5 Bahan Herbal Ini Bisa Atasi Kulit Kaki Kering & Mengelupas

oleh
5 Bahan Herbal Ini Bisa Atasi Kulit Kaki Kering & Mengelupas

Bagi seorang wanita, semua anggota tubuh mereka adalah aset berharga, yang harus di jaga dan di rawat kesehatannya. Bukan cuma wajah saja, akan tetapi bagian tubuh lainnya seperti kaki juga harus dijaga kesehatannya agar tetap terlihat menarik.

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh wanita adalah permukaan kulit kaki yang akan terkelupas dengan sendirinya apabila tidak dirwat dan dibiarkan terlalu kering.

Tah hanya itu, bahkan akan muncul rasa sakit dan juga gatal akibat kulit yang terkelupas yang tentunya akan membuat aktifitas anda menjadi tak nyaman.

Hal itu bisa terjadi karena kurangnya nutrisi serta kelembaban yang berkurang pada kulit kaki.

Akibatnya, sel-sel kulit mati yang ada pada pada permukaan kulit kaki menjadikan permukaan kulit menjadi terlihat kusam, kering dan bahkan mulai mengelupas.

Hal ini tentu akan tidak sedap dipandang, terutama jika anda lebih sering menggunakan alas kaki atau sendal yang terbuka pada bagian tumit.

Karea itu, melakukan perawatan yang tepat pada kulit kaki dapat membantu megatasi terjadinya masalah kulit kaki yang mengelupas tersebut.

Selain itu, perawatan yang tepat juga dapat mengatasi maslaah kulit kaki yang kering, gatal serta mencegah masalah serius lainnya yang timbul akibat permasalahan kulit kaki tersebut seperti, infeksi jamur yang menyebar di kulit kaki.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Nah, untuk mengatasinya, anda bisa mencoba 5 bahan herbal alami berikut ini untuk mengaatasi kulit kaki kering.

  • Menggunakan Tanaman Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang bisa di gunakan untuk mengatasi kulit kaki kering, gatal dan mengelupas adalah tanaman lidah buaya.

Tanaman yang juga di kenal dengan nama aloevera ini, memiliki segudang manfaat dan terkenal karena sifat penyembuhannya.

Adanya kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang terdapat pada tanaman lidah buaya sangat cocok untuk mengobati infeksi kulit dan menghidrasi kulit, terutama kulit kaki.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan gel lidah buaya lalu tambahkan beberapa tetes minyak Vitamin E.

Kemudian, oleskan campuran yang anda buat ini pada kulit kaki kering yang mengelupas dan biarkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi penggunaan campuran lidah buaya ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu secara teratur.

Anda juga menggunakan gel lidah buaya tersebut pada di kaki sebelum tidur, dan biarkan semalaman. Kemudian cuci bersih saat pagi ketika anda bangun tidur.

  • Menggunakan Oatmeal

Selain berguna untuk melembabkan kulit tubuh, oatmeal juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit sehingga kulit akan tetap sehat dan lembut.

Baca Juga :  Begini Cara Diet Golongan Darah O yang disarankan

Untuk mengatasi kulit kaki kering, gatal dan mengelupas anda cukup mencampurkan 2 sendok makan oatmeal yang sudah halus dengan beberapa tetes air mawar aduk hingga menjadi scrub. Lalu oleskan campuran scrub ini dengan lembut pada area kulit kaki kering yang mengelupas dengan gerakan memijit dan dan melingkar.

Setelah itu, diamkan selama kurang lebih  10 menit dan kemudian bilas dalam air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa scrub yang masih menempel.

  • Menggunakan Air Perasan Buah Lemon

Buah yang dikenal dengan cita rasa yang asam dan aroma yang menyegarkan ini, kaya akan vitamin C , yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan melindungi kulit dari segala jenis infeksi atau peradangan, dan mencerahkan warna kulit.

Cukup sediakan irisan buah lemon, lalu peras dan campurkan ke bak air hangat, kemudian rendam kaki anda yang bermasalah tersebut selama 10-15 menit dan gosok dengan air biasa. Selajutnya keringkan dan gunakan pelembab khusus kaki untuk hasil yang maksimal.

  • Menggunakan Gliserin

Gliserin, merupakan bahan lain yang bisa anda gunakan untuk membantu dalam merawat dan mengatsi kulit kaki mengelupas. Sifat hidrasinya berguna untuk membantu menyeimbangkan kelembapan pada kulit kaki anda yang kering.

Baca Juga :  Tahukah Anda, Berendam di Air Dingin Bisa Turunkan Berat Badan

Caranya, cukup siapkan 1 sendok makan gliserin, 1 sendok jus lemon, 1 sendok teh air mawar, dan 3 sendok makan garam lalu campur semua baha menjadi satu. Selanjutnya gosokan campuran tersebut dengan lembut pada permukaan kulit kaki anda,

Lakukan dalam beberapa menit, kemudian akhiri dengan  membersihkannya dengan air dingin. Gunakan campuran ramuan ini  setiap hari untuk hasil yang lebih cepat dam maksimal.

  • Menggunakan buah Pisang

Buah pisang kaya akan kadungan Vitamin A, B, dan C, yang dapat membantu mengatasi menghidrasi pada kulit kaki kaki.

Untuk membuatnya pun cukup gampang, anda hanya perlu meghancurkan dan melumat pisang matang hingga lalu oleskan pada area kulit kaki yang kering, gatal dan mengelupas tersebut.

Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan air biasa. Ulangi penggunaan dua kali setiap minggu untuk hasil yang maksimal.


Demikian tips bagaimana mengatasi permasalahan kulit kaki yang kering dan mengelupas dengan menggunakan baha-bahan yang alami. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *