Tips Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

oleh
Tips Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Bagi kebanyakan wanita dewasa, munculnya kantung mata ini akan membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Perlu diketahui, umumnya munculnya kantung mata akan disertai munculnya lingkaran berwarna hitam yang merupakan dampak dari dari wajah yang kusam karena kurang perawatan, lesu dan letih akibat aktifitas pekerjaan yang menumpuk serta indikasi bahwa area disekitar mata tidak sehat.

Hal ini dikeranakan, ketika kantung mata  sudah mulai terlihat hal ini merupakan efek pembengkakan yang umum terjadi ketika usia seseorang sudah mulai bertambah tua.

Jaringan syaraf yang ada di area mata serta beberapa bagian otot di kelopak mata yang sudah mulai melemah akan membuat kantung mata ini makin terlihat dan disertai lingkaran hitam yang tentunya akan membuat penampilan jadi menurun.

Masalah seperti lingkaran hitam dan kantung mata ini bisa diatasi dengan berbagai metode perawatan yang baik. Misalnya perawatan dirumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seadanya guna mengurangi pembengkakan.

Sementara untuk membuat kantung mata ini lenyap secara permanen, tak ada jalan lain selain melakukan operasi kecantikan.

Tips Menghilangkan Kantung Mata

Seperti di awal ulasan bahwa seiring bertambahnya usia, otot-otot kelopak mata mulai melemah. Kulit pun mulai kendur dan lemak yang umumnya terbatas di sekitar mata akan bergeser ke bawah mata. 

Baca Juga :  Ini Tanda-Tanda Jika Skincare yang Anda Pakai Tidak Cocok dikulit

Pada dasarnya, ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam menghilangkan masalah kantung mata secara alami.

Kamu bisa mengambil tindakan dengan melakukan peralatan rumahan guna mengecilkan kelopak mata dibagian bawah.  Berikut ini, tips menghilangkan kantong mata secara alami yang bisa kalian coba.

Mengompres Mata Dengan Air Dingin 

Cara alami yang pertama untuk menghilangkan kantung mata paling gampang adalah, kompres mata menggunakan air dingin. Melalui efek sejuk dari kompresan dapat membantu mengurangi peradangan sekaligus pembengkakan untuk menahan aliran darah. 

Banyak sekali jenis kompresan sejuk yang bisa kamu manfaatkan, diantaranya irisan mentimun, es batu atau sendok yang didinginkan. 

Caranya: letakan kompresan dimata tertutup dan biarkan selama 5-10 menit. 

Menempelkan Kantong Teh 

Kantong teh berkafein bisa menjadi cara jitu untuk mengatasi masalah kantung mata dengan alami. Hal ini disebabkan kandungan kafein didalam teh memiliki antioksidan yang tinggi dan bisa meningkatkan aliran darah ke kulit. 

Teh hijau, menjadi salah satu teh paling recomended karena memiliki efek anti inflamasi yang cukup baik. 

Caranya: seduh dua kantung teh dengan waktu 3-5 menit, kemudian biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit. 

Lanjutkan peras cairannya dan aplikasikan di bagian bawah mata kamu. Diamkan kantong teh selama 20-30 menit dan nikmati sensasi sejuk dan rilexnya. 

Manfaatkan Gel Aloe Vera 

Aloe Vera atau umum disebut lidah buaya kaya akan vitamin E, Vitamin C dan Vitamin A yang berperan dalam menutrisi dan memperbaiki kulit rusak. Disamping itu, gel lidah buaya pun dianggap cukup relevan dalam mengatasi kantung mata. 

Baca Juga :  Cara Membuat Pembersih Wajah Alami Sendiri

Caranya: Bersihkan daging lidah buaya dari kulit luar yang keras, lalu ambil gelnya dan baluri di area bawah mata yang membengkak. 

Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih. Ulangi cara ini 2-3 kali dalam waktu seminggu agar dapat hasil memuaskan. 

Tidur Cukup 

Kurangnya waktu tidur dapat mengakibatkan melemahnya fungsi tubuh, serta tampilan wajah. Sepanjang kamu tidur, cairan di dalam jaringan tubuh akan ditekan kembali ke pembuluh getah dan disuruh darah. Oleh sebab itu, terlihat membengkak ketika kamu bangun tidur. 

Cara Mencegahnya dengan tidur cukup: Atur jadwal tidur dan bangun tidur cukup, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein sebelum waktu tidur kamu. 

Kemudian, hindari minuman beralkohol di waktu menjelang tidur berkualitas, habiskan semua makanan dua jam menjelang tidur dan tuntaskan semua olahraga berat beberapa waktu sebelum waktu tidur. 

Perbanyak Minum Air Putih

Meski terlihat sederhana, namun dengan memperbanyak konsumsi atau minum air ptuih ini ternyata cukup efektif untuk mencegah munculnya kantung mata.

Dengan minum air putih yang banyak, ini akan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi dan tentunya cukup baik juga untuk kesehatan kulit.

Pastikan Anda untuk selalu mengkonsumsi atau minum air putih, setidaknya 8 gelas setiap hari, agar kulit Anda tetap sehat, lembab dan tentunya terhindar dari masalah kantung mata ini.

Baca Juga :  Bibir Hitam, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Konsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Kalium

Tips berikutnya menghilangkan kantung mata secara alami adalah dengan secara rutin makan makanan yang banyak mengandung kalium.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung zat yang satu ini antara lain, buah pisang, kacang, yogurt, dan sayur sayuran hijau.

Selain menyehatkan, mengkonsumsi jenis makanan ini juga akan berefek langsung pada kesehatan sekitar area mata.

Berhenti Merokok

Ini peringatan keras buat yang masih merokok, selain tidak baik untuk kesehatan ini juga ternyata menjadi pemivu munculnya masalah kantung mata.

Oleh karenanya, memutuskan untuk berhenti merokok adalah pilihan yang tepat. Selain lebih menyehatkan jantung dan paru-paru ini juga akan menyehatkan kulit wajah terutama area mata yang akan menjadi lebih segar.

Rutin Melakukan Olahraga Wajah

Olah raga memang sudah tidak diragukan lagi efektifitasnya dalam membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tak hanya soal badan, wajah juga butuh olah raga agar aliran darah pada wajah menjadi lancar.

Olah raga misalnya Yoga, diketahui cukup ampuh untuk membuat otot-otot pada area wajah menjadi lebih kencang dan tentunya akan sangat membantu melancarkan peredaran darah di wajah.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara atau tips menghilangkan kantung mata secara alami, yang bisa Anda praktekan agar area sekitar mata tetap sehat, kencang dan tentunya akan semakin menambah rasa percaya diri Anda.

Selamat mencoba.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *