Bahan Herbal Alami Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

oleh
Bahan Herbal Alami Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ditengah pendemi virus corona yang hingga saat ini masih terus mewabah di sejumlah daerah, maka menjaga kesehatan tubuh dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh haruslah kita lakukan agar bisa melawan serangan virus mematikan ini.

Pasalnya seperti kita ketahui, virus corona ini merupakan jenis virus yang menyerang imunitas atau sistem kekebalan tubuh manusia. Jika imun kita lemah, maka akan mudah sakit dan terinfeksi, begitu juga sebaliknya apabila imun kita kuat maka tubuh akan mampu melawan virus ini.

Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, rajin olah raga dan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

Selain mengonsumsi aneka asupan bernutrisi dari berbagai jenis makanan, misal sayur dan buah-buahan segar kita juga bisa menambah jumlah asupan nutrsi untuk tubuh dengan mengonsumsi bahan herbal alami yang dipercaya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apa saja bahan herbal alami tersebut? ini ulasannya untuk Anda.

Bahan Herbal Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sudah sejak jaman dahulu, berbagai macam jenis tanaman dan bahan herbal dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Baca Juga :  Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Cegah batu Ginjal

Terdapat beberapa jenis bahan herbal tertentu yang diektahui banyak mengandung zat yang bersifat antivirus, antioksidan, antiradang, dan antibakteri sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan herbal alami yang diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat melawan virus.

  • Madu Murni

Bahan herbal alami pertama yang diketahui memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah madu murni.

Bahan alami berupa cairan kental berwana kuning keemasan yang dihasilkan oleh tawon atau lebah ini banyak mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, vitamin C, vitamin B, asam amino, magnesium, phosphor, dan kalium yang baik bagi kesehatan tubuh secara umum.

Selain itu, madu murni juga bersifat antibakteri, antiradang, dan antijamur. Selain itu, madu juga kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol.

Anda bisa mengonsumsi madu setiap hari secara rutin, niscaya tubuh anda tidak mudah sakit dan daya tahan tubuh Anda jadi semakin meningkat.

  • Buah Kurma

Berikutnya ada buah khas timur tengah, Kurma. Buah yang akan sangat laris manis dan di buru konsumen saat bulan puasa ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga :  Benarkah Jus Kacang Panjang dan Tomat Bisa Menyembuhkan Diabetes ?

Selain rasanya yang enak, dengan tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis, buah kurma juga banyak mengandung banyak antioksidan.

Antioksidan ini sangat beperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dengan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, buah dengan nama latin Phoenix dactylifera ini juga banyak mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh, seperti serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna, karbohidrat untuk menambaj energi, serta mineral yang baik untuk kesehatan tulang dan melawan osteoporosis.

  • Jinten hitam

Selanjutnya bahan herbal yang memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah Jinten hitam.

Memiliki nama latin Nigella sativa, umumnya bahan ini digunakan untuk salah satu bumbu dalam masakan.

Dengan tekstur berupa biji-bijian berwarna hitam, jinten hitem juga dikenal dengan sebutan habatussauda ini telah digunakan sebagai salah satu bahan untuk pengobatan herbal sejak zaman dahulu.

Biji jintan hitam ini berasal dari tanaman berbunga Ranunculacea. dimana meski hanya berbentuk biji jinten hitam banyak mengandung antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Baca Juga :  Ragam Sayuran Untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Tak hanya itu, bahan alami jinten hitam ini juga memiliki sifat antivirus, antibakteri, antijamur, antiparasit, dan imunomodulator, dimana zat-zat tersebut sangat berguna untuk menghambat terjadinya proses peradangan ketika terjadi infeksi.

Jnten hitam juga dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga siapa saja yang rutin mengonsumsi bahan yang satu ini tidak akan mudah sakit, dapat membunuh beragam jenis bakteri yang bisa menimbulkan infeksi berbahaya, seperti pneumonia, serta meredakan peradangan di dalam tubuh.

Ketiga bahan diatas bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan imunitas agar tidak mudah sakit dan mampu memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan penyakit dan virus.

Meski demikian, menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolah raga, makan makanan yang bergizi dan seimbang tetap jadi faktor utama kesehatan seseorang bisa terjada dengan baik.

Namun perlu diingat, apabila Anda memiliki riwayat atau kondisi medis tertentu misalnya alergi atau ibu yang tangah hamil atau pasien yang dalam masa pengawasan dan pengobatan, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi produk herbal yang kami sebutkan diatas.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *