Penyebab Wanita Sering Buang Air Kecil Tapi Sedikit

Penyebab Wanita Sering Buang Air Kecil Tapi Sedikit
Penyebab Wanita Sering Buang Air Kecil Tapi Sedikit

Ada banyak wanita yang mengeluhkan jika mereka sering buang air kecil dengan frekuensi yang sering, namun cairan yang dikekluarkan hanya sedikit. Untuk mengetahui apa saja yang jadi penyebab wanita sering buang air kecil tapi dalam jumlah yang sedikit, silahkan simak penjelasan redaksi dibawah ini.

Buang air kecil atau sering juga disebut kencing adalah proses alamiah tubuh untuk mengeluarkan urine dari kandung kemih melalui uretra ke luar tubuh.

Bacaan Lainnya

Buang air kecil merupakan salah satu proses ekskresi tubuh yang dilakukan oleh sistem perkemihan.

Untuk normalnya, seseorang akan mengalami frekuensi buang air kecil sekitar 4–8 kali sehari, tergantung dari seberapa banyak cairan yang dikonsumsi.

Akan tetapi, jika mengalami kenacing atau buang air kecil lebih dari yang disebutkan diatas, terlebih lagi jika air kencing yang keluar hanya sedikit, ini berarti ada sesuatu yang bermasalah dengan kesehatannya, terutama pada wanita.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Nyeri Haid yang Berbahaya, Wanita Wajib Tahu

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan redaksi jelaskan apa saja yang jadi penyebab wanita sering buang air kecil tapi dalam jumlah yang sedikit.

Penyebab Wanita Sering Buang Air Kecil Tapi Sedikit

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, ternyata diketahui ada beberapa penyebab kenapa wanita mengalami kondisi seperti ini.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab kenapa wanita sering kencing tapi dalam jumlah yang sedikit saja cairan yang keluar.

1. Kemungkinan Hamil

Penyebab pertama kenapa wanita sering mengalami hal tersebut, bisa jadi karena wanita tersebut berbadan dua atau hamil.

Hal ini bisa terjadi karena, volume darah meningkat saat kehamilan sehingga ginjal harus memproses cairan berlebih sehingga sering buang air kecil.

Umumnya, kejadian sering kencing ini terjadi pada malam hari, pada masa-masa awal kehamilan. Namun demikian, perlu pemeriksaan dari dokter untuk memastikan apakah ini terjaid karena hamil atau penyebab lainnya.

2. Diabetes

Selain karena kehamilan, seorang wanita sering buang air kecil meski dalam jumlah yang sedikit ini bisa disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan, yakni kemungkinan menderita penyakit diabetes.

Baca Juga :  Nyeri Saat PMS, Coba 5 Jenis Makanan Ini Untuk Meredakannya

Pasalnya, ketika seseorang diketahui menderita diabetes maka kelebihan glukosa yang pada penderita diabetes akan dikeluarkan bersama dengan urine, hal inilah yang kemudian akan menyebabkan mereka akan sering buang air kecil, terutama pada malam hari.

3. Infeksi Saluran Kemih

Masalah kesehatan lainnya, yang diketahui menjadi pemicu kenapa wanita sering buang air kecil tapi sedikit karena kemungkinan adanya Infeksi saluran kemih yang dialaminya.

Selain frekuensi buang air kecil yang lebih sering, gejala lain yag menyertai apabila wanita mengalami infkesi saluran kemih adalah rasa nyeri pada saat buang air kecil tersebut.

Masalah ini merupakan masalah kesehatan yang cukup serius, karenanya jika mengalami gejala diatas sangat dianjurkan untuk segera mengenujungi dokter guna pemeriksaan yang lebih lanjut.

4. Infeksi Ginjal

Buang air kecil dalam durasi yang sering, memang erat kaitannya dengan masalah kesehatan. Salah satunya yang jadi penyebab adalah kemungkinna infeksi ginjal atau dalam bahasa medis disebut dengan Pielonefritis.

Apabila seseorang diketahui memiliki masalah dengan ginjal mereka karena Pielonefritis ini, gejala lain yang kerap muncul adalah darah pada urine dan urine yang mengeluarkan busa.

Baca Juga :  Ibu Hamil Apakah Boleh Minum Obat Paracetamol?

5. Stress dan Cemas

Terakhir, penyebab lain kenapa wanita sering buang air kecil tapi sedikit hal itu dikarenakan wanita mengalami stress dan rasa cemas yang berlebihan.

Ketika wanita mengalami tingkat stres yang tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan otot mengencang, termasuk otot yang ada pada kandung kemih maupun saluran kemih.

Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab kenapa frekuensi buang air kecil jadi lebih sering dari biasanya.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab kenapa wanita sering buang air kecil tapi dalam jumlah yang sedikit.

Untuk memastikan semua penyebabnya, sebaiknya segera mengunjungi dokter guna pemeriksaan lebih lanjut agar bisa dilakukan penanganan yang lebih tepat.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait