Kenapa Bayi Tidak Mau Menyusu, Ini Penyebabnya

oleh
Kenapa Bayi Tidak Mau Menyusu, Ini Penyebabnya

Pertanyaan seputar masalah kenapa bayi tidak mau menyusu kerap ditanyakan oleh para ibu-ibu terutama para ibu muda yang baru pertama kali memiliki bayi.

Pasalnya, ketika si kecil tidak mau menyusu ini akan menjadi kekhawatiran banyak ibu terkait kondisi kesehatannya nanti.

Kendati demikian, para ibu disarankan untuk tidak panik dan tetap tenang ketika hal ini terjadi pada si buah hati.

Dalam dunia medis sendiri, bayi tidak mau menyusu dikenal dengan istilah nursing strike, yang biasanya mogok nyusu yang dilakukan oleh si kecil ini  hanya akan  berlangsung selama 1 atau 2 hari namun ada juga yang sampai 10 hari atau bahkan lebih mogok nyusu.

Baca Juga :  Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Gejala Diabetes Pada Anak

Lantas, apa yang jadi penyebab si kecil ini melakukan mogok nyusu? berikut penjelasannya untuk bunda sekalian.

Beberapa Penyebab Kenapa Bayi Tidak Mau Menyusu

Mengutip dari laman website sehatq, diketahui ada beberapa penyebab kenapa bayi tidka mau menyusu. Berikut ini adalah penjelasan rinci dari beberapa penyebab yang dimaksud:

  • Terjadi Perubahan Pada Rasa ASI

Penyebab yang pertama kenapa bayi tidak mau menyusu adalah dikarenakan adanya perubahan pada rasa ASI yang diminumnya.

Biasanya ini terjadi ketika bunda mengkonsumsi makanan dengan rasa yang cukup pedas atau jenis makanan lain dengan rasa yang cukup kuat dimana hal itu akan berpengaruh pada rasa ASI yang akan berubah dan mungkin akan terasa tidak enak menurut si kecil.

  • Hidung Bayi Tersumbat

Penyebab berikutnya kenapa bayi tidak mau menyusu adalah dikarenakan kemungkinan hidung si kecil sedang tersumbat.

Selain tidak mau menyusu, biasanya bayi juga akan rewel karena ia kesulitan bernafas. Hidung tersumbat ini disebbakan oleh si kecil yang pilek.

  • Bayi Mulai Tumbuh Gigi

Ketika gigi si kecil sedang bertumbuh, biasanya ia akan rewel dan kerap menangis. Bahkan ketika menyusu ia juga akan menangis.

Baca Juga :  Anak Demam dan Muntah, Ini yang Harus Bunda Lakukan?

Ini dikarenakan gerakan mengisap yang dilakukan oleh si kecil  ketika sedang menyusu biasanya akan menimbulkan rasa sakit akibat tumbuh gigi, sehingga ia akan benar-benar mogok nyusu dalam beberapa hari.

  • Bayi Panas Pasca Imunisasi

Sudah hal yang lumrah jika bayi pasca dilakukan imunisasi akan rewel. Bahkan tak jarang ia tak mau menyusu untuk beberapa waktu.

Terlebih ketika bekas suntikan pascaimunisasi tersenggol saat menyusu menyebabkan bayi merasa tidak nyaman menyusu pada posisi tertentu.

  • Ibu Memakai Wewangian yang Menyengat

Banyak para ibu yang tidak menyadari ketika mereka menggunakan wewangian atau parfum yang cukup menyengat itu akan membuat si kecil menjadi tidak nyaman saat menyusu.

Terlebih ketika dari yang biasanya ibu jarang pakai parfum saat menyusui, lalu tiba-tiba menggunakan parfum.

Perubahan aroma tubuh yang secara tiba-tiba membuat bayi terkadang enggan untuk menyusu untuk beberapa waktu.

  • Ganguan dari Luar

Suara bising, keributan atau sejenisnya ternyata berpengaruh juga pada mood bayi saat menyusu.

Baca Juga :  12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula

Karena ketika ia sudah mulai merasa nyaman saat menyusu lalu muncul gangguan suara tersebut membuat ia kaget dan berubah mood-nya menjadi tidak mau menyusu kembali.

Mengingat betapa pentingnya ASI untuk tumbuh kembang dan kesehatan bayi, maka ketika si kecil menunjukan gejala tidak mau menyusu sebagai ibu kita harus cepat tanggap dengan kondisi tersebut.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan para orang tua, khususnya bunda dirumah ketika si buah hati sedang tidak mau menyusu bisa mengenali apa saja yang jadi penyebebnya.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *