Nilai Kolesterol Normal Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

oleh
Nilai Kolesterol Normal Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Seperti kita tahu, jika seseorang di diagnosa memiliki kadar atau nilai kolesterol diatas normal atau kadar kolesterol yang cukup tinggi, hal ini bisa meningkatkan resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, penting untuk diketahui sebenarnya berapa nilai kolesterol normal agar bisa dijadikan acuan, apakah kadar kolesterol pada tubuh sudah melebihi ambang batas atau masih masuk dalam kategori normal dan aman.

Kendati demikian, perlu juga dipahami bahwa kadar atau nilai kolesterol pada setiap orang akan berbeda-beda, antara satu dengan yang lainnya.

Terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi kondisi seperti ini, misalnya faktor genetik, usia, dan jenis kelamin.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi akan memberikan informasi mengenai berapa nilai kolesterol normal yang harus Anda ketahui berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Baca Juga :  Bisul di Ketiak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nilai Kolesterol Normal Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam dunia kesehatan kolesterol sendiri di bagi dalam dua jenis, yakni yaitu “kolesterol baik” atau yang diisngkat dengan istilah HDL dan yang satunya lagi adalah jenis  “kolesterol jahat” atau disebut dengan istilah LDL.

Umumnya, agar tubuh seseorang tetap dalam kondisi yang sehat, seharusnya jumlah HDL (kolesterol baik) harus lebih tinggi dari kolesterol jahat atau LDL.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan makanan yang dikonsumsi agar kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh bisa tetap rendah agar tidak memicu munculnya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, serta sirkulasi darah yang buruk.

Lantas, sebenarnya berapa kadar atau nilai kolesterol normal pada tubuh seseorang? Berikut ini adalah informasi lengkapnya untuk Anda.

  • Nilai Kolesterol Pria Usia di Bawah 19 Tahun

Bagi pria yang berusia dibawah 19 tahun, untuk nilai atau kadar kolesterol yang masuk dalam kategori normal adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL kurang dari 110 mg/dL dan HDL lebih dari 45 mg/dL.

Apabila setelah dilakukan pemeriksaan dan ternyata hasilnya mencapai lebih dari 200 mg/dL dengan jumlah LDL lebih dari 130 mg/dL, ini dikatakan jika seseorang tersebut memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

  • Nilai Kolesterol Pria usia di Atas 20 Tahun

Sementara untuk para pria yang berusia diatas 20 tahun, nilai kolesterol normal adalah berada di angka 125–200 mg/dL dengan LDL kurang dari 100 mg/dL dan HDL lebih dari 40 mg/dL.

Baca Juga :  Mata Bintitan, Begini Cara Mengobatinya Dengan Benar

Pemeriksaan dengan hasil di angka lebih dari 239 mg/dL, pada pria dengan usia diatas 20 tahun hal tersebut dikatakan sebagai kolesterol tinggi.

  • Nilai Kolesterol Wanita Usia di Bawah 19 Tahun

Sementara untuk wanita, kadar kolesterol yang masih dikategorikan normal apabila pemeriksaan menunjukan angka di bawah 170 mg/dL, dengan kadar LDL kurang dari 110 mg/dL dan HDL lebih dari 45 mg/dL.

Apabila diatas angka tersebut atau mencapai lebih dari 200 mg/dL dengan jumlah LDL lebih dari 130 mg/dL masuk dalam kategori kolesterol tinggi.

  • Nilai Kolesterol Wanita Usia di Atas 20 Tahun

Terakhir, untuk wanita yang berusia diatas 20 tahun dan hasil pemeriksaan diketahui hasilnya adalah 125–200 mg/dL dengan LDL kurang dari 100 mg/dL dan HDL lebih dari 40 mg/dL, ini masuk dalam kategori nilai kolesterol normal.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

Wanita diatas 20 tahun, dikatakan memiliki Kadar kolesterol disebut tinggi jika berada di angka lebih dari 239 mg/dL.

Cara Melakukan Pemeriksaan Kolesterol

Jika ada diantara pembaca sekalian yang bertanya-tanya, bagaimana cara mengetahui kadar kolesterol kita jawabannya adalah dengan melakukan pemerikasaan darah pada laboratorium kesehatan, di rumah sakit.

Nantinya, petugas laboratorium akan melakukan pengambilan sampel darah, biasanya dari ujung jari lalu kemudian akan dilakukan pemerikasaan.

Untuk bisa mnegetahui hasilnya, biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Tergantung apakah pada saat itu laboratirum sedang melakukan pemeriksaan lain sehingga harus antri.

Selain melakukan pemeriksaan di laboratorium kesehatan rumah sakit, saat ini sudah tersedia alat yang bisa digunakaan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara mandiri di rumah.

Alat cek kolesterol mandiri ini bisa dibeli di toko alat kesehatan atau apotek, bisa juga dibeli secara online di beberapa marketplace.

Untuk harganya sendiri cukup bervariatif, misalnya untuk yang merk EasyTouch GCU (Rp450 ribu), Nesco Multicheck (Rp250 ribu), dan Family Dr. (Rp400 ribu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.