Resiko Bayi Tidur Tengkurap yang Perlu Orang Tua Tahu

oleh
Resiko Bayi Tidur Tengkurap yang Perlu Orang Tua Tahu

Memasuki usia lima bulan, salah satu perkembangan motorik bayi yang akan terlihat adalah sikecil yang mulai belajar untuk tengkurap. Namun demikian, jangan sampai si kecil tidur dalam posisi tengkurap karena ini cukup beresiko. Berikut ini, akan redaksi ulas mengenai resiko bayi tidur tengkurap yang perlu para orang tua ketahui.

Mengapa hal ini perlu untuk diketahui oleh para orang tua, karena selama ini ada anggapan jika si kecil tidur dalam posisi tengkurap ia akan merasa nyaman dan tenang.

Padahal ini sangat beresiko dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi. Oleh karena itu, pada artikel ini akan redaksi ulas mengenai apa saja resiko bayi tidur tengkurap yang harus diketahui.

Baca Juga :  Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mata Anak

Resiko Bayi Tidur Tengkurap

Seperti yang redaksi kutip dari laman alodokter, ternyata jika bayi ditidurkan dalam posisi tengkurap dan dalam waktu yang cukup lana, ini sengat beresiko dan dapat membayakan kesehatan di kecil.

Lantas, apa saja resiko yang dimaksud? berikut detail penjelasannya untuk Anda yang sudah redaksi siapkan pada lanjutan artikel dibawah ini.

1. Bisa Menggangu Pernafasan

Resiko bayi tidur tengkurap yang pertama yang harus diketahui oleh para orang tua adalah hal ini dapat menggangu pernafasan dari si bayi.

Dalam sebuah penelitan kesehatan disebutkan, ketika bayi tidur dalam posisi tengkurap ini akan memberikan tekanan lebih pada rahang dan tenggorokannya sehingga mempersempit saluran pernapasannya.

Imbasnya, tentu akan membuat bayi lebih sulit bernapas dan ini sanga berbahaya. Bukan hanya karena adanya tekanan berlebih pada rahang, dengan tidur tengkurap bayi akan menghirup oksigen yang lebih sedikit.

Baca Juga :  Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Usia 1 tahun

Jika ini terjaid dalam waktu yang lama, dikhawatirkan bayi akan mengalami kekurangan oksigen atau hipoksia.

2. Suhu Tubuh Bayi Akan Meningkat

Selanjutnya resiko bayi tidur tengkurap adalah dapat meningkatkan suhu tubuh dari si bayi. Hal ini kemudian akan membuat si kecil kapanasan, terlebih jika ia menggunakan baju dan selimut yang tebal.

Jika kondisinya seperti ini, biasanya si kecil akan rewel dan mulai menangis dan tentu akan mengurangi kenyamanan istirahatnya.

3. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)

Ini adalah resiko yang paling berbahaya, dimana ketika sikecil dibiarkan tidur dalam posisi tengkurap dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan sudden infant death syndrome (SIDS) atau risiko bayi meninggal mendadak.

Hal ini berkaitan dengan poin pertama, dimana pernafasan si kecil akan terngggu sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya sudden infant death syndrome (SIDS) tersebut.

Baca Juga :  Bayi Panas Setelah Imunisasi, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mengatasinya

Sekedar catatan, menidurkan bayi dalam posisi tengkurap sangat tidak di anjurkan ketika bayi berusia dibawah lima bulan, atau jika bayi masih belum bisa tengkurap.

Demikian informasi dari redaksi mengenai apa saja resiko bayi tidur dalam posisi tengkurap yang ternyata dapat membahayakan kesehatan dari si kecil.

Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda seputar kesehatan bayi.