Penyebab Munculnya Kantung Mata yang Harus Anda tahu

oleh
Penyebab Munculnya Kantung Mata yang Harus Anda tahu

Salah satu masalah kecantikan yang kerap dialami oleh wanita dewasa adalah permasalahan kantung mata. Dimana, munculnya kantung mata ini, menyebabkan wajah terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Namun demikian, banyak para wanita yang tidak tahu, apa saja yang jadi penyebab munculnya kantung mata tersebut.

Secara medis, dapat dijelaskan bahwa munculnya masalah kantung mata ini disebabkan oleh terjadinya penumpukan cairan yang diakibatkan oleh semakin melemahnya jaringan yang ada pada area mata, termasuk otot  penopang kelopak mata.

Selama ini banyak anggapan bahwa salah satu penyebab munculnya kantung mata ini adalah dikarenakan kurang istirahat atau tidur.

Meski pernyataan tersebuat ada benarnya, namun faktanya penyebab munculnya kantung mata ini bisa karenakan beberapa hal, yang ternyata banyak yang wanita tidak mengetahuinya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi akan membahas sejumlah hal yang jadi penyebab munculnya masalah kantung mata tersebut. Silahkan disimak.

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Penjelasan secara medis dan ilmu kecantikan memang mengatakan jika kurang tidur menjadi penyebab utama masalah ini.

Baca Juga :  5 Bahan Herbal Ini Bisa Atasi Kulit Kaki Kering & Mengelupas

Karena ketika seseorang kurang tidur atau istirahat, hal tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah yang berada di bawah kulit tipis mata jadi makin melebar dan akan menciptakan warna yang lebih gelap dibanding area sekitarnya.

Ketika pembuluh darah yang berada di sekitar area mata ini jadi makin melebar, hal ini bisa menyebabkan terjadinya penumpukan cairan pada sekitar mata, sehingga terbentuklah apa yang disebut dengan kantung mata.

Selain kurang tidur atau istirahat tersebut, ada beberapa hal lain yang ternyata juga memiliki peran besar dalam terciptanya kantun mata ini. Apa saja penyebab yang dimaksud, berikut ulasan lengkapnya:

  • Mengalami Alergi

Penyebab pertama munculnya kantung mata yang jarang diketahui adalah dikarenakan orang yang mengalami masalah ini mengalami alergi terhadap serbuk sari, debu, atau bulu hewan.

Ketika mereka mengalami alergi, maka akan terjadi peradangan pada hidung yang disebabka oleh karena reaksi alergi tersebut.

Pada saat mengalami alergi maka penderita akan mengalami bersin-bersin yang cukup sering, mata menjadi berair, dan dalam beberapa kasus akan disertai dnegan timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.

  • Proses Penuaan

Ini adalah penyebab alami yang semua wanita pasti akan mengalaminya. Ketika sudah mulai muncul kantung mata ini sekaligus jadi penanda jika usia sudah makin bertambah dan memasuki masa penuaan.

Baca Juga :  Bahan Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Pasalnya, ketika makin bertambahnya usia seseorang, maka otot dan struktur jaringan yang berada pada area sekitar mata akan semakin melemah.

Selain itu, permukaan kulit wajah yang ada disekitar mata juga akan mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata, sehingga akan menyebabkan munculnya masalah kantung mata ini.

  • Pola Makan

Penyebab berikutnya, adalah berkaitan dengan pola makan sesorang yang cenderung mengabaikan pola makan sehat dan teratur.

Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat serta kurangnya asupan protein pada menu makanan yang santap sangat berpengaruh pada kesehatan, terutama bisa mempercepat munculnya masalah kantung mata ini.

  • Stress

Beban pekerjaaan ataupun maslaah pribadi yang menumpuk dan mengakibatkan seseorang menjadi stress, ternyata juga dapat memicu munculnya masalah kantung mata ini.

Seperti diketahui, ketika seseorang mengalami stress hal tersebut dapat menyebabkan kulit dan jaringan tubuh seseorang yang stress menjadi lemah, termasuk pada jaringan kulit di sekitar mata.

Baca Juga :  Perawatan yang Tepat Untuk Kulit Wajah Berminyak

Hal inilah ynag kemudian menyebabkan munculnya kantung mata.

  • Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab berikutnya munculnya masalah kantung mata ini adalah dikarenakan seseorang sering berada dan beraktifitas diluar ruangan dan terkena paparan sinar matahari langsung tanpa pelindung.

Ketika kulit wajah sering terkena paparan sinar matahari langsung, hal tersebut akan membuat pigmen melanin akan menumpuk pada bagian bawah mata dan menyebabkan hiperpigmentasi, dimana hal ini ditandai dengan ciri munculnya warna kecoklatan atau hitam diarea mata.

Demikian informasi mengenai hal-hal apa saja yang bisa jadi penyebab munculnya masalah kantung mata. Setelah mengetahui apa saja yang jadi penyebabnya, maka sebaiknya hindari hal-hal yag sudah redaksi sebutkan diatas untuk mencegah timbulnya masalah kantung mata.

Akan tetapi, jika saat ini Anda sudah mengalami hal ini silahkan simak bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang sudah redaksi ulas pada artikel sebelumnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *