Bayi Rewel dan Susah Tidur, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

oleh
Bayi Rewel dan Susah Tidur, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Bagi kebanyakan orang tua, terutama yang baru memiliki anak pasti akan merasa bingung ketika bayi rewel dan susah tidur saat malam hari.

Saat-saat seperti inilah kesabaran orang tua diuji, karena jika tidak pandai-pandai mengatasi masalah ini akan menyebabkan orang tua stress dan tak tau harus bagaimana lagi.

Kasus seperti ini mungkin akan dialami oleh kebanyakan ibu yang baru memiliki buah hati dan jadi pertanyaan yang mungkin butuh jawaban segera, kenapa bayi sering rewel susah tidur meski ia sudah terlihat kelelahan?

Untuk menjawab kegelisahan Bunda, berikut ini akan diulas mengenai penyebab dan cara mengatasi mengapa bayi sering kali rewel dan susah untuk tidur saat malam hari.

Penyebab Bayi Rewel dan Susah Tidur

Kondisi seperti ini umumnya terjadi karena si buah hati terlalu lelah hingga dan akhirnya akan menjadi sulit tidur, yang dalam bahasa medis di kenal dengan istilah overtired.

Jika tidak cermat dalam menanggapi kondisi ini, sering akan membuat emosional dan fisik orangtua terkuras karena tak tahu harus berbuat apa.

Baca Juga :  Anak Demam Muncul Bintik Merah, Apakah Berbahaya ?

Selain susah tidur dan si kecil menjadi rewel, ia juga terkadang akan sering terbangun dari tidurnya. Baru beberapa menit tertidur, bayi akan bangun dan menangis, bahkan terkadang bunda belum sempat memejamkan mata, si kecil sudah menangis lagi.

Kondisi tersebut terjadi karena tubuh si kecil sedang tidak siap untuk tidur, yang secara fisik sistem respons stres dalam tubuhnya diaktifkan.

Dimana ketika bayi rewel karena terlalu lelah, maka hormon stres seperti kortisol dan adrenalin dalam tubuhnya membanjiri aliran darah bayi, hal ini berakibat bayi Anda lebih sulit untuk rileks dan tenang.

Ini sebenarnya merupakan hal yang lumrah dan merupakan sebuah sebuah siklus pada bayi yang akan membaik dengan sendirinya

Ciri-Ciri Jika Bayi Kelelahan

Untuk mengenali lebih jauh apakah kondisi tersebut dialami oleh bayi anda akibat dari kelelahan, berikut ini beberapa ciri bayi kelelahan yang sebaiknya harus bunda ketahui:

  • Bayi akan terlihat sering menggosok mata atau wajahnya.
  • Ia juga sering kali mengalihkan wajahnya atau perhatianyya saat distimulasi atau diajak bermain.
  • Terlihat sering menguap, cegukan, atau sering bersin.
  • Bayi akan sering merengek, jika tidak segera di tangani akan berubah menjadi tangisan yang dilakukannya terus menerus.
  • Ketika sudah rewel akan susah ditenangkan
  • Terlihat justru semakin aktif secara fisik selama ia belum tidur.
Baca Juga :  Muncul Benjolan dileher Anak, Kenali Penyebabnya

Cara Atasi Bayi Rewel dan Susah Tidur

Setelah kita mengetahui apa yang jadi penyebab dan bagaimana tanda jika bayi kita sedang dalam kondisi kelelahan, berikut ini beberapa cara yang bisa Bunda coba untuk menenangka si kecil dan membuatnya tertidur:

  • Bunda bisa mengayun-ayunkan si kecil agar lebih rileks
  • Gendong bayi dan berikan sentuhan lebut agar sedikit lebih tenang dengan membelai punggung maupun kepalanya secara lembut dan perlahan.
  • Sembari nyanyikan lagu senandung lembut yang dapat menenangkan bayi Anda.
  • Matikan lampu, atau gunakan lampu dengan pencahayaan yang remang
  • Bisa juga dengan menyetel musik pengantar tidur yang lembut saat mengayunkan bayi Anda
  • Coba berikan sikecil makanan hingga ia tenang dan mengantuk.
  • Cobalah untuk bekerja sama dengan suami saat menghadapi kondisi ini, ajak pasangan untuk ikut serta agar stress bunda bisa dihindari
Baca Juga :  Anak Mengalami Kejang atau Step, Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Terapkan Prinsip Tidur yang Berkualitas

Setelah semua penjelasan diatas, mulai saat ini ada baiknya bunda mulai menerapkan tidur berkualitas untuk si kecil. Tidur yang bagaimana yang berkualitas? simak fasenya berikut ini:

  • Untuk bayi usia 0-6 bulan harus tidur setidaknya selama 45 menit tiap 1 jam sekali.
  • Untuk bayi usia 6 bulan keatas usahakan untuk tidur setelah 2 jam ia terbangun.
  • Untuk Balita usahaka harus tidur setelah 4-5 jam ia bangun dan bermain.

karena itu, mulai sekarang bunda perlu menjadwalkan dengan cermat waktu tidur dan makan si buah hati. Selain menghindarkan anak dari rewel,  mendisiplinkan waktu tidur dan makan juga bermanfaat untuk kesehatannya.

Terakhir, saran untuk bunda selama si kecil sedang dalam masa seperti ini. Ada baiknya untuk bunda menjaga stamina dengan makan dan mengonsumsi menu yang sehat agar tidak mudah lelah.

Karena mengahadapi bayi rewel dan susah tidur seperti ini butuh energi dan kesabaran yang ekstra. Komunikasikan dengan pasangan Anda untuk saling bekerja sama dan saling menjaga agar Bunda tidak kecapean sendiri.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *