Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Sampai Leher

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Sampai Leher
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Sampai Leher

Munculnya rasa sakit kepala sebelah kiri sampai leher bisa menjadi masalah kesehatan yang sangat mengganggu bagi penderitanta.

Karena ketika mengalami kondisi kesehatan yang seperti ini, akan membuat penderita menjadi tersiksa sehingga banyak aktifitas atau pekerjaan yang menjadi terganggu.

Bacaan Lainnya

Lalu, apa sebenarnya yang memicu munculnya masalah seperti ini? Jika Anda mengalami hal ini dan ingin tahu apa penyebabnya, silahkan simak ulasan redaksi dibawah ini untuk penjelasan lengkapnya.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Sampai Leher

Seperti yang sudah redaksi kutip dari sejumlah sumber,  ketika mengalami kondisi kesehatan seperti ini ada banyak faktor yang dapat menjadi pemicunya.

Untuk detail penjelasan mengenai apa penyebab sakit kepala sebelah kiri sampai menjalar keleher, silahkan baca lanjutan artikel yang sudah redaksi siapkan dibawah ini.

1. Gangguan saraf

Baca Juga :  Leukopenia (Leukosit Rendah), Penyebab dan Gejalanya

Untuk penyebab yang pertama, diketahui adanya gangguan pada saraf dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri.

Salah satu contohnya adalah trigeminal neuralgia, yaitu kondisi di mana saraf trigeminal yang terletak di wajah mengalami kerusakan atau iritasi.

Selain itu, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh sakit kepala cluster dan migrain.

2. Infeksi atau alergi

Selanjutnya, penyebab sakit kepala sebelah kiri sampai leher bis ajuga dikarebakan adanya kemungkinan infeksi atau alergi juga dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri.

Dalam beberapa kasus misalnya, sinusitis atau infeksi sinus yang menyebabkan peradangan pada sinus diketahui bisa memicu munculnya kondisi kesehatan seperti ini.

Selain itu, reaksi alergi juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri bahan menjalar hingga smapai ke bagian leher penderia.

3. Terlalu sering minum obat pereda nyeri

Obat memang berguna untuk menyembuhkan dan menghilangkan sakit. Namun, jika terlalu banyak obat yang dikonsumsi justru tidak baik untuk kesehatan

Pasalany, jika seseroang terlalu sering minum obat pereda nyeri juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri.

Baca Juga :  Benarkah Suka Marah-Marah Bisa Buat Darah Tinggi ?

Hal ini disebabkan karena obat pereda nyeri dapat menyebabkan sakit kepala rebound atau sakit kepala yang muncul setelah efek obat pereda nyeri hilang.

4. Migrain

Migrain adalah salah satu penyebab sakit kepala sebelah kiri yang paling umum. Migrain biasanya disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, dan sensitivitas terhadap cahaya dan suara.

Untuk pemicu migrain sendiri bermacam-macam, misalnya terjadinya perubahan hormonal, efek mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu, stres, dan beberapa penyebab lainnya.

5. Tumor otak

Terdegar menakutakan, tapi ini merupakan salah satu penyebab kenapa seseornag bisa mengalami kondisi yang seperti ini.

Ketika ditengarai mengidap penyaki tumor otak, salah satu gejala yang kerap dikeulahkan adalah munculnya rasa  sakit kepala sebelah kiri.

Hal ini dikarenakan, pembesaran selt tumor otak dapat menekan saraf dan pembuluh darah di otak, sehingga menyebabkan sakit kepala.

6. Berbagai kondisi medis lain

Beberapa kondisi medis lain seperti stroke, glaukoma, nyeri kepala tegang, faringitis, dan hipertensi juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri.

Baca Juga :  Benarkah Kulit Bawang Merah untuk Sembuhkan Stroke ? Ini Faktanya

Apa yang Harus dilakukan

Jika mengalami kondisi kesehatan yang seperti ini, cobalah untuk menerapkan beberapa tips yang sudah redaksi rangkum dari sejumlah sumber dibawah ini.

Dimana untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti kompres hangat atau dingin di kepala yang terasa sakit, minum obat pereda nyeri, dan menghindari faktor pemicu sakit kepala seperti alkohol, makanan tertentu, dan stres.

Namun demiian, jika sakit kepala semakin parah atau disertai dengan gejala lain seperti kesulitan bicara dan mati rasa, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Silahkan pergi ke dokter saraf untuk dilakukan pemerikaan secara lebih tepat mengenai apa penyebabnya, serta penanganan yang terbaik untuk mengobatinya.

Demikian informasi dari redaksi, semoga apa yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfata untuk Anda semuanya.

Pos terkait