Beragam Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

oleh
Beragam Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

Agar tubuh sehat, memerlukan berbagai macam asupan nutrisi dan vitamin, salah satunya yang cukup penting adalah asupan vitamin D. Namun sudah tahukah Anda apa manfaat vitamin D untuk tubuh kita?

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui jika vitamin D berguna untuk kesehatan tulang, padahal ada cukup banyak manfaat lain dari vitamin D ini untuk tubuh manusia.

Oleh karena itu, sehubungan dengan judul artikel ini, kali redaksi aramedika.com akan membahas mengenai beragam manfaat dari vitamin D serta bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin D agar tercukupi.

Manfaat Vitamin D Untuk Tubuh

Mengutip informasi yang redaksi rangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat dari vitamin D bagi tubuh manusia yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat vitamin D untuk tubuh yang pertama dan yang paling banyak diketahui adalah berguna untuk kesehatan tulang agar lebih kuat.

Baca Juga :  Obat Alami Luka Bakar Agar Cepat Kering dan Sembuh

Pasalnya, Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh, dimana kedua nutrisi tersebut merupakan komponen utama pada tulang.

Selain itu, vitamin D berguna juga untuk mendukung pertumbuhan tulang, mencegah tulang rapuh, serta mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Memperkuat Otot

Selain untuk kesehatan tulang, vitamin D juga berperan penting dalam memperkuat otot dalam tubuh manusia.

Karena jika sampai kekurangan vitamin D, sangat berpengaruh terhadap otot yang melemah dan sangat beresiko terjadinya cacat.

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Selain berguna untuk kesehatan tulang da otot, masih ada laghi  manfaat dari vitamin D yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Salah satunya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena infeksi dan jatuh sakit.

  • Mencegah Berbagai Macam Penyakit Berbahaya

Asupan vitamin D yang cukup bagi tubuh sangat membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya, seperti kanker dan diabetes.

Hal ini seperti yang disebutkan dalam sebuah penelitian kesehatan yang mengatakan jika vitamin D cukup efektif dalam menurunkan risiko seseorang untuk terkena penyakit diabetes.

  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Asupan vitamin D yang cukup pada tubuh seseorang sangat berguna untuk mejaga berat badan tetap idel agar tidak mengalami obesitas atau kegemukan.

Baca Juga :  Waspadai Makanan Penyebab Batu Ginjal Berikut Ini

Kombinasi antara kalsium dan vitamin D dipercaya memiliki manfaat guna menurunkan nafsu makan seseorang yang berlebihan sehingga akan mudah untuk mengontol berat badan.

  • Bagus Untuk Ibu Hamil

Manfaat vitamin D berikutnya yakni sangat bagus bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Dimana dengan mencukupi kebutuhan vitamin D selama masa kehamilan ini dapat mencegah terjadinya preeklamsia dan kelahiran prematur.

Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Setelah Anda memahami apa saja manfaat dari vitamin D untuk tubuh, selanjutnya Anda perlu juga mengerti bagaimana cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin D.

Mengutip dari laman Alodokter, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D. Berikut ini detail penjelasannya.

  • Sering Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Cara pertama yang paling simple dan mudah dilakukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D bagi tubuh adalah dengan sering berjemur dibawah sinar matahari pagi.

Baca Juga :  Kenali Sejak Dini, 10 Gejala dan Ciri-Ciri Mata Katarak

Berjemur selama kurang lebih 15–20 menit antara jam 7 – 9 pagi dan dilakukan paling tidak 3 hari dalam seminggu sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan vitamin D.

  • Konsumsi Makanan Kaya Akan Vitamin D

Vitamin D juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang diketahui memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi.

Beberapa contoh makanan kaya vitamin D antara lain, Ikan salmon, Ikan sarden, Daging merah, Hati sapi, Kuning telur, dan  Udang.

  • Minum Suplemen Vitamin D

Untuk yang tidka mau repot, maka guna mencukui kebutuhan tubuh akan vitamin D bisa dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Saat ini ada cukup banyak suplemen vitamin D yang dijual di toko obat atau apotek yang bisa Anda beli dan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

Demikian informasi dari redaksi mengenai apa saja manfaat vitamin D untuk tubuh serta bagaimana cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin D tersebut.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.