Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada bayi

oleh
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada bayi

Ketika bayi mengalami batuk dan pilek hingga hidung menjadi tersumbat untuk mengatasinya mungkin aakan sedikit rumit, sehingga di perlukan kiat-kiat khusus untuk cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Pasalnya, bayi belum bisa mengungkapkan apa yang jadi sumber masalahnya sehingga sebagai orang tua harus peka mengenai kondisi bayi.

Saat bayi mengalami sakit batuk pilek hingga hidung tersumbat, ciri atau tanda yang paling terlihat tentu si kecil akan rewel, sering menangis dan seperti kesulitas bernafas karena ada cairan yangg menyumbat di rongga hidungnya.

Jika mungkin buah hati Anda saat ini sedang dalam kondisi tersebut, berikut akan redaksi ulas mengenai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Anda praktekkan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada bayi

Untuk mengatasi kondisi seperti ini yang dialami oleh bayi Anda, beberapa kiat berikut ini mungkin bisa Anda terapkan guna meredakan hidung tersumbat yang dialami oleh sikecil.

Baca Juga :  Penyakit Impetigo Pada Bayi, Penyebab Kulit Bayi Melepuh

Seperti yang redaksi kutip dari laman halodoc, berikut ini beberapa langkah yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi masalah hidup tersumbat pada bayi.

1. Keluarkan Cairan Ingus

Langkah yang pertama tentu bunda harus membersihkan atau mengeluarkan cairan ingus dari hidung bayi Anda. Karena cairan inilah yang jadi penyebab dan sumber masalah kenapa hidung bayi bisa tersumbat.

Beberapa orang tua jaman dulu yang tidak merasa jijik, biasanya akan langsung menghisap hidung bayi guna mengeluarkan ingusnya. Demi kesembuhan si buah hati, cara ini banyak dilakukan oleh tua.

Akan tetapi, jika Anda tidak mau melakukan hal seperti itu bisa menggunakan alat isap cairan hidung bernama bulb syringe, yang biasanya bisa dibeli di beberapa toko kesehatan atau dibeli secara online di sejumlah ecommerce.

Pastikan untuk segera mengeluarkan cairan ini agar tidak mengeras, karena jika sudha mengeras tentu akan menyulitkan Anda untuk mengeluarkannya dan mmebuat si kecil jadi makin kesulitan untuk bernafas.

2. Pastikan ASI Tercukupi

Selanjutnya, untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi bunda harus memastikan bahwa cairan tercukupi dengan memberikan ASI atau susu formula kepada si kecil.

Dengan memberikan sikecil asupan cairan maka hal ini akan membuat jaringan nasal atau hidung akan terus terjaga kelembapannya.

Baca Juga :  Bayi Rewel dan Susah Tidur, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

3. Lakukan Terapi Uap

Berikutnya, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa dilakukan dengan cara melakukan terapi uap. Bunda bisa menggunakan air hangat yang ditaruh pada baskom, lalu posisikan si kecil untuk bisa menghirup uap yang keluar dari air hangat tersebut.

Jika tidak mau repot, Anda bisa menggunakan alat bernama humidifier. Alat ini akan membuat udara di ruangan menjadi hangat dan lembap, sehingga lendir yang ada di hidung bayi tidak akan mengeras dan mudah dikeluarkan.

4. Pastikan Kebersihan Udara

Agar si kecil lebih cepat sembuh dari masalah hidung tersumbat yang dialaminya, sebaiknya para orang tua memastikan jika kamar sikecil terjaga kebersihan udaranya.

Jauhkan sikecil juga dari asap rokok, atau ruangan yang kurang bagus siklus udaranya.

5. Jemur Bayi Pada Matahari Pagi

Menjemur si kecil pada matahari pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan si kecil, terutama jika ia sedang mengalami batuk pilek atau hidung tersumbat.

Jemur sikecil pada matahari pagi sekitar jam 7 – 9 pagi dan pastikan sikecil terkena sinar matahari pagi secara langsung.

6. Berikan Sup Hangat

Apabila bayi sudah mulai mendapat makanan pendampng ASI (MPASI), untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi bisa juga dilakukan dengan memberikan si kecil sup hangat.

Baca Juga :  Kenapa Bayi Sering Gumoh, Ini Penyebabnya

Bualah sup dengan campuran bumbu bawang putih, lalu suap sikecil dengan sup hangat tersebut. Kandungan allicin dalam bawang putih membantu sistem kekebalan tubuh sikecil.

7. Berikan Nasal Spray

Langkah terakhir untuk cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa dilakukan dengan memberikan sikecil Nasal Spray, atau obat semprot hidung yang bisa dibeli di apotek.

Semprotkan cairan nasal spray ini pada hidung bayi sebanyak 2-3 kali pada lubang hidung bayi. Mungkin sikecil akan menangis karena merasa tidak nyaman, tapi ini usdha resiko karena memang seperti itu proses penggunaan obat ini.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah hidung terseumbat pada bayi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk meredakan hidung tersumbat yang dialami oleh buat hati Anda.

Apabila masalah hidung tersumbat yang dialami si kecil belum juga mereda setelah menerapkan tips diatas, sebaiknya bawa bayi Anda ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan secara medis yang tepat.