4 Jenis Sayuran Untuk Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

4 Jenis Sayuran Untuk Menurunkan Kolesterol – Setiap manusia pada dasarnya tetap membutuhkan kolesterol dalam darah mereka. Sebab, kolesterol merupakan jenis lemak esensial yang bertugas untuk membantu fungsi tubuh agar bekerja dengan baik dan optimal.

Akan tetapi, jika kadar kolesterol yang ada dalam darah tinggi, maka akan berisiko memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan berlarut-larut, hal tersebut dapat memicu penyakit yang berbahaya akibat kelebihan kadar kolestrol dalam darah, seperti serangan jantung dan juga stroke.

Apabila seseorang yang didiagnosa memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sangat dianjurkan untuk mengatur menu khusus dalam makanan mereka sehari-hari.

Sebagai alternatif, pengidap kolesterol di sarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4 Jenis Sayuran Untuk Menurunkan Kolesterol

  • Sayur Terong

Tak banyak yang tahu, jika sayur terong memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat terong yang paling penting yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Bukan hanya itu, dengan mengonsumsi sayur terong ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah yang mengkonsumsinya.

  • Bawang putih

Dikenal dengan aromanya yang khas, bawang putih selama ini kita hanya mengenalnya sebagai bahan herbal atau bumbu untuk melezatkan masakan. Namun tahukah anda bahwa bawang putih juga merupakan salah satu jenis sayuran yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dalam sebuah studi kesehatan menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih dikatahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal manfaat wang putih ini.

  • Sayur Bayam

Sebenarnya, semua jenis sayuran bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun jenis sayuran dengan dasar warna hijau pekat seperti bayam disebut-sebut nerupakan jenis sayur yang paling efekif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Tidak hanya sebagai sayur dengan khasiat penurun kolesterol, bayam juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan zat lutein dan karotenoid yang terdapat dalam sayur bayam dipercaya mampu menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

  • Tomat

Tomat, selain dikenal karena khasiatnya dalam membantu melawan peyakit kanker,  juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.

Kandungan zat likopen yang ada dalam tomat, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10%.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*