Susu Formula Tahan Berapa Jam Dalam Suhu Ruangan

oleh
Susu Formula Tahan Berapa Jam Dalam Suhu Ruangan

Banyak orang tua, terutama pasangan yang baru memiliki anak sedikit kebingunan dan belum tahu terkait batas waktu pemberian susu formula untuk si buah hati. Banyak yang menanyakan, kira-kira susu formula tahan berapa jam setelah dibuat dalam suhu  ruangan dan apakah masih bisa atau layak untuk diberikan kepada bayi jika tidak habis.

Karena seperti diketahui, dalam memberikan susu formula kepada bayi terkadang bayi tidak langsung menghabiskannya dalam sekali minum.

Dalam beberapa kasus yang sering terjadi, bayi sudah enggan minum susu dari dot dan hanya menghabiskan setengahnya saja dan masih menyisakan susu dalam botol dot yang masih lumayan banyak.

Hal inilah yang kemudian jadi pertanyaan banyak ibu-ibu muda, apakah sisa susu dalam botol dot tersebut masih layak diberikan untuk jangka waktu beberapa jam kedepan.

Untuk menjawab rasa ingin tahu dan penasaran dari ibu-ibu, berikut akan redaksi ulas secara detail terkait batas waktu pemberian susu formula pada bayi.

Baca Juga :  Anak Demam Muncul Bintik Merah, Apakah Berbahaya ?

Susu Formula Tahan Berapa Jam Dalam Suhu Ruangan

Untuk Anda orang tua yang memiliki bayi dan sedang memberikan susu formula untuk tambahan asupan nutrisi dan gizinya, ada beberapa hal yang harus pahami terkait waktu atau masa pemberian susu formula tersebut.

Sehubungan dengan topik pembahasan artikel ini mengenai susu formula bisa tahan berapa jam setelah dibuat, sebenarnya untuk menjawab pertanyaan ini, jika Anda jeli bisa diketahui pada setiap dus atau kotak pembungkus suus formula.

Dalam penjelasan cara pembuatan dan  juga ketentuan-ketentuan terkait pemberian susu formula bisa dilihat jelas dalam kotak kemasan, dimana di sebutkan bahwa susu yang telah diseduh dan belum diminum bayi hanya bisa bertahan hingga 2 jam pada suhu ruang, tanpa tersentuh dan tanpa dipanaskan.

Hal itu juga senada dengan penjelasan dari dokter spesialis dan juga ahli gizi yang menyatakan jika sebaiknya memberikan susu formula yang telah diseduh dalam 1 atau 2 jam setelah dibuat.

Baca Juga :  Berat Badan Bayi 7 Bulan Normalnya Berapa ?

Lewat dari waktu tersebut, sebaiknya jangan diberikan lagi meski sisa susu dalam botol dot yang tersisa masih cukup banyak.

Oleh karena itu, para ibu disarankan untuk membuat susu formula untuk si buah hati harus ingat betul kapan jam dibuatnya susu tersebut, karena jika sampai diberikan terlewat dari waktu yang ditentukan hal ini cukup beresiko.

Selain pertanyaan seputar waktu pemberian susu formula atau durasi waktu dari susu tersebut dibuat, banyak juga diantara ibu-ibu yang menanyakan apakah boleh menyimpan susu yang masih sisa tersebut di lemari pendingin atau kulkas.

Mengutip dari sejumlah sumber disebutkan bahwa menyimpan susu dalam kulkas sebenarnya di bolehkan asal suhu lemari es harus 4 derajat atau lebih rendah.

Tapi perlu diingat, bahwa menyimpan susu dalam kulkas disini adalah susu yang baru dibuat. Jika sudah sisa, maka jawabannya TIDAK BOLEH.

Baca Juga :  Mupirocin, Obat Salep Untuk Penyakit Impetigo Anak

Dari penjelasan yang sudah redaksi ulas diatas dapat disimpulan beberapa hal berikut ini:

  1. Susu formula tahan berapa jam setelah dibuat? jawabannya: 1 sampai 2 jam.
  2. Apakah boleh menyimpan susu SISA didalam kulkas? Jawabannya: TIDAK BOLEH.

Sehingga, para orang tua harus lebih jeli dan teliti dalam memberikan susu formula kepada bayinya. Karena jika terlupa dan memberikan susu yang sudah terlewat masa yang disarankan, ini cukup berbahaya bagi saluran pencernaan bayi jika diminum kembali.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya sisa susu formula langsung dibuang ketika tidak habis setelah 1 jam.

Jika bayi rewel dan nangis karena haus ingin minum, sebaiknya buatkan susu yang baru. Meski terdengar seperti pemborosan namun ini lebih baik dari pada terjadi sesuatu yang tidak dinginkan pada si buah hati.

Demikian informasi yang bisa redaksi sampaikan pada artikel ini, semoga bermanfaat.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.