Penyebab Muncul Rasa Sakit Tulang Belakang Tengah

oleh
Penyebab Muncul Rasa Sakit Tulang Belakang Tengah

Sakit punggung bukanlah sesuatu yang asing karena sering dialami oleh banyak orang. Terutama jika bekerja berat yang melelahkan, maka biasanya akan dibarengi sakit punggung. Tapi, berbeda jika sakit punggung dialami pada bagian tulang belakang tengah, hal itu belum tentu disebabkan oleh aktifitas yang berat.

Seperti kita ketahui, selama ini banyak yang mengeluh sakit pungung itu area yang sakit pingga pada bagian kiri, kanan, atau bawah dekat pinggang.

Namun, jika seseorang mengalami sakit tulang belakang bagian tengah itu bisa jadi ada masalah terkait kesehatan tulang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan redaksi ulas beberapa penyebab mengapa muncul rasa sakit pada tulang belakang bagian tengah.

Baca Juga :  Bangun Tidur Punggung Sakit, Ini yang Jadi Penyebabnya

Penyebab Muncul Rasa Sakit Tulang Belakang Tengah

Seperti yang redaksi kutip dari berbagai sumber, ketika seseorang mengalami rasa askit pada bagian tulang belankang terutama di area tengah, itu disebabkan oleh 5 faktor berikut ini.

1. Ada Masalah Terkait Tulang atau Sendi

Penyebab pertama mengapa muncul rasa sakit tulang belakang tengah, itu dikarenakan ada masalah kesehatan terkait tulang dan sendi.

Kemungkinan adanya arthritis atau radang sendi serta osteoporosis atau pengeroposan tulang yang dialami oleh seseroang yang memicu munculnya rasa sakit pada tulang belakang bagian tengah tersebut.

Selain dua masalah kesehatan tersebut, kemungkinan seseorang mengalami osteoarthritis (OA) atau peradangan sendi juga menjadi faktor utama kenapa muncul rasa sakit tersebut.

Perlu dikeahui, ketika seseorang mengalami peradangan sendi ini akan menyebabkan rasa nyeri di punggung tengah karena ujung-ujung tulang saling bergesekan yang akan memicu rasa sakit, bengkak, dan kaku pada bagian punggung.

Baca Juga :  Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Selain itu, mereka yang mengalami masalah pada tulang belakang yang disebabkan oleh cidera juga akan cenderung mengalami masalah seperti ini.

2. Faktor Usia

Sudah jadi hal yang lumrah dengan bertambahnya usia seseorang, itu akan membuat beberapa kemampuan organ tubuh menjadi berkurang.

Terutama pada tulang penyangga, dimana akan semakin lemah karena proses penuaan yang membuat massa otot berkurang, cairan di persendian tulang belakang menipis, dan penurunan kepadatan tulang.

Umumnya ini akan terjadi pada penderita dengan rentang usia 30 sampai 60 tahun, dimana keluhan sakit tulang belakang pada bagian tengah punggung akan lebih sering terjadi.

3. Faktor Gaya Hidup

Terakhir, penyebab kenapa seseorang mengalami rasa sakit pada tulang belakang bagian tengah itu disebabkan oleh gaya hidp dari penderita.

Ini berkaitan dengan postur tubuh seseoang yang kurang proporsional, dimana mereka yang mengalami rasa askit ini adalah para pekerja yang lebih sering duduk postur tubuh yang membungkuk.

Baca Juga :  Benarkah Suka Marah-Marah Bisa Buat Darah Tinggi ?

Mereka yang bekerja dengan cukup berat misalnya sering mengangkat barang berat dengan cara yang tidak tepat lebih beresiko mengalami masalah pada tulang belakang pada bagian tengah.

4. Perokok Aktif

Seorang perokok aktif, diketahui lebih rentan mengalami masalah seperti ini karena berkurangnya asupan nutrisi ke tulang belakang.

Dalam sebuah penelitian kesehatan disebutkan mereka yang menjadi perokok aktif memiliki resiko lebh tinggi untuk mengalami masalah pada bagian tulang belakang.

5. Masalah Berat Badan

Terakhir, munculnya rasa sakit pada tulang belakang bagian tengah juga bisa disebabkan oleh faktor berat badan, dimana mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan lebih rentan mengalami masalah ini.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab kenapa muncul rasa sakit tulang belakang tengah yang sering dikeluhkan oleh banyak orang.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.