Cara Agar Dahak Cepat Keluar, Lakukan Tips Berikut

oleh
Cara Agar Dahak Cepat Keluar, Lakukan Tips Berikut

Jika kita menderita sakit batuk yangg disertai dengan dahak memang cukup menggangu. Terlebih jika dahak yang ada di tenggorokan susah keluar, tentu ini akan sangat menyiksa karena akan membuat kita kesulitan untuk bernafas. Berikut ini akan redaksi ulas cara agar dahak cepat keluar yang bisa Anda simak detail penjelasannya pada lanjutan artikel dibawah ini.

Dahak yang tidak mau keluar, selain akan membuat kita kesulitan dalam bernafas juga akan membuat kita merasakan sakit saat menelan makanan, suara menjadi serak, serta muncul rasa pahit di lidah dan kerongkongan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa lakukan beberapa tips yang sudah redaksi siapkan berikut ini agar dahak bisa cepat keluar.

Baca Juga :  Tips Mengurangi Nyeri Haid yang Bisa Dicoba

Cara Agar Dahak Cepat Keluar

Biasnya ketika mengalami batu disertai dengan dahak seperti ini, cara termudah yang akan dilakukan adalah dengan minum obat batuk berdahak yang dibeli di apotek atau toko obat.

Tapi ternyata, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Alih-alih menggunakan obat kimia, tidak ada salahnya menggunakan bahan alami untuk mengeluarkan dahak yang mengganggu tersebut.

Mengutip dari berbagai sumber, untuk mengeluarkan dahak dengan cepat bisa dilakukan dengan beberapa tips berikut ini.

1. Minum Air Jahe Campur Lemon

Tips pertama agar dahak cepat keluar adalah dengan meminum ramuan atau air rebusan yang terbuat dari bahan alami berupa jahe dan lemon.

Selain mengatasi batuk, ramuan ini juga cukup efektif dalam mengeluarkan dahak sehingga akan membuat pernafasan jadi lebih lancar.

2. Berkumur dengan Air Garam

Tips kedua untuk mengeluarkan dahak dnegan cepat adalah dengan berkumur dengan air garam. Cara ini bisa dilakukan ketika dahak yang ada di tenggorokan cukup banyak dan susah keluar.

Baca Juga :  Begini Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

Cukup sediakan air hangat satu gelas dicampur dengan stengah sendok teh garam, aduk hingga garam larut. Selanjutnya gunakan campuran air garam tersbeut untuk berkumur kurang lebih 30 hingga 60 detik sambil mendongak agar air garam tersebut dapat mencapai tenggorokan.

3. Melakukan Penguapan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penguapan, atau menghirup uap panas dari air yang dicampur minyak kayu putih.

Caranya sediakan baskom, lalu isi dengan air panas dan tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Selanjutnya hirup uap yang keluar.

4. Minum Air Hangat di Campur Madu

Dengan minum air hangat yang sudah dicampur dengan madu, ternyata sangat efektif untuk mengeluarkan dahak dengan cepat.

Pasalnya madu diketahui mengandung sifat anti peradangan dan antibakteri sehingga dipercaya dapat digunakan untuk mengeluarkan dahak yang ada di tenggorokan.

Baca Juga :  Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Usia 1 tahun

5. Minum Air Hangat di Campur Daun Mint

Selain menggunakan campuran, madu atau jahe untuk cara mengeluarkan dahak dengan cepat bisa juga menggunakan daun mint yang dicampur dengan air hangat.

Dalam daun mint banyak mengandung mentol yang berfungsi untuk mengurangi produksi dahak dan mengencerkan dahak yang kental sehingga lebihh mudah untuk dikeluarkan.

Demikian beberapa tips yang sudah redaksi berikan sebagai salah satu alernatif yang bisa Anda coba untuk mengeluarkan dahak yang ada di tenggorokan.

Namun, jika setelah menerapkan tips diatas dalam beberapa hari masih belum juga ada perubahan, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter guna pemeriksaan lanjutan dan penanganan yang lebih tepat.

Semoga informasi yang redaksi berikan pada artikel ini bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah kesehatan Anda guna mengeluarkan dahak dari tenggorokan.