Beragam Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

Agar tubuh sehat, memerlukan berbagai macam asupan nutrisi dan vitamin, salah satunya yang cukup penting adalah asupan vitamin D. Namun sudah tahukah Anda apa manfaat vitamin D untuk tubuh kita?

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui jika vitamin D berguna untuk kesehatan tulang, padahal ada cukup banyak manfaat lain dari vitamin D ini untuk tubuh manusia.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, sehubungan dengan judul artikel ini, kali redaksi aramedika.com akan membahas mengenai beragam manfaat dari vitamin D serta bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin D agar tercukupi.

Baca Juga :  Sering Kesemutan, Waspadai Penyakit Berbahaya Berikut Ini

Manfaat Vitamin D Untuk Tubuh

Mengutip informasi yang redaksi rangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat dari vitamin D bagi tubuh manusia yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat vitamin D untuk tubuh yang pertama dan yang paling banyak diketahui adalah berguna untuk kesehatan tulang agar lebih kuat.

Pasalnya, Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh, dimana kedua nutrisi tersebut merupakan komponen utama pada tulang.

Selain itu, vitamin D berguna juga untuk mendukung pertumbuhan tulang, mencegah tulang rapuh, serta mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Memperkuat Otot

Selain untuk kesehatan tulang, vitamin D juga berperan penting dalam memperkuat otot dalam tubuh manusia.

Karena jika sampai kekurangan vitamin D, sangat berpengaruh terhadap otot yang melemah dan sangat beresiko terjadinya cacat.

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Selain berguna untuk kesehatan tulang da otot, masih ada laghi  manfaat dari vitamin D yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Salah satunya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena infeksi dan jatuh sakit.

  • Mencegah Berbagai Macam Penyakit Berbahaya

Asupan vitamin D yang cukup bagi tubuh sangat membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya, seperti kanker dan diabetes.

Baca Juga :  Kenali Sejak Dini, 10 Gejala dan Ciri-Ciri Mata Katarak

Hal ini seperti yang disebutkan dalam sebuah penelitian kesehatan yang mengatakan jika vitamin D cukup efektif dalam menurunkan risiko seseorang untuk terkena penyakit diabetes.

  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Asupan vitamin D yang cukup pada tubuh seseorang sangat berguna untuk mejaga berat badan tetap idel agar tidak mengalami obesitas atau kegemukan.

Kombinasi antara kalsium dan vitamin D dipercaya memiliki manfaat guna menurunkan nafsu makan seseorang yang berlebihan sehingga akan mudah untuk mengontol berat badan.

  • Bagus Untuk Ibu Hamil

Manfaat vitamin D berikutnya yakni sangat bagus bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Dimana dengan mencukupi kebutuhan vitamin D selama masa kehamilan ini dapat mencegah terjadinya preeklamsia dan kelahiran prematur.

Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Setelah Anda memahami apa saja manfaat dari vitamin D untuk tubuh, selanjutnya Anda perlu juga mengerti bagaimana cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin D.

Baca Juga :  Bentuk Daun Telinga Anak Tak Sempurna, Penyakit Mikrotia Penyebabnya

Mengutip dari laman Alodokter, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D. Berikut ini detail penjelasannya.

  • Sering Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Cara pertama yang paling simple dan mudah dilakukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D bagi tubuh adalah dengan sering berjemur dibawah sinar matahari pagi.

Berjemur selama kurang lebih 15–20 menit antara jam 7 – 9 pagi dan dilakukan paling tidak 3 hari dalam seminggu sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan vitamin D.

  • Konsumsi Makanan Kaya Akan Vitamin D

Vitamin D juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang diketahui memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi.

Beberapa contoh makanan kaya vitamin D antara lain, Ikan salmon, Ikan sarden, Daging merah, Hati sapi, Kuning telur, dan  Udang.

  • Minum Suplemen Vitamin D

Untuk yang tidka mau repot, maka guna mencukui kebutuhan tubuh akan vitamin D bisa dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Saat ini ada cukup banyak suplemen vitamin D yang dijual di toko obat atau apotek yang bisa Anda beli dan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

Demikian informasi dari redaksi mengenai apa saja manfaat vitamin D untuk tubuh serta bagaimana cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin D tersebut.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait