Tidak hanya itu, manfaat lidah buaya juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka bedah, luka akibat tekanan terus-menerus (bedsores), ketombe, kulit lecet, kulit luka akibat radiasi, kulit kepala bersisik dan kemerahan (seborrhea).

Beberapa kandungan bahan kimia yang terdapat dalam tanaman lidah buaya ini diketahui dapat meningkatkan sirkulasi pembuluh darah kecil di kulit dan membunuh bakteri atau jamur.

Selain itu, tanaman lidah  buaya juga banyak mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, merangsang pertumbuhan dan perbaikan kulit, dan melembapkan kulit.

Dalam tanaman lidah buaya juga banyak vitamin A, C, E, vitamin B-12 dan folat yang berguna untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan berkilau, mencegah rambut rontok, dan memperbaiki kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *