Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

oleh
Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan, terutama untuk melencarkan percernaan. Tapi, tahukah Anda, selain daging buahnya ternyata biji pepaya juga memiliki manfaat yang cukup baik juga untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat biji pepaya tersebut? berikut penjelasan lengkapnya.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam biji buah pepaya banyak mengandung berbagai mikronutrien esensial, bahkan juga dilengkapi dengan polifenol dan flavonoid sama seperti yang ada pada daging buahnya.

Sehubungan dengan topik artikel kali ini, redaksi aramedika.com akan membahas mengenai apa saja manfaat dari biji buah pepaya ini untuk kesehatan yang tak banyak diketahui. Silahkan disimak.

Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah manfaat dari biji pepaya yang tak banyak diketahui.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Tahukah Anda, dalah sebuah penelitan kesehatan oleh Nutrition and Cancer pada tahu 2014 lalu,  dijelaskan bahwa biji pepaya memiliki sifat anti-kanker berkat segudang nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Baca Juga :  Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Cegah batu Ginjal

Dengan adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam biji pepaya membuatnya sebagai salah satu bahan alami yang dapat mencegah serangan penyakit kanker berbahaya.

  • Berguna Untuk Melawan Infeksi

Manfaat biji pepaya berikutnya yakni diketahui sangat berguna untuk melawan infeksi oleh jamur atau parasi yang dialami oleh seseorang.

Apabila secara rutin mengkonsumsi ekstrak dari biji pepaya kering yang dicampur dengan madu, diketahui sangat efektif dalam membunuh parasit atau jamu penyebab infeksi yang bersarang di usus dan membuat kinerja usus jadi semakin baik.

  • Menjaga Kesehatan Hati

Seseorang yang didiagnosa mengalami sirosis atau kerusakan hati kronis, dapat menggunakan bahan alami berupa biji pepaya ini guna mengembalikan fungsi hati yang bermasalah tersebut.

Dengan rutin mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari ekstrak biji pepaya, ini berguna sebagai detoks alami bagi hati yang dapat mengembalikan dan menyehatkan fungsi hati.

  • Bagus Untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, dimana fungsi utama ginjal adalah untuk membersihkan darah dari senyawa beracun pada tubuh sebelum akhirnya dialirkan ke seluruh tubuh.

Baca Juga :  5 Bahan Herbal Ini Bisa Atasi Kulit Kaki Kering & Mengelupas

Untuk menjaga kesehatan ginjal agar dalam kondisi prima dan tetap berfungsi dengan baik dalam menjalakan tugasnya, bisa dilakukan dengan rutin mengknsumsi ramuan dari biji pepaya.

Pasalnya, kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam biji buah pepaya bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga fungsinya.

  • Pengganti Alat Kontrasepsi

Ingin menunda kehamilan namun dengan cara yang alami dan sehat, bisa menggunakan biji pepaya sebagai alternatif pengganti alat kontrasepsi bagi pria.

Untuk kaum pria, dengan mengkonsumsi 1 sdt biji pepaya setiap hari selama 3 bulan dapat mengurangi produksi sperma tanpa memengaruhi libido.

  • Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Terakhir, manfaat biji pepaya untuk kesehatan adalah berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat pada seseorang.

Berkat kandungan asam oleat yang cukup banyak pada biji pepaya, menjadikannyasalah satu bahan alami yang cukup bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Wajah

Namun demikian perlu diingat, jangan mengkonsumsi biji pepaya secara berlebihan agar tidak terjadi efek samping yang bisa menggangu fungsi tubuh lainnya.

Demikian informasi dari redaksi mengenai sejumlah manfaat dari biji pepaya untuk kesehatan yang tak banyak diketahui.

Anda bisa membeli ekstrak biji pepaya ini disejumlah toko obat herbal dan mengkonsumsinya sesuai dengan takaran yang disarankan.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.