Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

oleh
Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

Mungkin kita sering mendengar anjuran untuk minum segelas air putih ketika baru bangun tidur di pagi hari. Tapi tahukah anda apa manfaat minum air putih setelah bangun tidur tersebut?

Seperti kta ketahui, air merupakan salah faktor penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dimana air merupakan zat yang menyusun 50% – 60% komposisi dalam tubuh kita.

Di dalam tubuh manusia, air sendiri memiliki beragam fungsi dan kegunaan. Bukan hanya sekedar penghilang rasa haus, air juga memiliki beragam fungsi lain, seperti melancarkan pencernaan, berguna untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh manuasia, hingga berfungsi untuk membantu ginjal untuk membersihkan kotoran dan racun dari dalam tubuh.

Dengan kata lain, seluruh organ dalam tubuh manusia memerlukan air untuk bisa berfungsi dengan baik dan bekerja secara optimal.

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Kembali ke pokok pembahasan kita, mengenai manfaat dari minum segelas air putih ketika baru bangun tidur. Para ahli kesehatan menyarankan untuk setidaknya minum segelas air putih begitu bangun dari tidur di pagi hari.

Baca Juga :  Penyebab Penyakit Faringitis atau Radang Tenggorokan

Hal ini di karenakan, kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan kita, antara lain:

  • Bisa mengeluarkan racun dalam tubuh

Salah satu dari sekian banyak manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah berguna untuk membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme pada malam hari dari dalam tubuh.

Nantiny, sisa metabolisme dan racun tersebut akan di buang dikeluarkan bersamaan ketika buang air kecil.

  • Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Ini merupakan manfaat yang sangat baik jika sering dilakukan terutama oleh kaum hawa. Dengan rutin minum air putih ketika baru bangun tidur di pagi hari dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Bahkan, sejumlah penelitian menyebutkan jika kebiasaan baik ini juga dapat mencegah timbulnyaa jerawat dan menjaga kulit wajah agar tetap lembap.

  • Menurunkan berat badan
Baca Juga :  Leukosit Rendah, Konsumsi Buah Ini Untuk Menormalkannya Kembali

Untuk anda yang sedang menjalani program diet, minum air setelah bangun tidur ternyata bagus untuk membantu menurunkan berat badan.

Hal ini dikeranakan, biasanya seseorang mungkin akan merasa lapar ketika bangun tidur. Nah, dengan rutin konsumsi air putih setelah bangun tidur  hal itu dapat membantu Anda untuk mengendalikan keinginan untuk makan secara berlebihan.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Dengan secara minum air putih secara rutin setelah bangun tidur di pagi hari, kebiasaan ini juga di percaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori.

Imbasnya tentu berat badan anda akan terjaga, bahkan bisa menurunkan berat badan karena adanya metabolisme dan pembakaran kalori.

Selain beberapa manfaat di atas, dengan secara rutin minum segelas air putih setiap pagi setelah bangun tidur juga dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa lebih segar.

Baca Juga :  Merasakan Mual Setelah Makan, Berikut Ini Tips Mengatasinya

Dengan demikian, Anda tentu tidak akan malas-malasan dan akan lebih semangat untuk menjalai hari anada agarbisa lebih produktif. Meski brgitu, Anda juga tetap harus memberikan asupan kalori sebagai sumber tenaga, dengan makan makanan yang bergizi saat sarapan sebelum beraktifitas.

Minum air putih minimal 8 gelas  dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tubuh terhidrasi dengan baik dan tentu untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan, sehingga Anda bisa lebih fokus dan lebih mudah untuk berkonsentrasi dengan pekerjaan anda.

Mengingat banyaknya manfaat minum segelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur tersebut maka mulai sekarang , yuk ubah kebiasaan bangun pagi kita dengan minum segelas air putih lebih dahulu setelah bangun tidur.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *