Cara Mengolah Kunyit Untuk Asam Lambung yang Benar

Cara Mengolah Kunyit Untuk Asam Lambung yang Benar
Cara Mengolah Kunyit Untuk Asam Lambung yang Benar

Tanaman herbal yang satu ini memang dikenal memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan, misalnya sebagai obat tradisional untuk ambeien. Selain itu, kunyit juga berkhasiat untuk mengatasi masalah asam lambung.

Berkaitan dengan khasiatnya untuk mengatasi masalah asam lambung, pada artikel kali ini akan redaksi ulas mengenai bagaimana cara mengolah kunyit untuk asam lambung yang benar sesuai dengan anjuran dan takaran yang pas.

Bacaan Lainnya

Seperti yang kita tahu, dikalangan masyarakat Indonesia sendiri, mengatasi berbagai macam penyakit dengan menggunakan obat herbal hingga saat ini masih dianggap cukup efektif.

Termasuk dalam mengobati masalah asam lambung yang merupakan salah satu jenis keluhan yang kerap dialami oleh banyak orang.

Meski demikian, dalam prakteknya penggunaan bahan alami seperti ini harus dilakukan dengan cermat, terkait pembuatan dan takaran yang dianjurkan agar efektif mengobati berbagai masalah keluhan kesehatan.

Baca Juga :  Atasi Asam Lambung Dengan Bahan Alami lidah Buaya

Sebagai bahan referensi untuk Anda yang mungkin ingin mengobati masalah asam lambung yang Anda alami sendiri atau mungkin untuk orang lain, berikut ini adalah aturan dan cara mengolah kunyit untuk asam lambung yang sesuai dengan anjuran.

Kandungan Kunyit Dalam Meredakan Asam Lambung

Sekedar informasi tambahan untuk Anda, dalam tanaman yang identik dengan warna kuning ini banyak mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan, yakni kurkumin yang merupakan antioksidan polifenol.

Berkat kandungannya tersebut, tak heran jika kunyit menjadi salah satu bahan alami yang direkomendasikan sebagai terapi alternatif untuk sakit maag, peradangan, dan asam lambung.

Kandungan zat kurcumin yang terdapat dalam bahan alami kunyit, dipercaya dapat melindungi usus dari kerusakan yang parah akibat penyakit perdangan atau sejenisnya.

Dalam meredakan asam lambung, bahan kunyit akan sangat efektif jika dicampur dengan bahan alami lain yakni madu. Karena dalam madu alami, diketahui memiliki efek antimikroba madu dapat berguna untuk mengobati sakit maag dan juga asam lambung.

Baca Juga :  Cara Mengolah Daun Salam Untuk Obat Diabetes

Setelah Anda mengetahui mengenai kandungan yang ada dalam bahan alami kunyit ini dalam meredakan sakit asam lambung, selanjutnya silahkan simak ulasan dari tim redaksi aramedika dibawah ini untuk langkah-langkah dalam membuat ramuan kunyit campur madu yang sesuai dengan anjuran dan takaran yang sesuai.

Cara Mengolah Kunyit Untuk Asam Lambung

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi masalah asam lambung, berikut ini adalah langkah-langkah atau cara mengolah kunyit untuk asam lambung. yang benar dan sesuai dengan anjuran.

Bahan-bahan:

  • Kunyit segar atau bisa juga menggunakan kunyit bubuk
  • Madu alami
  • Air putih

Cara Mengolah:

  • Pertama, silahkan rebus dahulu air putih sebanyak 3 atau 4 gelas.
  • Selanjutnya, silahkan tambahkan 2 sdt bubuk atau parutan kunyit yang masih segar.
  • Lanjut, aduk sampai merata.
  • Kemudian, tunggu hingga air rebusan mendidih sekitar 5 sampai 10 menit.
  • Jika sudah mendidih matikan kompor lalu dinginkan.
  • Jika air rebusan sudah dingin, lanjut saring air rebusan untuk memisahkan ampasnya
  • Dalam kondisi hangat, minum air rebusan dengan ditambahkan madu alami sebanyak 1 sendok makan
  • Rutin minum ramuan ini setiap hingga asam lambung tidka kambuh lagi
Baca Juga :  Manfaat Masker Kunyit, Bisa Hilangkan Bekas Jerawat

Sekedar informasi tambahan untuk Anda, jika setelah minum ramuan diatas muncul efek samping sebiaknya segera hentikan mengkonsumsi minuman rebusan kunyit.

Selain itu, untuk yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi ramuan dari kunyit dan madu tersebut.

Demikian informasi dari redaksi mengenai tata cara dalam mengolah kunyit untuk meredakan sakit asam lambung. Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait