Atasi Asam Lambung Dengan Bahan Alami lidah Buaya

oleh
Atasi Asam Lambung Dengan Bahan Alami lidah Buaya

Tanaman yang satu ini dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah sebagai bahan alami yang cukup ampuh untuk atasi masalah asam lambung.

Sebagaimana kita ketahui, penyakit asam lambung merupakan penyakit yang cukup menyiksa penderita jika sedang kambuh.

Ketika asam lambung sedang kumat, biasanya penderita akan mengalami berbagai macam gejala seperti mual, mengalami muntah, heartburn atau munculnya rasa nyeri pada bagian dada, hingga terasa sakit ketika menelan makanan.

Untuk mengatasinya, bisa menggunakan bahan alami berupa tanaman lidah buaya. Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini redaksi akan memberikan informasi begaimana cara memanfaatkan tanaman lidah buaya ini untuk mengatasi asam lambung yang sedang kambuh.

Atasi Asam Lambung Dengan Lidah Buaya

Dalam tanaman lidah buaya banyak terkandung senyawa aktif seperti aloin, flavonoid, fenilpiron, fenilpropanoid, kumarin, dan pitosterol dimana smeua zat tersebut memiliki efek antiradang yang dapat mengurangi asam di perut.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Bahan Herbal Untuk Obat Sakit Vertigo

Selain bermanfaat untuk meredakan gejala asam lambung yang mungkin saat ini sedang Anda alami, bahan alami lidah buay juga diketahui bisa melancarkan pencernaan, membuang racun dalam tubuh, bahkan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Khusus untuk mengatasi asam lambung, berikut ini langkah-langkah memanfaatkan tanaman lidah buaya guna meredakan gejala asam lambung yang dialami penderita.

  • Sediakan lidah buaya yang dalam kodisi bagus dan segar
  • Selanjutnya, silahkan cuci bersih lidah buaya pada air yang mengalir untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel
  • Selanjutnya, silahkan kupas kulit dari lidah buaya.
  • Setelah dikupas, cuci kembali daging lidah buaya hingga getah berwarna kuning hilang.
  • Pastikan Anda cuciĀ  bersih dan menyisakan hanya yang berwarna putih bening saja.
  • Kemudian potong daging lidah buaya kurang lebih 2 sendok lidah buaya, llau campur dengan air secukupnya, dan blender hingga halus.
  • Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahakan madu agar rasanya lebih manis
Baca Juga :  Obat Rematik Alami Dari Bahan Herbal yang Terbukti Ampuh

Namun jika Anda ingin yang lebih praktis bisa dengan membeli lidah buaya yang sudah diolah menjadi jus. Akan tetapi, sebaiknya untuk memilih jus lidah buaya yang sudah memilikiĀ  label atau sudah teruji.

Efek Samping yang Perlu Anda Ketahui

Meski memiliki khasiat yang cukup baik dalam mengatasi masalah asam lambung, namun perlu juga Anda ketahui apa saja efek samping dari mengkonsumsi jus lidah buaya.

Dalam beberapa kasus, ditemui ada orang yang mengkonsumsi lidah buaya akan mengalami efek samping seperti:

  • Mengalami alergi

Dalam keajdian tertentu, ada sejumlah orang yang mengeluhkan mengalami alergi ketika mengkonsumsi lidah buaya.

Alergi yang timbul adalah muncul ruam merah yang terasa gatal, hingga mengalamiĀ  sesak nafas

  • Diare

Efek samping lain dari mengkonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang banyak, di beberapa orang dapat menyebabkan diare.

  • Hipoglikemik

Berikutnya, pada penderita penyakit diabetes jika mengkonsumsi lidah buaya akan dapat menyebabkanb hipoglikemik atau kadar gula dalam darah berada di bawah normal.

  • Kerusakan Hati

Dalam sejumlah penelitan kesehatan disebutkan jika mengkonsumsi suplemen lidah buaya dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan hingga kerusakan pada hati.

Baca Juga :  Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

Demikian informasi dari redaksi mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan terutama untuk mengatasi masalah asam lambung.

Melihat efek samping yang mungkin terjadi seperti yang sudah redaksi jelaskan diatas, ada baiknya untuk mengkonsumsi jus lidah buaya dalam dosis yang sedikit.

Setelah beberapa hari tidak ada perubahan ada baiknya untuk menghentikan mengkonsumsi lidah buaya guna menghindarkan dari kemungkinan efek samping yang akan muncul.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan bermanfaat untuk Anda.