Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Sebaiknya Anda Ketahui

oleh
Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Sebaiknya Anda Ketahui

Jika berada dalam situasi atau cuaca dengan suhu yang dingin, lalu kemudian timbul rasa gatal di kulit bisa jadi itu adalah gejala alergi dingin. Untuk itu perlu di ketahui bagaimana cara mengatasi alergi dingin ini agar reaksi yang timbul tidak semakin parah.

Perlu Anda ketahui, bahwa alergi dingin ini bisa menjadi cukup berbahaya dan bisa bertambah parah jika tidak segera dilakukan penanganan yang tepat.

Namun demikian, masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana penanganan yang tepat untuk seseorang yang mengalami alergi dingin seperti itu.

Oleh karenanya, pada artikel ini redaksi akan mengulas secara tuntas hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi dingin tersebut. Silahkan disimak dan dipahami dengan seksama.

Baca Juga :  Penyebab Penyakit Faringitis atau Radang Tenggorokan

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa seperti yang redaksi kutip dari laman sehatq.com kondisi alergi dingin yang cukup berbahaya apabila seseorang menderita alergi dingin dengan dibarengi beberapa gejala berikut ini:

  • Anafilaksis, yakni bentuk reaksi alergi parah yang ditandai dengan pingsan, jantung berdetak cepat, dan syok
  • Terjadinya pembengkakan pada lidah dan tenggorokan yang membuat sulit bernapas.

Sebelum penderita mengalami hal tersebut maka sebaiknya segera lakukan penanganan akan akibat dari alergi tersebut tidak semakin bertambah parah.

Berikut ini, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi dingin:

  • Pasien Harus Tetap Dalam Kondisi Hangat

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi dingin adalah dengan memastikan pasien atau penderita tetap dalam kondisi hangat.

Bisa dengan menggunakan selimut tebal, jaket atau sejenisnya. Serta usahakan untuk berada dalam ruangan hangat dan hindarkan dari ruangan dengan berpedingin udara.

  • Hindari Suhu Dingin

Selanjutnya, masih berkaitan dengan poin pertama, apabila seseorang merasakan alergi dingin sebaiknya untuk menghindari arena atau lokasi yang bersuhu dingin.

Baca Juga :  Makanan Berikut Ini, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain lokasi dingin, sebaiknya juga hindari mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang dingin agar tidak memicu reaksi alergi dingin.

  • Minum Obat Antihistamin

Segera setelah penderita mengalami alergi dingin, berikan dia obat antihistamin. Obat dengan kandungan antihistamin merupakan salah satu obat yang diresepkan oleh dokter untuk meredakan gatal atau biduran akibat alergi.

Nama obat yang memiliki kandungan Antihistamin antara lain, loratadine, cetirizine, dan desloratadine.

Namun, perlu di ingat pembelian obat ini harus dengan resep dokter jadi usahakan bawa pasien ke dokter guna pemeriksaan lebih dahulu dan selanjutnya pemberian resep untuk menebus obatnya di apotek.

  • Minum Obat Omalizumab

Selanjutnya, untuk mengatasi alergi dingin yang dialami oleh penderita biasanya pasien akan diberikan obat omalizumab, yang merupakan obat untuk meredakan asma.

Karena biasanya pasien alergi dingin juga akan mengalami sesak nafas dan tidak bisa diobati dengan jenis obat yang pertama.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Bahan Alami

Sama halnya dengan pemberian obat Antihistamin, pasien harus diperiksa oleh dokter lebih dahulu agar bisa diberikan resep untuk membeli obat jenis ini.

  • Diberi Suntikan Epinefrin

Ketika mengalami alergi dingin, dan dibawa ke dokter untuk meredakan dan mengatasi kondisi tersebut biasanya pasien akan diberikan suntikan epinefrin.

Hal ini bertujuan agar reaksi alergi yang timbul tidak makin parah dan berlebihan. Perlu diingat pemberian suntikan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter saja.

Demikian informasi mengenai beberapa cara untuk mengatasi alergi dingin yang bisa dicoba. Namun demikian, sebaiknya segera bawa pasien ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang lebih tepat.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.