Bangun Tidur Punggung Sakit, Ini yang Jadi Penyebabnya

oleh
Bangun Tidur Punggung Sakit, Ini yang Jadi Penyebabnya

Pernahkan Anda mengalami kejadian dimana ketika bangun tidur dipagi hari punggung terasa sakit? Jika pernah dan ingin tahu apa penyebab bangun tidur punggung sakit tersebut, silahakn simak ulasan redaksi berikut dibawah ini.

Jika mengalamui kondisi seperti ini akan membuat bagian belakang tubuh, terutama pada area punggung jadi kurang nyaman karena rasa sakit.

Bahkan ada juga beberapa orang yang mengluhkan jika rasa sakit ini terkadang bisa bertahan seharian, sehingga akan sangat mengganggu aktivitas.

Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini redaksi aramedika.com akan memberikan informasi mengenai apa saja penyebab seseorang ketika bangun tidur bagian punggung menjadi sakit. Silahkan di simak dan dibaca artikel berikut ini hingga usai.

Baca Juga :  Lakukan 6 Hal Ini Untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

Penyebab Bangun Tidur Punggung Sakit

Mengutip informasi yang dimuat dalam laman website healthline, ketika Anda mengalami sakit punggung ketika bangun tidu itu bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Posisi Tidur yang Tidak Pas

Penyebab pertama kenapa bangun tidur punggung sakit adalah karena posisi tidur yang salah atau tidak pas.

Ketika seseorang salah posisi tidur, ini akan  menekan tulang belakang, sehingga punggung menegang sampai membuat sendi tak nyaman.

Umumnya ini terjadi pada orang yang tidur dengan posisi tengkurap.

2. Tempat Tidur yang Tidak Nyaman

Selain posisi tidur, sakit punggung yang dialami ketika bangun tidur juga bisa disebabkan oleh tempat tidur yang digunakan kurang nyaman.

Penggunaan kasur yang terlalu empuk atau jika tidur pada permukaan yang keras, misalnya dilantai dapat membuat punggung menjadi tegang dan sakit ketika bangun tidur.

Baca Juga :  Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Darah Tinggi

3. Kaget Bangun

Pernahkan Anda terbangun tiba-tiba karena di kagetkan oleh sesuatu, lalu dengan segera beranjak dari tempat tidur? ternyata ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa punggung menjadi sakit.

Gerakan yang tiba-tiba tersebut membuat tulang belakang bagian punggung akan bergeser dengan cepat dari posisi sebelumnya.

4. Saraf kejepit

Saraf terjepit, atau juga disebut radikulopati, terjadi ketika jaringan di sekitar saraf, seperti tulang, otot, tendon, dan tulang rawan, memberikan terlalu banyak tekanan pada suatu area saraf.

Salah satu tandanya adalah punggung akan terasa sakit ketika bagung tidur atau digunakan untuk membungkuk.

5. Ada Gangguan Pada Fungsi Ginjal

Penyebab berikutnya ketika bangun tidur punggung terasa sakit, ini jadi jadi penanda jika ada yang bermasalah dengan kesehatan Anda.

Salah satunya adalah kemungkinan adanya gangguan pada fungsi ginjal. Namun demikian untuk memastikannya harus dilakukan oleh dokter yang akan melakukan pemeriksaan dengan lebih seksama.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Penyakit Vertigo Yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini

6. Cedera Otot

Jika Anda berolah raga pada sore hari atau malam sebelum tidur, kemudian terjadi cidera otot pada bagian pinggang ini dapat menyebabkan munculnya rasa sakit ketika Anda bangun tidur di pagi hari.

Rasa sakit ini terkadang bisa bertahaan dalam beberapa hari dan cukup menyiksa, sehingga haru segera dilakukan penanganan agar rasa sakitnya bisa segera mereda.

7. Kemungkinan Adanya Penyakit Fibromyalgia

Terakhir, penyebab bangun tidur punggung sakit adalah kemungkinan adanya penyakit bernama Fibromyalgia yang diderita.

Penyakit Fibromyalgia sendiri adalah sebuah kelainan yang menyebabkan adanya gangguan sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang.

Penyakit ini lebih rentan menyerang pada pwarawanita ini dapat menyebabkan rasa nyeri semakin kuat jika tidak segera mendapat pengobatan.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab kenapa ketika bangun tidur punggung merasa sakit. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan Anda seputar dunia dunia kesehatan.