Obat Alami Darah Tinggi, Coba Beberapa Tanaman Herbal Ini

oleh
Obat Alami Darah Tinggi, Coba Beberapa Tanaman Herbal Ini

Darah tinggi atau yang dalam istilah medis dikenal dengan istilah hipertensi, untuk pengobatan dan penanganan yang tepat memang haruslah dilakukan oleh dokter ahli.

Namun demikian, tidak ada salahnya mencoba beberapa obat alami darah tinggi yang berasal dari beberapa tanaman herbal berikut ini yang di percaya memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Seperti kita tahu, apabila seseorang di diagnosa memiliki penyakit darah tinggi hal ini cukup berbahaya dan tidak boleh diabaikan begitu saja.

Pasalnya, jika hipertensi yang dialami oleh penderita tidak mendapat penangaan yang tepat hal ini sangat beresiko menyebabkan terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung koroner dan stroke, gagal jantung, gagal ginjal, penyakit vaskular perifer dan kerusakan pembuluh darah retina yang mengakibatkan gangguan penglihatan.

Tanaman Herbal Untuk Obat Alami Darah Tinggi

Seperti yang redaksi kutip dari laman Halodoc, ternyata ada sejumlah tanaman dan juga bahan herbal yang diketahui memiliki khasiat yang cukup ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga :  5 Bahan Herbal Ini Bisa Atasi Kulit Kaki Kering & Mengelupas

Obat alami darah tinggi ini, cukup mudah didapat karena banyak tersedia di sekitar kita bahkan bisa dengan mudah ditemukan di dapur keluarga.

Apa saja bahan herbal yang dimaksud? berikut penjelasan lengkapnya.

  • Daun Kemangi

Tanaman yang satu ini memiliki aroma yang khas, dan banyak ditemukan disekitar rumah karena merupakan tanaman yang sangat berguna untuk obat dan bumbu masakan.

Daun basil atau kemangi, selama ini sering kita lihat sebagai bahan untuk bumbu untuk penyedap masakan ataupun digunakan untuk lalapan.

Namun siapa sangka, ternyata daun kemangi memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan darah tinggi.

Adanya kandungan eugenol dalam daun kemangi, dipercaya dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa menurun atau kembali normal seperti sedia kala.

  • Daun Seledri

Selain daun kemangi, daun seledri juga memiliki khasiat yang sama dalam menurunkan tekanah darah tinggi. Dalam penelitian, disebutkan jika ekstrak dari daun seledri ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah.

Baca Juga :  Manfaat Masker Kunyit, Bisa Hilangkan Bekas Jerawat

Selain itu, mengonsumsi daun yang juga menjadi salah satu bumbu masakan ini disebut bisa membantu memelihara kesehatan pembuluh darah yang mengkonsumsinya.

  • Jahe

Tanaman herbal yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasitanya untuk kesehatan. Tanaman yang punya aroma yang khas dan rasa hangat serta pedas ini, sejak jaman dahulu memang dikenal sebagai tanaman yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan organ jantung, termasuk kadar kolesterol dan tekanan darah.

Mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari jahe, menjadi alternatis yang layak dicoba jika ingin menggunakan bahan-bahan alami untuk menurunkan tekanan darah seseorang.

  • Kayu Manis

Jenis bahan alami yang satu ini sering ditemui dan digunakan sebagai salah satu bahan untuk menambah aroma pada masakan.

Namun, siapa sangka ternyata kayu manis juga memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan dianataranya dapat membantu menjaga kesehatan organ jantung, termasuk tekanan darah.

  • Bawang Putih

Siapapun dia, pasti mengenal dan tahu dengan bahan atau bumbu masakan yang satu ini. Tapi, untuk khasiatnya bagi kesehatan belum tentu semua orang mengetahuinya.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Dibalik aromanya yang cukup menyengat, siapa sangka ternyata bawang putih memiliki khasiat yang cukup ampuh dalam menurukan tekanan darah tinggi seseorang.

Hal ini diperkuat dengan penelitian kesehatan yang menyebutkan jika dengan mengonsumsi bawang putih dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Demikian informasi dari redaksi mengenai obat alami darah tinggi yang terbuat dari bahan-bahan herbal yang ada disekitar kita.

Perlu diketahui, sebelum mengkonsumsi bahan alami yang redaksi sebutkan diatas, sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter yang menangani guna mendapat pentujuk, jenis bahan mana yang diperbolehkan di konsumsi.

Terutama, jika penderita juga sedang dalam pengobatan dan pengawasan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *