Menu Sehat dan Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

oleh
Menu Sehat dan Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Ketika wanita sedang hamil, terutama di masa awal-awal bulan pertama kehamilan biasanya akan sering mengalami muntah dan mual saat mengkonsumsi makanan. Meski demikian, sangat disarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil agar kebututahan nutrisi dan gizi bisa tetap terjaga.

Pasalnya, dengan mengatur jenis makanan yang baik untuk ibu hamil di awal kehamilan sangatlah penting dilakukan untuk memenuhi asupan gizi bagi janin yang mulai tumbuh dan memerlukan berbagai vitamin dan mineral supaya bisa berkembang dengan baik.

Selama hamil, masalah makanan yang diutamakan adalah kualitas atau gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Bukan jumlahnya yang lebih banyak, seperti anggapan banyak orang jika hamil harus makan banyak karena “dimakan dua orang” atau berbbadan dua.

Ibu hamil harus makan dua kali lebih bergizi dibanding makan dua kali lipat jumlahnya. Karena, apabila bumil makan dalam jumlah yang berlebihan namun tidak diimbangi dengan gizi yang cukup, justru akan beresiko mengalami obesitas.

Karena itu, pada kesempatan kali ini akan di bahas mengenai apa saja jenis makanan yang baik untuk ibi hamil, terutama kehamilan trimester pertama.

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Ketika dipastikan anda tengah mengandung, maka mengkonsumsi makanan yang  bergizi angat disarankan guna menunjang pertumbuhan janin dalam kandungan.

Baca Juga :  Penyebab Umum Perdarahan Saat Hamil Trimester Pertama

Konsumsi jenis makanan serta multivitamin khusus ibu hamil yang mengandung minimal 400 mcg zat folic acid. Zat ini berfungsi untuk mempersiapkan rahim serta dapat mengurangi resiko kemungkinan terjadinya penyakit spina bifida (tulang belakang tidak tertutup sempurna) pada janin.

Zat folic acid ini selain bisa dikonumsi dari multivitamin, juga terdapat pada jenis makanan alami berupa sayuran seperti brokoli, kembang kol, kol, wortel, jagung, kacang kedelai, jeruk, jambu klutuk, alpukat, serta sereal berbahan gandum atau jagung.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang baik untuk ibi hamil tersebut secara bergantian. Selain itu jenis sayuran yang kaya akan zat folid acid tersebut, ibu hamil muda juga disarankan untuk makan jenis makanan berikut:

  • karbohidrat, bisa dicukup dengan mengonsumsi nasi, roti, kentang, oatmeal (havermouth)
  • Sayuran segar
  • Buah-buahan segar
  • Protein, yang didapat dari ayam, sapi, telur, tahu, tempe
  • Berbagai produk susu, misalnya : susu, yogurt, keju dan sejenisnya
Baca Juga :  Penyebab Pendarahan saat Hamil Trimester Kedua dan Ketiga

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh wanita yang tengah hamilmuda terkait konsumsi makanan tersebut.

Agar asupan gizi dan makanan yang masuk bisa di serap dengan sempurna oleh janin, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan  daripada karbohidrat.
  • Usahakan untuk makan dalam jumlah atau porsi yang sedikit namun sering, untuk mengurangi rasa mual atau muntah yang kerp di keluhkan oleh ibu yang hamil muda.
  • Waktu makan disarankan 5 kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, makan malam, serta makan cemilan di antara waktu 3 kali makan utama tersebut setiap harinya.
  • Usahakan semua jenis makanan yang disarankan untuk di konsumsi setiap hari, meskipun tidak dalam satu kali waktu makan.
  • Misalnya, saat sarapan Anda hanya makan telur, susu, dan roti, maka saat makan siang anda makan sayuran dimakan serta makan malam diselipkan makan buah-buahan.

Selain itu, kebutuhan cairan selama masa awal kehamilan juga harus diperhatikan. Usahakan agar meminum air sebanyak 8 gelas setiap harinya guna memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan.

Baca Juga :  Mengalami Waktu Haid Menjadi Lama? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cairan yang dimaksud bis ajuga dikombinsakian berupa jus buah dan susu, meski hanya dalam porsi yang kecil namun sebaiknya sering dilakukan.

Terakhir, agar kehamilan anda sehat dan janin dalam kandungan juga terpenuhi gizinya, selain mengonsumsi jenis makanan yang baik untuk ibu hamil, disarankan juha untuk sebisa mungkin menghindari jenis makanan yang dilarang.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk di konsumsi oleh ibu hamil antara lain:

  • Minunan beralkohol
  • Mayonaise, karena mengandung telur mentah
  • Telur yang dimasak setangah matang
  • Daging yang dimasak kurang matang
  • Daging hotdog atau hamburger
  • Ikan mentah atau sushi

 

Selain itu, batasi juga mengomsumsi kafein. Wanita hamil maksimum boleh minum kafein 200 mg per hari, atau kira-kira 2 cangkir kopi setiap hari.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti rajin berolah raga, makan makanan yang baik untuk ibu hamil serta menghindari stress, maka kehamilan anda akan menjadi kehamilan yang sehat baik untuk ibu itu sendiri maupun janin yang ada dalam kandungan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *