Minum Madu Saat Perut Kosong, Apa Manfaatnya?

oleh
Minum Madu Saat Perut Kosong, Apa Manfaatnya?

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau dicampurkan dengan makanan/minuman. Akan tetapi, banyak yang penasaran apa manfaat dari minum madu saat perut kosong? apakah ada efeknya atau justru bagus untuk kesehatan.

Seperti yang redaksi kutip dari berbagai sumber, sebenarnya ketika akan mengkonsumsi bahan alami madu ini bisa dilakukan kapan saja.

Namun ternyata, ada manfaat tersendiri ketika kita minum madu dalam keadaan perut kosong, terutama pada pagi hari ketika baru bangun tidur.

Lalu apa saja manfaat tersebut? berikut akan redaksi ulas mengenai sejumlah manfaat dari minum madu dalam keadaan perut kosong.

Manfaat Minum Madu Saat Perut Kosong

Seperti yang sudah redaksi sebutkan diatas, sebenarnya ketika minum madu bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi bila mengkonsumsi madu pada saat perut kosong, nutrisi dalam madu bisa terserap semua dengan baik oleh enzim-enzim pencernaan.

Baca Juga :  Tahukah Anda, Berendam di Air Dingin Bisa Turunkan Berat Badan

Berikut ini sejumlah manfaat ketika minum madu saat perut kosong:

1. Membantu Membersihkan Saluran Pencernaan

Manfaat pertama mengkonsumsi madu ketika perut sedang kosong adalah berguna untuk membersihkan saluran pencernaan.

Dengam secara rutin mengkonsumsi madu dalam kondisi perut yang belum terisi makanan, ini akan membuat sistem percenaan menjadi lebih baik sehingga akan mencegah terjadinya sembeli atau kesusahan BAB.

Cukup dengan mencampurkan satu sendok makan madu murni dengan segelas air hangat dan rutin meminumnya setiap pagi sehabis bangun tidur, akan akan merasakan manfaat yang luar biasa.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Dalam sejumlah penelitian kesehatan di sebutkan jika, dengan secara rutin mengkonsumsi madu alami akan bermanfaat untuk enurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Adanya kandungan fironutrien dalam madu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi  sehingga akan bermanfaat pula untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga :  Begini Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

3. Meningkatkan Imunitas

Rutin mengkonsumsi madu juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas seseorang sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Awali pagi dengan minum air hangat di campur dengan sesendom madu, akan membuat Anda siap lebih sehat.

4. Obat Batuk yang Ampuh

Jika Anda sedang mengalami batuk yang cukup mengganggu, cobalah untuk mengkonsumsi madu guna meredakan batuk yang dialami.

Dalam bahan alami madu terkandung zat yang memiliki khasiat layaknya dextromethorphan yang kerap digunakan untuk meredakan batuk kering.

Untuk menggunakan madu sebagai obat alami untuk atasi batuk cukup dengan menambahkan 2 sendok teh madu ke dalam air hangat dan dicampur dengan perasan lemon.

5. Bagus Untuk Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Untuk Anda yang ingin menjaga berat badan atau sedang dalam program diet, bahan alami madu bisa jadi salah satu alternatif yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga :  Cara Atasi Kulit Wajah Kering, Coba Gunakan Bahan Alami Ini

Cukup dengan mencampurkan bahan madu alami dengan perasan jeruk lemon, kayu manis dan air hangat ini akan akan berkhasiat untuk meluruhkan tumpukan lemak yang ada dalam tubuh.

Namun demikian tetap saja, ini harus diimbangi dengan olah raga yang teratur dna menjaga pola makan.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika Anda sednag menderita luka terbuka, misalnya akibat terjatuh atau tersayat benda tajam, dengan rutin mengkonsumsi madu bisa lebih mempercepat penyembuhan luka tersebut.

Madu diketahui dapat membantu menyingkirkan jaringan yang mati, membunuh bakteri yang ada pada luka, dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup luka.

Demikian informasi mengenai beberapa manfaat dari minum madu saat perut kosong yang sebaiknya Anda ketahui. Sebenarnya ada cukup banyak manfaat dari bahan alami madu ini untuk kesehatan, namun redaksi akan membahasanya pada artikel selanjutnya.