Mata Bengkak Pada Anak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

oleh
Mata Bengkak Pada Anak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Melihat mata bengkak pada anak, tentu akan membuat orang tua panik. Pasalnya, mata merupakan organ tubuh yang cukup sensitif sehingga harus di jaga kebersihan dan kesehatannya, terutama pada si kecil.

Kondisi ini jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat, bisa berdampak cukup serius. Karenanya, sebagai orang tua haruslah waspada dan mengetahui apa yang jadi penyebab dan bagaimana cara yang benar untuk mengatasi kondisi tersebut.

Untuk faktor penyebabnya, ketika anak mengalami mata yang membengkak bisa disebabka oleh beberapa hal, seperti yang paling umum adalah  kebiasaan mengucek mata hingga kemungkinan terjadinya infeksi pada mata.

Sementara untuk penangannya, akan didasarkan pada faktor penyebabnya. Namun, untuk lebih jelasnya simak ulasan beriku ini.

Penyebab Mata Bengkak Pada Anak

Mata yang membengkak pada anak bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Sering Mengucek Mata

Dalam beberapa kondisi tertentu kita sering melihat anak kecil mengucek-ngucek matanya. Meski hal tersebut terlihat sepele, namun nyatanya kebiasaan mengucek mata tersebut bisa membuat mata anak jadi membengkak.

Terlebih lagi jika mata anak sedang mengalami iritasi akibat masuknya kotoran atau partikel benda asing ke dalam mata, mengucek mata justru akan semakin meningkatkan resiko terjadinya bengkak pada mata.

  • Karena Alergi
Baca Juga :  Anak Alergi Susu Sapi ?, Ini Yang Harus Bunda Lakukan

Mata bengkak juga bisa dipicu karena alergi yang dialami anak. Ini umumnya ketika mata terpapar zat pemicu alergi (alergen), misalnya serbuk sari, debu, atau bisa juga karena terkena bulu hewan misalnya kucing atau anjing.

Selain itu, alergi ini juga bisa disebabkan oleh efek samping dari mengonsumsi makanan atau jenis obat-obatan tertentu yang dapat memicu munculnya alergi yang menyebabkan mata jadi bengkak.

Ciri khas ketika mata membengkak karena disebabkan oleh alergi, akan ditandai juga dengan mata merah, gatal, berair, atau sensitif terhadap terhadap cahaya terang.

  • Mengalami Cidera Pada Mata

Mata bengkak pada anak juga bisa disebabkan oleh kemungkinan adanya cidera pada organ mata anak. Misalnya, anak terjatuh dan mengalami benturan pada matanya.

Cidera dimaksud bisa juga berupa kemasukan cairan sabun, pasir atau objek asing seperti bahan kimia.

  • Tersumbatnya Saluran Air Mata

Terganggunya atau tersumbanynya saluran air mata, membuat air mata tidak bisa keluar dan mengumpul di sekitar area mata.

Baca Juga :  Bayi Muntah Kuning Kental : Penyebab & Cara Mengatasinya

kondisi ini jika tidak segera ditangani juga akan menyebabkan terjadinya pembengkakan  mata, terutama terjadi di bagian bawah mata.

Terjadinya penyumbatan saluran air mata secara umum disebabkan oleh adanya infeksi, cedera, atau paparan zat kimia pada mata.

  • Selulitis periorbita

Ini merupakan suatu kondisi mata bengkak pada anak yang disebabkan oleh adanya bakteri yang menyerang jaringan lunak yang ada di sekitar mata, terutama di area kelopak mata.

Kondisi ini bisa terjadi umumnya karena diakibatkan oleh gigitan serangga di sekitar mata. Selain mata yang jadi membengkak, selulitis periorbita juga akan ditandai dengan kondisi mata yang jadi memerah serta kulit yang ada di sekitar mata menjadi sedikit mengeras.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mengatasi mata bengkak pada anak, harus disesuaikan dengan penyebab terjadinya kondisi tersebut.

  • Jika karena sering mengucek mata.

Maka langkah penanganannya adalah dengan mengompres mata anak dengan menggunakan kain atau waslap yang di celukpan pada air dingin (air es). Apabila di sertai mata merah, bisa juga menggunakan obat tetes mata.

  • Jika karena reaksi alergi.
Baca Juga :  12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula

Orang tua bisa memberikan obat tetes mata atau minum obat yang mengandung antihistamin. Namun, alangkah lebih baik jika orang tua berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui jenis obat yang tepat.

  • Jika karena cidera.

Misal karena benturan atau kemasukan bahan kimia, maka langkah terbaik adalah dengan segera membawa si kecil ke dokter guna penanganan yang lebih tepat. Pastikan untuk segera membersihkan dengan air bersih yang mengalir untuk membuang sisa sisa bahan kimia yang menempel.

  • Jika karena tersumbatnya saluran air mata.

Maka hal ini umumnya akan membaik dengan sendirinya. Namun orang tua juga bisa membantu meredakannya dengan mengompressnya dengan air hangat.

  • Jika karena Selulitis periorbita.

Sebaiknya segera membawa si kecil ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang lebih tepat. Untuk mata bengkak pada anak yang disebabkan oleh Selulitis periorbita, orang tua dianjurkan untuk tidak sembaranagan memberikan obat.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab mata bengkak pada anak dan bagaimana cara yang tepat mengatasi kondisi tersebut berdasarkan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *