Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Kiri pada Wanita

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Kiri pada Wanita
Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Kiri pada Wanita

Sakit perut bagian bawah kiri merupakan gejala yang sering dialami oleh wanita. Penyebab sakit perut bagian bawah kiri pada wanita bisa bermacam-macam, mulai dari masalah kesehatan yang ringan hingga yang serius.

Munculnya rasa sakit seperti ini tentu akan sangat menyiksa, sehingga harus segera dilakukan penanganan yang lebih tepat oleh dokter atau tenaga medis.

Bacaan Lainnya

Namun sebelumnya, akan kami ulas dahulu mengenai beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah kiri pada wanita.

Faktor penyebab tersebut meliputi, endometriosis, kram akibat menstruasi, kista ovarium, torsi ovarium, kehamilan ektopik, dan radang panggul.

Untuk detail penjelasannya, silahkan simak pada lanjutan artikel yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Kiri pada Wanita

Mengutip informasi yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya seperti situs Halodoc dan juga jurnal kesehatan, ketika wanita mengalami sakit perut bagian bawah, itu disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

Baca Juga :  Ibu Hamil Apakah Boleh Minum Obat Paracetamol?

1. Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi ketika jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim, tumbuh di luar rahim.

Endometriosis dapat menyebabkan nyeri panggul, kram menstruasi, dan sakit perut bagian bawah kiri pada wanita.

Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan jaringan endometrium di organ panggul, seperti ovarium dan saluran tuba.

Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada organ panggul, sehingga dapat memicu sakit perut bagian bawah kiri pada wanita.

2. Kram akibat Menstruasi

Kram akibat menstruasi adalah kondisi umum yang dialami oleh sebagian besar wanita saat menstruasi. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah kiri pada wanita.

Hal ini terjadi karena rahim berkontraksi untuk membantu mengeluarkan lapisan rahim yang tidak diperlukan.

Kram menstruasi dapat terasa seperti tekanan atau kram tajam, dan bisa terasa di perut bagian bawah kiri.

Baca Juga :  Makanan Agar Cepat Hamil yang Sebaiknya di Konsumsi

3. Kista ovarium

Kista ovarium adalah benjolan yang terbentuk di ovarium. Kista ovarium dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah kiri pada wanita.

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tetapi dapat memicu gejala seperti nyeri panggul, sakit saat berhubungan seks, atau ketidaknyamanan saat buang air kecil.

4. Torsi Ovarium

Torsi ovarium adalah kondisi darurat medis yang terjadi ketika ovarium terjepit dan terputar. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah kiri yang parah pada wanita.

Torsi ovarium dapat menyebabkan gangguan pada aliran darah ke ovarium dan jaringan di sekitarnya, sehingga perlu segera diatasi dengan pengobatan medis yang tepat.

5. Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik terjadi ketika janin tumbuh di luar rahim, biasanya di saluran tuba. Kehamilan ektopik dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah kiri pada wanita, serta gejala seperti pendarahan, mual, dan pusing.

Baca Juga :  Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Olah Raga Setelah Melahirkan ?

Kondisi ini merupakan kondisi serius dan memerlukan penanganan medis yang segera.

6. Radang panggul

Radang panggul adalah kondisi ketika organ panggul, seperti rahim, saluran tuba, dan ovarium, mengalami infeksi. Radang panggul dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah kiri pada wanita.

Gejala lain dari radang panggul adalah nyeri panggul, demam, pendarahan di antara periode menstruasi, atau keluarnya cairan vagina yang tidak normal.

Yang Harus dilakukan Penderita

Apabila mengalami masalah kesehatan seperti ini, jangan ditahan-tahan. Masalah seperti ini bisa berdampak serius bagi kesehatan apabila tidak ditangani dengan baik.

Segera lakukan pemeriksaan secara lebih lengkap pada dokter spesialis kandungan  untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait