Obat Alami Luka Bakar Agar Cepat Kering dan Sembuh

oleh
Obat Alami Luka Bakar Agar Cepat Kering dan Sembuh

Jika mengalami luka bakar, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar tersebut. Berikut kana redaksi ulas mengenai obat alami luka bakar yang bisa Anda coba salah satunya.

Namun sebelumnya perlu Anda ketahui, bahwa luka bakar sendiri terbagi dalam tiga kategori, yakni luka bakar derajat ringan (tingkat 1), luka bakar sedang (tingkat 2), dan yang terakhir luka bakar berat (tingkat 3).

Untuk kategori luka bakar tingkat 2 dan tingkat 2, penanganannya harus dilakukan oleh dokter atau tenaga medis yang berpengalaman.

Sedangkan untuk kategori luka bakar tingkat satu, mesalnya kena knalpot motor bisa diobati sendiri salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

Obat Alami Luka Bakar Agar Cepat Kering dan Sembuh

Seperti yang redaksi kutip dari sejumlah sumber, ada beberapa jenis bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar, terutama luka bakar tingkat satu.

Baca Juga :  Tips Mengurangi Nyeri Haid yang Bisa Dicoba

Berikut ini, adalah beberapa jenis bahan alami yang redaksi maksud:

  • Madu

Madu dikenal sebagai salah satu bahan alami yang berguna untuk kesehatan. Selain itu, bahan alami yang dihasilkan oleh hewan lebah ini ternyata juga memiliki khasiat yang cukup bagus untuk mengobati luka bakar ringan.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya dengan mengoleskan madu alami tersebut pada area luka bakar secara rutin.

  • Lidah Buaya

Umumnya kita mengenal tanaman lidah buaya sebagai salah satu bahan alamii yang berguna untuk perawatan kulit wajah dan kecantikan.

Namun, manfaat lidah buaya lainnya ternyata juga bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengobati luka bakar tingkat satu.

Tanaman yang satu ini diketahui memiliki sifat antiradang dan antibakteri, yang mampu mendinginkan sensasi panas, dan juga meredakan rasa sakit.

Baca Juga :  Cara Alami Berikut Ini dipercaya Dapat Mengurangi Mata Minus

Untuk menggunakan tanaman lidah buaya sebagai obat alami luka bakar, cukup dengan memotong lidah buaya lalu mengoleskan jel lidah buaya pada area kulit yang mengalami luka bakar.

  • Gandum

Banyak orang yang tidka tahu jika bahan makanan pokok ini ternyata memiliki khasiat untuk mengobati luka bakar secara alami.

Pasalnya, selama ini gandum hanya dikenal sebagai salah satu bahan utama untuk memuat roti ataupun sereal.

Namun berkat kandungan antiradang, ternyata membuat Gandum mampu mempercepat proses penyembuhan luka, efek mendinginkan dan melembapkan kulit kering dan gatal akibat luka bakar.

Cara untuk mengobati luka bakar dengan bahan alami gandum adalah mencampur gandum dan air hingga berbentuk bubur. Oleskan pada luka, dan diamkan selama 20 menit.

  • Teh Hitam

Selanjutnya obat alami luka bakar yang bisa dimanfaatkan adalah Teh hitam. Perlu Anda ketahui, bahwa dalam teh hitam ini banyak mengandung asam tanat yang dapat menghilangkan sensasi panas dari luka bakar, sehingga membantu mengurangi rasa sakit.

Baca Juga :  Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari, Ini Rinciannya

Untuk cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan 2–3 kantong teh hitam basah dingin llau menempelkanya pada kulit yang mengalami luka bakar.

Kemudian, lilit teh hitam tersebut pada ara luka bakar dengan kain kasa agar tidak jatuh.

  • Minyak Kelapa

Terakhir, obat alami untuk luka bakar yang bisa dimanfaatkan adalah bahan alami berupa minyak kelapa. Diketahui, Minyak kelapa adalah sumber vitamin E yang sangat baik untuk penyembuhan kulit.

Selain itu, dalam minyak kelapa juga banyak mengandung asam lemak anti jamur dan anti bakteri yang membantu menjaga luka bakar agar tidak terinfeksi.

Untuk menggunnakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang mengalami luka bakar.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar tingkat satu.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba.