Beragam Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

oleh
Beragam Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Selama ini, mungkin kita hanya mengetahui jika manfaat daun sirih untuk kesehatan hanya sebatas sebagai bahan untuk mengatasi mimisan atau untuk bahan herbal kebersihan organ kewanitaan.

Namun faktanya, khasiat daun dengan nama latin Piper betle ini cukup banyak dan hanya sedikit yang diketahui oleh masyarakat kita.

Karena, kandungan zat yang terdapat dalam daun sirih, memiliki banyak manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini, redaksi akan mengulas bahan herbal yang satu ini, mulai dari kandungan zat didalamnya, manfaatnya dan bagaimana cara mengolahnya.

Kandungan yang Terdapat Didalamnya

Sebelum kita membahas beragam manfaat dari daun tanaman yang tumbuh menjalar ini, akan kita bahas lebih dahulu kandungan zat apa saja yang terdapat pada daun sirih.

Dari hasil sejumlah penelitian kesehatan, di sebutkan bawa daun sirih kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial.

Minyak atsiri yang terkandung didalamnya terdiri dari betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, dan karvakrol. Selain itu, daun sirih juga di ketahui mengandung enzim diastase, gula, dan tanin.

Dimana, dengan adanya kandungan-kandungan tersebut menjadikan daun sirih memiliki sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit.

Baca Juga :  Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

Beragam Manfaat Daun Sirih

Setelah mengetahui semua kandungan yang terdapat dalam daun sirih, berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun ini yang sebaiknya Anda ketahui:

  • Obat Batuk Alami

Khasiat daun sirih yang pertama adalah sebagai salah satu bahan herbal alami untuk mengatasi batuk.  Karena, pada daun sirih terdapat senyawa aktif yang diketahui mampu mengentikan batuk.

Cara mengolahnya pun cukup mudah, siapkan beberapa lembar daun sirih lalu cuci bersih. kemudian rebus daun sirih segar tersebut dengan 1 gelas air sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas.

Saat air rebusan daun sirih tersebut sudah cukup hangat, Anda bisa gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukan secara rutin 3 kali sehari, dijamin batuk akan segera lenyap.

  • Obat Keputihan Alami

Berikutnya, khasiat dari daun sirih adalah sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah keputihan yang dialami oleh para kaum hawa.

Dalam daun sirih terdapat kandungan antibakteri, antiseptik dan zat eugenol yang dipercaya mampu untuk menghilangkan masalah bau tidak sedap pada tubuh, termasuk bau tidak sedap akibat masalah keputihan.

Cara mengolah daun sirih sebagai bahan herbal untuk mengatasi keputihan adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih sebelumnya, kemudian ketika air rebusan tersebut sudah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci area miss V anda.

  • Mengobati sakit perut
Baca Juga :  Tanaman Herbal Ini Memiliki Khasiat Yang Luar Biasa

Selanjutnya, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati sakit perut. Adanya kandungan terpenoid dan klavikula yang terdapat pada daun sirih merah dipercaya bisa mengobati sakit perut.

Cukup dengan secara rutin minum air rebusan dari 7 lembar daun sirih 3  kali sehari, maka masalah gangguan pada perut bisa teratasi secara alami.

  • Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi penderita tekanan darah tinggi, dauh sirih bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan secara alami guna menstabilkan tekanan darah tinggi yang sedang diderita.

Adanya kandungan minyak esensial dan fenol yang terdapat pad daun sirih dipercaya dapat menstabilkan tekanan darah.

Penderita hanya cukup mencampurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu alami, kemudian minum campuran air rebusan plus madu tersebut 2 kali sehari.

  • Obat Alami Asam Urat

Manfaat berikutnya dari daun sirih adalah dipercaya dapat mengatasi masalah penyakit asam urat. Jenis daun sirih merah, memiliki kandungan yang mampu meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh.

Baca Juga :  10+ Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Caranya, siapkan kurang lebih 8 lembar daun sirih muda lalu cuci bersih. Kemudian rebus daun sisih merah tersebut  dengan 500 ml air, hingga hanya tersisa 3 gelas.

Setelah air rebusan dingin, segera minum segelas untuk 3 kali sehari.

  •  Mengatasi Bau Mulut

Punya masalah dengan bau mulut yang cukup membuat tak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri? tanaman herbal daun sirih ini bisa jadi salah satu bahan alami alternatif untuk mengatasinya.

Adanya senyawa eugenol dan capitol yang terdapat pada daun sirih merah, dipercaya dapat membantu mengatasi masalah bau mulut yang cukup mengganggu.

Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, sediakan beberapa lembar daun sirih merah lalu cuci bersih dengan air mengalir. Selanjutnya rebus dengan segelas air, jika air rebusan sudah mulai dingin bisa digunakan untuk berkumur secara teratur pada pagi dan sore hari.

Demikian informasi mengenai beragam manfaat dari daun sirih untuk kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Selain beberapa manfaat yang sudah redaksi jelaskan diatas, masih ada banyak lagi khasiat dari daun sirih yang akan redaksi bahas pada artikel selanjutnya.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *