Penyebab Sering Mual di Pagi Hari, Belum Tentu Hamil

oleh
Penyebab Sering Mual di Pagi Hari, Belum Tentu Hamil

Banyak yang mengaitkan jika mengalami mual dipagi hari itu identik dengan hamil, padahal tidak selalu begitu. Bagaimana jika yang mengalami mual di pagi hari adalah pria? apakah dia hamil? jawabannya tentu tidak.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan redaksi ulas mengenai apa saja penyebab ketika seseorang sering mengalami mual pada pagi hari.

Diharapkan dengan adanya artikel ini nantinya Anda akan mengetahui dan paham jika mengalami mual ketika pagi hari itu tidak selalu indentik dengan kehamilan.

Beberapa Penyebab Mual Di Pagi Hari

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, ketika seseorang mengalami mual dipagi hari hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Kurang Waktu Tidur

Penyebab pertama kenapa seseorang bisa mengalami rasa mual ketika pagi hari, hal itu biasanya dikarenakan waktu tidur yang sedikit.

Normalnya seseorang membutuhkan istirahat malam sekurang-kurangnya 6 jam. Ketika Anda tidur jam 5 pagi karena bergadang dan bangun jam 7 pagi, maka akan terasa mual.

Pasalnya, ketika seseorang kekurangan waktu tidur hal itu akan membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, sehingga akan memicu rasa mual saat bangun tidur nantinya.

Baca Juga :  Penyebab Muncul Rasa Sakit Tulang Belakang Tengah

2. Asam Lambung Naik

Selanjutnya ketika seseorang mengalami mual dipagi hari, hal itu bisa juga disebabkan oleh asam lambung yang naik, terutama jika memiliki riwayat sakit maag.

Hal ini biasanya disebabkan oleh telat makan, atau tidak makan malam dan langsung tidur. Biasanya jika yang terjadi seperti itu ketika bangun pagi akan langsung mengalami mula yang cukup menyiksa.

3. Karena Salah Makan

Coba ingat-ingat kembali semalam Anda makan apa? apakah makanan yang pedas atau makanan tertentu yang kurang cocok diperut Anda.

Biasnya ketika seseorang salah makan, atau karena dalam makanan tersebut terkontaminasi dengan bakteri Salmonella akan menyebabkan seseorang mengalami mual.

Bukan hanya itu saja, jika kondisinya cukup parah bisa memicu keracunan makanan, sakit perut, atau diare diare.

4. Karena Lapar

Tahukah Anda ketika Anda bangun pagi dalam keadaan perut kosong, biasanya akan mengalamu rasa mual, terutama mereka yang memiliki kadar gula darah rendah.

Baca Juga :  Kenali Sejak Dini, 10 Gejala dan Ciri-Ciri Mata Katarak

Oleh karena itu, jika Anda termasuk penderita daran rendah dan pagi hari ketika bangun tidur merasa mual sebaiknya segera sarapan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

5. Pengaruh Alkohol

Jika Anda habis party dengan teman-teman dan minum minuman yang beralkohol dan mabuk, meski sudah muntah dan tertidur, ketika bangun pagi pasti akan merasakan mual.

Pasalnya ketika seseorang mengkonsumso alkohol dalam jumlah yang banyak atau mabuk hal itu akan membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan kadar gula darah menurun drastis

6. Mengalami Kecemasa

Seseorang yang mengalami kecemasan yang berlebihan atau perasaan berdebar karena sesuatu, misalnya mau ujian, mau ketemu seseorang atau alasan lain yang membuat cemas biasanya akan berimbas pada rasa mual.

Ketika seseorang mengalami hal seperti ini, cemas, stres, gugup, akan mengakibatkan kadar asam dan enzim dalam perut menjadi kacau, yang menyebabkan otot perut Anda akan berkontraksi secara berlebihan dan memicu rasa mual atau bahkan sampai muntah.

Baca Juga :  Makanan Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Ketahui

7. Karena Mengkonsumsi Obat Tertentu

Ketika sebelum tidur makan Anda minum obat-obatan tertentu, misalnya obet pereda nyeri  seperti kodein, hydrocodone, morfin, dan oxycodone, ketika bangun tidur  hal itu dapat menyebabkan seseornag menjadi mual dipagi hari.

8. Kemungkinan Gangguan Kesehatan

Berikutnya ketika seseorang mengalami mual dipagi hari dengan intensitas yang sering hal itu bisa jadi penanda jika ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatannya.

Bianya yang paling umum adalah adaknya gangguan kesehatan pada lambung lainnya seperti dispepsia, ulkus atau luka pada lambung.

Bukan itu saja, seperti yang redaksi kutip dari laman alodokter, ketika mengalami mual dipagi hari itu bisa juga karena adanya sumbatan pada usus, misalnya karena konstipasi, tumor, penyakit radang usus, atau divertikulitis. Namun demikian harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter guna memastikannya.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab kenapa seseorang mengalami mual di pagi hari. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda seputar dunia kesehatan.