Beragam Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

oleh
Beragam Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Ternyata, bukan hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Daun alpukat juga diketahui memiliki beragam khasiat untuk kesehatan yang jarang diketahui. Kali ini, redaksi akan memberikan informasi mengenai beberapa manfaat daun alpukat yang sebaiknya Anda ketahui.

Seperti kita tahu, dikalangan masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakan obat-obatan tradisional yang berasal dari berbagai macam dedaunan.

Termasuk salah satunya adalah daun alpukat ini. Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini tim redaksi aramedika.com sudah menyiapkan informasi menganai apa saja manfaat dari daun alpukat ini untuk kesehatan yang ternyata jarang diketahui oleh orang banyak.

Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, ada beberapa khasiat dari daun alpukat ini yang ternyata cukup baik bagi kesehatan.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Bahan Herbal Untuk Obat Sakit Vertigo

Apa saja khasiat yang dimaksud? berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1. Menangkal Paparan Radikal Bebas

Manfaat daun alpukat pertama untuk kesehatan adalah sebagai penangkal paparan radikal bebas yang akan membuat tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan berbagai macam penyakit.

Dalam daun alpukat diketahui memiliki antioksidan yang cukup tinggiserta  memiliki senyawa yang disebut quercetin yang memiliki khasiat untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

2. Sebagai Obat Batu Ginjal

Dalam sebuah penelitian kesehatan disebutkan jika daun alpukat ternyata memiliki khasiat yang cukup baik dalam mengobati batu ginjal.

Pasalnya, dalam daun alpukat diketahui banyak mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin, dimana untuk semua zat yang disebutkan tersebut memiliki khasiat yang sangat ampuh guna memecah batu ginjal.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Untuk para penderita hipertensi, ternyata rutin minum rebusan daun alpukat bisa menurunkan tekanan darah dengan sangat efektif.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Selain menjaga pola makan, dengam rutin mengkonsumsi air rebusan dari daun alpukat ini akan membuat tekanan darah menjadi normal kembali.

4. Bagus Untuk Pencernaan

Manfaat daun alpukat berikutnya yakni sebagai salah satu obat alami yang berguna untuk melancarkan percernaan, terutama untuk yang susah BAB.

Rutin mengkonsumsi rebusan daun alpukat juga diketahui mampu membuat sistem percernaan menjadi lebih baik.

5. Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Selanjutnya, jika Anda termasuk salah stau orang yang memiliki masalah dengan tidur Anda yang kurang berkualitas atau bahkan mengalami insomnia atau sudah tidur, dianjurkan untuk mengkonsumsi air rebusan daun alpukat untuk mengatasi masalah tersebut.

Diketahui, dalam daun alpukat banyak mengandung zat yang dapay meningkatkan serotonin dalam tubuh sehingga membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Cara Membuat Ramuan Dari Daun Alpukat

Untuk merasakan manfaat dari daun alpukat ini bagi kesehatan, Anda bisa membuat sendiri ramuan dari daun ini. Cara meracik dan membuat air rebusan daun alpukat sendiri juga cukup mudah.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Anda bisa menggunakan daun alpukat yang masih segar atau baru dipetik atau bisa juga menggunakan daun alpukat yang sudah dikeringkan.

Berikut ini cara membuat air resbusan dari daun alpukan:

  1. Pertama siapkan beberapa lembar daun alpukat
  2. Kemudian, cuci lebih dahulu daun alpukat dengan bersih pada air yang mengalir untuk menghilangkan semua kotoan yang menempel.
  3. Selanjutnya, rebus sebanyak 1-2 gelas air lalu tambahkan daun alpukat
  4. Kemudian, rebus daun alpukat tersebut selama kurang lebih sekitar 10 menit.
  5. Agar rasanya tidak terlalu pahit, Anda bisa menambahkan pemanis alami seperti madu alami
  6. Terakhir saring daun ke dalam cangkir
  7. Segera minum selagi air rebusan masih hangat

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa manfaat dari daun alpukat untuk kesehatan, serta informasi penting bagaimana cara mengolah daun alpukat ini.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.