Inilah Beberapa Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil

oleh
Beberapa Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil

Bagi wanita sedang dalam masa kehamilan, sangat dianjurkan untuk sering melakukan aktifitas jalan kaki setiap pagi hari. Pasalnya, ada cukup banyak manfaat jalan pagi untuk ibu hamil yang sering disepelekan.

Selain menyehatkan untuk ibu hamil itu sendiri, jalan kaki pagi hari juga sangat bermanfaat untuk kesehatan janin dalam kandungan, terutama akan berpengaruh pada berat badan bayi pada saat dilahirkan.

Nah, pada artikel ini akan kami jelaskan apa saja manfaat jalan kaki untuk ibu hamil yang sebaiknya para Bumil ketahui.

Agar nantinya setelah mengetahui beragam manfaatnya, para bumil tidak lagi malas-malasan untuk jalan kaki pagi hari.

Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil

Menurut sejumlah penelitan kesehatan, diketahui ada cukup banyak manfaat dari jalan kaki untuk para Bumil yang apabila dilakukan secara rutin dipagi hari, bisa berdampak baik bagi kesehatan ibu dan janin.

Apa saja manfaatnya, berikut ini penjelasannya untuk Anda.

  • Dapat Mengurangi Resiko Varises

Manfaat pertama dari sering jalan pagi bagi ibu hamil adalah diketahui hal tersebut dapat mengurangi resiko terkena Varises.

Baca Juga :  Penyebab Pendarahan saat Hamil Trimester Kedua dan Ketiga

Seperti kita ketahui, Varises merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami oleh para wanita selama masa kehamilan.

Varises yang muncul pada area kaki ini terkdang menimbulkan rasa perih dan membuat pegal, dimana biasanya akan semakin memburuk pada sore hingga malam hari.

Nah, untuk menghindari terjadi masalah tersebut selalu rutin jalan pagi bisa jadi solusinya.

  • Bisa Melancarkan Pencernaan Ibu Hamil

Manfaat jalan kaki pada pago hari bagi ibu hamil selanjutnya yaitu bisa melancarkan pencernaan. Seperti diketahui, jalan kaki sendiri merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang  berfungsimemperlancar pencernaan.

Bagi ibu hamil, dengan selalu rutin jalan pagi setiap hari hal ini bermanfaat untuk mengurangi keparahan mual dan muntah saat hamil hingga diare atau sembelit.

  • Turunkan Risiko Diabetes

Pada ibu hamil, ada salah satu jenis penyakit yang kerap dialami yakni penyakit bernama Diabetes gestasional. Hal ini terutama dialami oleh ibu hamil dengan berat badan yang berlebih.

Baca Juga :  Mengatasi Mual-Mual Saat Hamil Muda, Coba Tips Berikut Ini

Untuk mengurangi resiko terkena penyakit tersebut, salah satu anjuran dokter adalah dengan selalu rutin melakukan jalan pagi.

Dengan rutin jalan kaki, dapat membantu ibu hamil dalam menjaga dan mengendalikan berat badan, sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit Diabetes gestasional tersebut.

  • Menghilangkan Stress

Manfaat jalan pagi selanjutnya untuk ibu hamil adalah bisa menghilangkan stress. Seperti diketahui bahwa selma masa kehamilan akan banyak sekali terjadi berbagai perubahan fisik yang terkadang dapat membuat ibu hamil mudah stres.

Dengan rutin jalan pagi setiap hari, ternyata ini cukup efektif untuk menghilangkan stress tersebut karena dapat meningkatkan hormon endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih senang dan bahagia.

  • Memperlancar Proses Persalinan

Manfaat ini yang paling sering di bicarakan oleh banyak orang, dimana dengan selalu rutin jalan pagi bisa mempermudah pada saat proses persalinan nanti.

Benarkah demikian? yup, pernyataan tersebut betul dan sudah terbukti. Karena dengan rutin jalan kaki pada pagi hari ini akan membuat otot paha, betis, hingga otot-otot pinggul menjadi lebih kuat.

Baca Juga :  Bahaya Penggunaan Pemerah Bibir Untuk Wanita Hamil

Dengan otoot yang kuat, hal ini akan sangat baik untuk proses persalinan secara normal dengan lebih cepat dan mudah, karena tak butuh waktu lama untuk kontraksi, dan tidak mengalami kesulitan saat mengejan (ngeden).

  • Berat Badan Bayi Terjaga

Kemudian, manfaat lain dengan selalu rutin jalan kaki pada pagi hari hal tersebut bisa membuat berat badan bayi selama masih dalam kandungan menjadi lebih terjaga agar tidak berisiko obesitas.

Sehingga ketika dilahirkan nanti, berat badan badan bayi akan normal dan sehat dan tentunya bisa dilakukan persalinan dnegan normal.

Demikian informasi mengenai beberapa manfaat jalan kaki pada pagi hari yang sebaiknya mulai saat ini segera dilakukan secara rutin oleh ibu-ibu hamil.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat, dan salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *