Daftar Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

oleh
Daftar Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat vital yang berguna untuk menopang tubuh agar tetap tegak. Jika tulang kurang sehat, maka akan membuat tubuh jadi lemah. Salah satu cara agar tulang tetap sehat adalah dengan rutin mengkonsumsi jenis makanan sehat untuk tulang dan sendi.

Kesehatan tulang memang erat kaitannya dengan usia seseorang. Bagi yang sudah berusia lanjut akan lebih rentan mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang, salah satunya adalah pengeroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis.

Untuk mencegah hal itu bisa terjadi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kaya kalsium dan beberapa mineral penting lainnya.

Berikut ini, akan redaksi berikan informasi mengenai daftar makanan sehat untuk tulang dan sendi yang berguna untuk menjaga kepadatan tulang agar tetap sehat dan terhindar dari osteoporosis.

Baca Juga :  Bangun Tidur Kepala Pusing dan Mual, Waspadai Penyebabnya

Daftar Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

Makanan sehat yang bagus untuk tulang adalah makanan yang kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D. Karena seperti yang kita tahu, kalsium berguna untuk memperkuat tulang, sedangkan vitamin D membantu proses penyerapan kalsium.

Berikut ini adalah beberapa daftar jenis makanan sehat untuk tulang dan sendi yang bagus untuk dikonsumsi setiap harinya.

  • Ikan Sarden dan Salmon

Jenis makanan pertama yang cukup baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah adalah ikan sarden salmon.

Selain rasanya yang enak, kedua jenis ikan ini diketahui memiliki kandungan vitamin D dan lemak omega 3 yang cukup tinggi, dimana kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan tulang dan otot untuk menjaga kesehatannya.

  • Tahu

Siapa yang tidak kenal dengan jenis makanan tradional yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai ini. Dimana dalam bahan makanan tahu banyak terkandung  kalsium, vitamin D, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin C dan vitamin B6.

Baca Juga :  Waspadai Gejala Awal Penyakit Autoimun, Sering Nyeri Pinggang

Dimana semua kandungan nutrisi yang terdapat dalam tahu tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan tulang.

  • Telur

Berikutnya, jenis makanan sehat untuk tulang dan sendi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah telur. Ini adalah jenis menu makanan yang sangat umum dang sering ditemui dikehidupan sehari-hari.

Telur diketahui memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Bukan itu saja, dalam bahan makan telur juga banyak mengandung beragam nutrisi penting lainnya yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Mulai dari vitamin A, asam folat, kolin, zat besi, vitamin E dan vitamin K, kalsium dan vitamin D, dimana dua nutrisi yang redaksi sebut terakhir sangat baik untuk kesehatan tulang.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah jenis makanas sebagai sumber vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam sayuran hijau banyak terkandung berbagai macam nutrisi dan vitamin, misalnya vitamin C, dan juga vitamin K.

Baca Juga :  Mengalami Muntah Kuning, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Vitamin B kompleks yang terdapat pada sayuran hijau berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang dan menjaga kepadatan tulang agar tetap terjaga.

  • Kacang Kedelai

Berikutnya jenis makanan sehat yang bagus untuk kesehatan tulang adalah kacang kedelai. Dalam bahan makanan yang satu ini banyak terkandung kalsium, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin D dan vitamin E.

Dimana semua nutrisi yang redaksi sebutkan diatas sangat bagus untuk menjaga tulang tetap sehat dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa jenis makanan sehat untuk tulang dan sendi yang sebaiknya di konsumsi agar kesehatan tulang tetap terjaga kepadatannya sehingga terhindar dari pengeroposan tulang.

Selain mengkonsumsi jenis makanan diatas, bisa juga diimbangi dengan minum susu yang sudha dilengkapi dnegan kandungan vitamin D didalamnya.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.