Perawatan yang Tepat Untuk Kulit Wajah Berminyak

oleh
Perawatan yang Tepat Untuk Kulit Wajah Berminyak

Ada beragam tipe kulit wajah yang dimiliki oleh seseorang, mulai dari tipe kulit yang normal, kulit kering bahkan ada juga tipe kulit wajah berminyak. Untuk mereka yang memiliki tipe kulit wajah yang berminyak, di perlukan perawatan khusus dan berbeda di banding dengan mereka yang memiliki kulit wajah tipe kering maupun normal.

Wanita dengan tipe kulit wajah yang berminyak, banyak yang mengeluhkan jika kulit wajah mereka mudah berjerawat dan sering terlihat mengilap, selain itu juga membuat make up cepat luntur. Padahal jika tahu caranya, pemilik kulit wajah yang berminyak juga bisa tetap tampil cantik.

Sebenarnya, adanya kandungan minyak atau sebum yang terdapat pada kulit wajah memiliki manfaat dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Namun, dalam beberapa kasus minyak atau sebum ini diproduksi secara berlebih oleh kulit wajah, sehingga apabila tidak ditangani dengan tepat dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan munculnya jerawat yang cukup mengganggu.

Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Sebelum beranjak pada cara perwatan kulit wajah yang berminyak, terlbih dahulu akan kita bahas apa penyebab kulit wajah anda menjadi berminyak.

Baca Juga :  Cara Membuat Masker Lidah Buaya Sendiri di Rumah

Beberapa ahli kecantikan belum bisa memastikan secara spesifik apa sebenarnya penyebab terjadinya masalah ini. Namun demikian beberapa hal ini diketahui bisa menyebabkan kulit wajah berminyak, seperti:

  • Terjadinya perubahan hormon dalam tubuh
  • Faktor genetik atau keturunan
  • mengonsumsi jenis makanan yang berminyak serta tidak sehat
  • Memakai makeup yang tidak sesuai dengan tipe kulit wajah
  • Kondisi cuaca tau udara yang panas dan lembab.

Ada cara sederhana untuk mengetahui apakah wajah anda termasuk tipe kulitĀ  berminyak atau tidak, yakni dengan memperhatikan zona T, yaitu daerah wajah di dahi, hidung, dan dagu. Apabila diarea tersebut kulit tampak mengkilap dan berminyak saat disentuh, maka bisa dipastikan kulit wajah Anda adalah jenis kulit yang berminyak.

Cara Perwatan Wajah Yang Tepat Untuk Kulit Wajah Berminyak

Pemilik wajah dengan tipe kulit yang berminyak, salah satu cara yang tepat mendapatkan kulit wajah yang sehat adalah dengan rutin melakukan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit wajah tersebut.

Berikut tips merawat kulit wajah untuk tipe kulit berminyak yang bisa coba anda terapkan:

  • Gunakan Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Kulit Wajah Anda
Baca Juga :  5 Bahan Herbal Ini Bisa Atasi Kulit Kaki Kering & Mengelupas

Selalu mencuci wajah anda setidaknya 2 kali dalam sehari, bisa mengurangi produksi minyak berlebih dalam wajah. Selain itu, pastikan anda menggunakan pembersih wajah yang khusus untuk kulit tipe berminyak, yakni Anda bisa pembersih wajah yang bebas alkali, seperti montaline C40.

Beberapa produk pembersih wajah dengan kandungan panthenol atau vitamin B5 juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena dapat membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan mencegah jerawat .

Pembersih wajah dengan kandungan bahan-bahan diatas juga dapat menghidrasi kulit wajah dengan baik, melembapkan kulit, menjaga elastisitas kulit wajah, membantu regenerasi kulit, sehingga meskipun anda memiliki tipe kulit berminyak bahan-bahan tersebut akan membuat kulit tetap terlihat halus dan sehat.

  • Selalu Rutin Menggunakan Scrub

Selain pembersih wajah yang tepat, disarankan juga untuk selalu ruitnĀ  membersihkan wajah menggunakan scrub setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Penggunaan Scrub dalam membersihkan wajah anda bisa membersihkan kotoran dalam wajah hingga ke dalam pori-pori, sekaligus mengangkat sel kulit mati pada wajah.

  • Selalu Gunakan Krim Wajah
Baca Juga :  Begini Cara Diet Golongan Darah O yang disarankan

Jika sudah melakukan peawatan dengan cara diatas, maka lengkapi perawatan wajah berminyak anda dengan menggunakan krim wajah khusus untuk kulit berminyak.

Hal ini penting untuk tetap menjaga kelembapan kulit tanpa menambah produksi minyak dalam kulit wajah. Pastikan untuk memilih pilih krim wajah yang bersifat mattifying yang banyak mengandung vitamin, aloe vera atau lidah buaya, dan asam hialuronat (hyaluronic acid).

Dengan demikian, meski produksi minyak dalam kulit wajah menjadi berkurang, adanya zat-zat tersebut dalam krim wajah tetap dapat memberi nutrisi dan menjaga kelembapan kulit wajah anda.

Disrankan juga untuk tidak lupa pula selalu menggunakan tabir surya minimal dengan SPF 30, terutama ketika beraktifitas atau berada di luar ruangan. Hal ini berguna agar kulit wajah anda tetap terlindungi dari paparan sinar matahari langsung yang bisa memicu munculnya minyak lebih banyak..

Lakukan semua perawatan yang disarakan diatas secara rutin, agar memperoleh hasil yang maksimal. Selain itu anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan mengenai metode perwatan kulit berminyak yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *