Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Batu Ginjal

aramedika.com РTanaman daun salam atau yang dalam bahasa latin disebut Eugenia polyantha merupakan tanaman yang sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Terutama para ibu rumah tangga yang memanfaatkan daun salam ini sebagai salah satu bahan pelezat masakan.

Namun tahukah anda, selain kegunaannya sebagai bahan pelezat masakan, ternyata daun salam juga memiliki manfaat lain yang cukup berguna untuk kesehatan kita. Dalam selembar daun salam, terdapat senyawa-senyawa yang berguna untuk kesehatan tubuh seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C yang diduga mampu menurunkan kadar trigliserida serum.

Selama ini daun salam dipercaya sebagai salah satu jenis daun yang berguna untuk mengatasi sakit perut dan membantu mengatasi diare. Namun tak hanya itu daun salam juga memiliki khasiat lain yang tak kalah penting bahkan dipercaya dapat mencegah penyakit batu ginjal dan kanker payudara.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Dari beberapa penelitian kesehatan yang dilakukan, ternyata daun salam memiliki manfaat yang cukup berguna untuk kesehatan tubuh manusia seperti:

  • Bisa mencegah penyakit batu ginjal

Dalam sebuah studi kesehatan menunjukkan bahwa ekstrak daun salam dapat mencegah batu ginjal. Selain itu, ekstrak daun salam juga diyakini mampu mengurangi jumlah urease yang ada dalam tubuh Anda.

Urease sendiri adalah enzim yang jika berlebihan yang dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk meningkatkan risiko batu ginjal.

  • Bisa mencegah kanker payudara

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa ekstrak tanaman daun salam dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara. Ekstrak daun salam ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  • Dapat menurunkan dan mengelola kadar gula darah

Mengonsumsi ekstrak daun salam secara rutin, juga dapat membantu menurunkan serta mengelola kadar gula darah dalam tubuh. Penderita diabetes yang rutin mengkonsmsi ekstrak daundalm dapat terhindar dari berbagai penyakit komplikasi yang berbahaya.

Selain berbagai manfaat kesehatan yang sudah disebutkan diatas, daun salam juga dipercaya memiliki manfaat lain yang berguna untuk mengatsi berbagai permasalahan kesehatan seperti:

  • Dapat mengurangi ketombe jika digunakan pada kulit kepala.
  • Dapat Membantu meredakan nyeri otot dan sendi.
  • Bisa di gunakan untuk menurunkan kadar asam urat.
  • Dapat membantu mengurangi luka dan peradangan pada kulit.
  • Dapat membantu mengatasi kolesterol yang tinggi, terutama menurunkan kadar trigliserida

Pada umumnya daun salam dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam masakan sebagai penyedap alami dan pengharum masakan.

Selain menambah rasa dan aroma masakan, daun salam yang telah dicampurkan pada masakan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Daun salam juga dapat direbus untuk kemudian diminum airnya, atau bisa juga diseduh bersama teh hangat. Namun, kini ada cara yang lebih praktis dalam mengkonsumsi daun salam yakni dengan cara mengonsumsi dalam bentuk ekstrak maupun suplemen yang telah diciptakan sebagai obat herbal yang banyak tersedia di apotik maupun toko obat.

Kendati demikian, disaran untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsi ekstrak daun salam, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang menjalani pengobatan tertentu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*