Cara Mengatasi Bau Ketiak, Coba Tips Berikut Ini

oleh
Cara Mengatasi Bau Ketiak, Coba Tips Berikut Ini

Masalah bau badan, terutama bau pada ketiak akan sangat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Jika Anda sedang berada disituasi seperti ini, maka cara mengatasi bau ketiak yang akan redaksi bahas pada artikel ini wajib Anda baca dan pahami hingga akhir artikel.

Sebagaimana kita ketahui, bau ketiak merupakan sumber utama masalah bau badan yang akan membuat mereka yang mengalami kondisi ini merasa risih dan cukup menggangu kenyamanan.

Yang lebih parah, terkadang gara-gara bau ketiak yang cukup menyengat, mereka akan dijauhi dalam pergaulan dan ini akan membuat mereka yang berada dalam kondisi ini merasa kurang PD ketika harus berkumpul dengan orang banyak.

Penyebab Mengapa Ketiak Menjadi Bau

Sebelum redaksi bahas mengenai bagaimana cara mengatasi bau ketiak, ada baiknya Anda pahami lebih dahulu apa yang menjadi penyebab ketiak seseorang bisa mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Perlu Anda ketahui, aroma yang tidak sedap pada ketiak tersebut merupakan bau yang dihasilkan oleh kelenjar keringat dan cairan keringat yang dihasilkannya oleh tubuh manusia.

Baca Juga :  Minum Madu Saat Perut Kosong, Apa Manfaatnya?

Pada dasarnya, dalam kulit manusia memiliki dua macam kelenjar keringat, yakni ekrin dan apokrin, dimana sebenarnnya kedua kelenjar ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh seseorang tetap normal.

Akan tetapi, ada dua perbedaan mengenai kedua kelenjar keringat ini. Untuk kelenjat keringan bernama ekrin biasanya banyak muncul di permukaan telapak tangan, telapak kaki, dan dahi, dimana keringat yang dihasilkan adalah keringat yang encer dan tidak tidak mengeluarkan bau.

Sedangkan untuk kelenjar keringat yang satunya lagi, yakni kelenjar apokrin banyak terdapat di selangkangan dan ketiak dimana kelenjar ini banyak mengandung folikel rambut.

Ketika kelenjar ini mengeluarkan cairan keringat, maka keringat yang keluar akan banyak mengandung lemak dan sangat mudah terurai oleh bakteri serta memiliki aroma yan tidak sedap.

Itulah mengaa terkadang keringat yang keluar banyak di tangan atau dahi misalnya tidak memiliki bau. Sedangkan keringat yang muncul di ketiak, walau hanya sedikit aroamanya pasti akan sangat menyengat.

Baca Juga :  Bahan Berikut Ini Berguna Untuk Menebalkan Alis Secara Alami

Cara Mengatasi Bau Ketiak

Setelah mengetahui kenapa ketiak seseorang menjadi bau, langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah bau ketiak ini.

Seperti yang redaksi rangkum dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bau ketiak tersebut. Berikut ini detail penjelasannya:

  • Rutin Mandi

Tips pertama untuk mengatasi bau ketiak tentu adalah dengan rutin membersihkan badan atau mandi.

Terutama jika Anda sehabis melakukan aktifitas yang banyak mengeluarkan keringat, misal habis olah raga atau kerja berat.

Gunakan sabun yang mengandung antiseptik dan bersihkan pada bagian-bagian lipatan tubuh misalnya selangkangan, ketiak, leher dan juga di belakang lutut.

  • Pakai Deodoran

Setelah selesai mandi, jangan lupa untuk menggunakan deodoran untuk mengurangi bau yang muncul pada ketiak Anda.

Deodoran yang mengandung bahan antiperspirant akan mencegah kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat secara berlebih, yang nantinya akan membuat ketiak menjadi lebih kering dan tentunya tidak akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

  • Gunakan Pakaian yang Longgar

Cara selanjutnya untuk mengatasi bau ketiak adalah dengan menggunakan pakaian yang longgar serta teruat dari bahan yang menyerap keringat.

Baca Juga :  Ingin Menghilangkan Lemak Perut Bawah? Coba 10 Cara Jitu Berikut Ini

Selain itu, ada baiknya untuk menggunakan pakaian hanya sekali pakai dalam satu hari, dan jangan gunakan lagi pada esok hari.

Pastikan untuk selalu menggunakan pakaian yang bersih dan berbeda setiap harinya untuk mencegah aroma bau badan yang keluar jadi makin menyengat.

  • Cukur Bulu Ketiak

Jika Anda memiliki bulu ketiak yang cukup lebat, ada baiknya untuk secara rutin mencukur bulu ketiak tersebut atau setidaknya merapikannya agar tidak terlalu lebat.

Menurut medis, bulu ketiak yang lebat akan menjadi sarang dari bakteri terutama saat basah, sehingga dengan mencukur atau setidaknya merapikan rambut ketiak dapat membantu mengurangi bau tidak sedap yang muncul.

  • Hindari Makan Berbau Tajam

Salah satu konsekuensi dari makan makanan yang memiliki aroma tajam, misalnya jengkol atau petai selain bau mulut juga akan memunculkan aroma tidak sedap pada keringat.

Karena itu, sebaiknya menghindari mengkonsumsi jenis makanan seperti ini untuk mengurangi resiko bau ketiak yang cukup menggangu.

Demikian informasi mengenai penyebab bau ketiak serta beberapa tips untuk mengetasi masalah bau ketiak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.