Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri Sebelum ke Dokter

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri Sebelum ke Dokter
Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri Sebelum ke Dokter

Sakit kepala atau pusing pada bagian sisi kiri  saja adalah salah satu jenis penyakit yang kerap dirasakan oleh banyak orang. Untuk cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang dirasakan tersebut, ada beberapa tips yang bisa diterapkan lebih dahulu sebelum memeriksakan diri ke dokter.

Perlu Anda ketahui, bahwa ketika mengalami kondisi seperti ini umumnya hal itu disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya kurang tidur karena begadang, pola hidup yang tidak sehat, pengaruh alkohol, stress dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Jika dilihat dari kaca mata medis, sebenarnya ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, ketika mengalami kondisi ini, akan sangat mengganggu aktifitas karena rasa sakit yang muncul terasa cukup menyiksa.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi kondisi seperti ini? seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meringankan rasa sakit kepala pada sisi kiri tersebut.

Baca Juga :  Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan Ginjal Anda

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Dalam situs kesehatan Alodokter.com, disebutkan jika seseorang mengalami masalah kesehatan seperti ini, bisa mencoba beberapa langkah berikut untuk meredakan rasa sakit kepala yang diderita.

Apa saja langkah-langkah yang dimaksud? berikut ini detail penjelasannya untuk Anda semuanya.

1. Lakukan Kompress Dingin

Untuk tips yang pertama cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri, bisa dilakukan dengan melakukan kompress dingin pada area kepala yang terasa sakit.

Cara ini terbukti cukup ampuh dalam meredakan rasa nyeri yang diderita, tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan pereda sakit kepala.

Untuk melakukannya pun cukup mudah, hanya perlu menyiapkan handuk kecil yang bersih, serta wadah yang berisi air es.

Selanjutnya, celupkan handuk kecil kedalam wadah berisi air es, lalu peras. Kemudian tempelkan handuk tersebut pada area kepala yang terasa sakit.

Baca Juga :  Waspadai Makanan Penyebab Batu Ginjal Berikut Ini

Lakukan kompress selama 15-20 menit hingga rasa sakit kepala mereda dengan sendirinya.

2. Mandi Air Hangat

Tips selanjutnya, untuk meredakan sakit kepala yang diderita bisa juga dengan mandi atau berendam dengan air yang hangat.

Air hangat diketahui air dapat meredakan ketegangan yang terjadi pada otot kepala, sehingga rasa sakit kepala yang dirasakan bisa berkurang.

3. Banyak Minum Air Putih

Ketika mengalami kondisi kesehatan yang seperti ini sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi atau minum air putih.

Dalam beberapa kasus, munculnya rasa sakit kepala sebelah kiri bisa dipicu oleh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Sehingga, untuk mengatasi  hal tersebut, disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih  yang banyak.

4. Istirahat yang Cukup

Sesuai dengan penyebabnya, biasanya ketika seseorang mengalami kondisi yang seperti ini itu disebabkan oleh kurang tidur atau istirahat.

Sehingga untuk mengatasinya, disarankan untuk mencukupinya dengan istirahat yang cukup. Nantinya rasa sakit yang dialami akan berkurang dengan sendirinyya.

Baca Juga :  Daftar Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

5. Olah Raga

Terakhir, untuk cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri penderita disarakan untuk melakukan olah raga.

Dengan melakukan olah raga, hal ini berguna menenangkan pikiran,  mengurangi stres yang sering menjadi pemicu sakit kepala sebelah kiri.

Hal-hal yang Harus diperhatikan

Apabila rasa sakit kepala yang dirasakan tidak juga reda setelah menerapkan tips-tips yang sudah diberikan diatas, lalu disertai gejala lain seperti mual atau muntah, demam atau justru semakin memburuk maka segara berkonsultasi ke dokter guna pemeriksaan lebih lengkap.

Nantinya dokter akan memeriksan secara menyeluruh, sehingga bisa diketahui apa penyebabnya dan metode pengobatan yang tepat untuk penderita.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa tips atau cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang bisa Anda terapkan.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait