Beragam Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

oleh
Beragam Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Salah satu manfaat daun binahong untuk kesehatan yang paling sering kita dengar adalah sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit batuk.

Tapi faktanya, daun yang satu ini juga kaya akan manfaat lain yang cukup berguna untuk kesehatan.

Meski jenis daun yang satu ini tidak sepopuler daun herbal lain, namun daun binahong memiliki khasiat yang tidak bisa dianggap remeh.

Dari hasil sejumlah penelitian, setidaknya ada sejumlah manfaat daun binahong untuk kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat.

Apa saja manfaat untuk kesehatan dari dari daun binahong ini? berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Untuk Anda yang belum tahu, Binahong merupakan tanaman yang tumbuh merambat dengan batang daun yang pendek dengan daun berbentuk hati berwarna hijau segar, dan banyak ditemukan di sekitar pekarangan rumah.

Baca Juga :  Benarkah Bawang Merah Ampuh Mengatasi Perut Kembung pada Anak ?

Bahkan tanaman binahong saat ini sudah mulai banyak dibudidayakan dan termasuk dalam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) karena beragan khasiat yang dimilikianya.

Dalam daun binahong banyak mengandung zat flavonoid, saponin, asam askorbat, serta protein. Daun binahong diketahui memiliki efek farmakologis antibakteri, antivirus, analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi.

Berikut ini sejumlah manfaat daun bianahong untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Mengobati Sakit Maag

Manfaat pertama daun binahong untuk kesehatan adalah sebagai obat herbal yang cukup ampuh mengatasi sakit maag.

Untuk membuat ramuan ini juga sangat mudah, Anda cukup menyiapkan sekitar 10 lembar daun binahong kemudian merebusnya dengan satu gelas air sampai mendidih.

Selanjutnya, setelah air rebusan dingin Anda cukup minum air rebusan daun binahong tersebut tiga kali sehari.

2. Bisa Mencegah Sakit Kanker

Manfat berikutnya dari daun binahong adalah dipercaya dapat mencegah seseorang terkena sakit sakit apabila rutin mengkonsumsi air rebusan daun binahong tersebut.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Bahan Herbal Untuk Obat Sakit Vertigo

Pasalnya, kandungan daun binahong yang kaya akan antioksidan dipercaya bisa menghambat perkembangan sel kanker.

Anda cukup minum air rebusan daun binahong kering satu kali sehari secara rutin, niscaya akan terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

3. Obat Sariawan

Berikutnya, jika Anda atau keluarga Anda sedang menderita sariawan cobalah untuk menggunakan ramuan daun binahong ini untuk mengobatinya.

Cukup dengan merebus beberapa lembar daun bianahong dengan segelas air, kemudian rutin meminumnya tiga kali sehari sariawan yang cukup menyiksa di bibir Anda akan lenyap.

4. Obat Batuk Alami

Ini adalah manfaat yang paling populer dari daun binahong untuk kesehatan. Apabila Anda sedang mengalami batuk, gunakan ramuan daun binahong ini untuk mengatasinya.

Cukup sediakan daun binahong kering kemudian rebus dengan segelas air, setelah dingin segera minum air rebusan tersebut. Lakukan secara rutin tiga kali sehari, dalam waktu yang tak lama batuk yang Anda alami akan segera sembuh.

Baca Juga :  Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

5. Obat Herbal Gagal Ginjal

Terakhir, manfaat daun binahong untuk kesehatan adalah dipercaya sebagai ramuan herbal yang dapat mengobati sakit gagal ginjal.

Untuk cara membuat ramuannya sendiri adlah dengan cara merebus Anda kurang lebih 10 gram – 15 gram daun binahong segar dengan segelas air sampai mendidih.

Selanjutnya, penederita gagal ginjal dipersilahkan untuk minum air rebusan daun binahong tersebut tiga kali sehari sebelum makan.

Melihat begitu besar manfaat daun binahong ini untuk kesehatan, maka tak ada salahnya untuk menjadikan tanaman yang satu ini alternatif obat herbal yang bisa di konsumsi apabila mengalami salah satu dari sakit yang sudah dijelaskan diatas.

Meski demikian, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dahulu sebelum menggunakan daun binahong ini sebagai metode pengobatan herbal.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *